Pengertian Gadget

07 Mar 2012 15:00 | Hits: 18732

Tahukah Anda Apa itu Pengertian Gadget?

Tahukah Anda Apa itu Pengertian Gadget?

Apakah Anda sering menggunakan istilah gadget? Apakah Anda mengetahui apa pengertian gadget itu sendiri? Pengertian gadget tidak selalu seputar mobile handset (handphone, smartphone, tablet PC) saja, tetapi memiliki ruang lingkup yang luas. Berikut paparan mengenai istilah gadget.

Sejarah

Untuk mengetahui pengertian gadget, dapat ditelusuri kembali pada abad 19 di mana asal-usul dari kata "gadget" pertama kali muncul. Menurut Kamus Inggris Oxford, ada bukti anekdotal untuk penggunaan gadget sebagai nama tempat untuk menyimpan item teknis yang mana orang tidak dapat mengingat nama sebenarnya, hal ini berlangsung sejak tahun 1850-an. Contoh, pada buku Robert Brown, Spunyarn and Spindrift pada tahun 1886 menyebutkan seorang pelaut pulang dengan membawa clipper teh Cina yang pertama kali dibuat dan digunakan lalu menyebutnya gadget.

Etimologi dari kata gadget telah lama diperdebatkan. Sebuah cerita beredar luas menyatakan bahwa kata gadget diciptakan ketika Gaget, Gauthier & Cie, perusahaan di balik penundaan dari pembangunan Patung Liberty (1886), membuat versi kecil dari monumen tersebut dan menamakannya setelah perusahaan mereka, namun hal ini bertentangan dengan bukti bahwa kata itu sudah digunakan sebelumnya di kalangan kelautan, dan fakta bahwa kata itu belum populer setidaknya di Amerika Serikat, sampai setelah Perang Dunia I.

Sumber lain menyebutkan bahwa kata gadget merupakan penurunan dari gchette bahasa Perancis dari alat pemicu yang diterapkan pada berbagai mekanisme alat tembak, atau gage yang dalam bahasa Perancis berarti alat kecil atau aksesoris.

Penggunaan istilah gadget dalam bahasa militer melampaui pengertian gadget pada bidang kelautan. Dalam buku Above the Battle tulisan Vivian Drake, yang diterbitkan pada tahun 1918 oleh D. Appleton & Co, New York dan London yang menjadi memoar seorang pilot di British Royal Flying Corps terdapat kutipan sebagai berikut: "perasaan bosan kami kadang-kadang hilang dengan gadget baru" €Â"gadget" adalah istilah slang Flying Corps untuk penemuan baru! beberapa gadget baik, beberapa menghibur, dan beberapa sangat luar biasa.

Pada paruh kedua abad 20, istilah gadget diambil sebagai konotasi dari compactness and mobility. Dalam esai 1965 The Great Gizmo (istilah yang digunakan bergantian dengan gadget di seluruh esai), kritikus arsitektur dan desain Reyner Banham mendefinisikan pengertian gadget sebagai berikut:

Kelas karakteristik produk AS €Âmungkin yang paling berkarakteristik €Âadalah unit berukuran kecil dengan kinerja tinggi, dalam kaitannya dengan ukuran dan biaya, yang berfungsi untuk mengubah keadaan yang sebelumnya tidak bisa dibedakan menjadi kondisi yang lebih dekat dengan keinginan manusia. Minimum keterampilan diperlukan dalam instalasi dan penggunaannya, dan ia tidak bergantung pada infrastruktur fisik atau sosial di luar dirinya, dan ia dapat dipesan dari katalog dan dikirimkan ke pengguna. Sebuah pelayan atas kebutuhan manusia, perangkat clip-on, gadget portabel, telah mewarnai pemikiran Amerika dan tindakan yang jauh lebih dalam.

Aplikasi gadget

Dalam industri software, gadget mengacu pada program komputer yang menyediakan layanan tanpa memerlukan sebuah aplikasi independen yang akan diluncurkan secara terpisah, melainkan berjalan di lingkungan yang mengelola beberapa gadget. Terdapat beberapa implementasi berdasarkan teknik pengembangan software yang ada, seperti JavaScript, form input dan berbagai format gambar. Contoh software semacam ini adalah Google Desktop, Google Gadgets, Microsoft Gadgets, dan Dashboard software Apple Widgets.

Penggunaan awal didokumentasikan dari istilah gadget dalam konteks software engineering pada tahun 1985 oleh para pengembang AmigaOS, sistem operasi dari komputer Amiga. Istilah ini melambangkan apa yang biasa disebut GUI widget-elemen kontrol pada GUI (Graphical User Interface). Penamaan ini tetap berlanjut untuk digunakan sejak saat itu.

Secara garis besar, pengertian gadget adalah obyek teknologi seperti perangkat atau alat yang memiliki fungsi tertentu, dan sering dianggap sebagai hal yang baru. Gadget selalu dianggap sesuatu yang tidak biasa atau sesuatu yang dirancang secara cerdik melebihi objek teknologi normal yang ada pada saat penciptaannya. Gadget kadang juga disebut sebagai gizmos. [RY]