Screenshot Android

19 Apr 2013 18:30 | Hits: 6624

Cara mengambil Screenshot Android Pada Berbagai Jenis Ponsel

Cara mengambil Screenshot Android Pada Berbagai Jenis Ponsel

Ada waktu dimana Anda ingin berbagi dengan orang lain melalui layar perangkat Android Anda. Pada beberapa momen, Anda butuh untuk mengambil screenshot Android, dimana hal ini akan benar-benar memperlihatkan apa yang ditampilkan oleh layar ponsel. Para pengembang aplikasi memperlihatkan screenshot untuk menunjukkan performanya. Beberapa gamer mengambil screenshot untuk menampilkan cara-cara permainan. Seperti itulah manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengambil screenshot pada layar Android.

Untuk Anda pengguna Android, Anda tidak perlu bersusah payah untuk mengambil screenshot, karena caranya memang mudah. Pada suatu perangkat Android, mengambil screenshot Android biasanya membutuhkan kerja dua tombol pada perangkat Anda, entah itu tombol volume dan tombol power, atau tombol home dan tombol power. Ketika Anda menekan tombol secara benar, maka proses screenshot akan terjadi, biasanya diikuti dengan suara shutter kamera.

Terkadang, akan muncul pesan atau pemberitahuan yang memberikan informasi jika screenshot Android telah diproses. Dalam kesempatan lain, Anda akan menemukan opsi screenshot pada menu Power. Cukup tekan dan tahan tombol power, tunggulah menu Power muncul, dan pilih Take screenshot untuk mengambil gambar layar yang sedang Anda tampilkan. Ini bisa menjadi metode yang sangat berguna, terutama ketika Anda merasa kesulitan dengan menekan dua tombol.

Pabrikan perangkat Android terkadang memberikan cara yang unik dalam mengambil screenshot Android pada suatu perangkat. Ada berbagai alternatif dalam mengambil screenshot pada perangkat Android, dan Paseban akan memberikan tips cara mengambil screenshot melalui berbagai jenis perangkat Android.

Screenshot pada perangkat Samsung

Untuk kebanyakan ponsel high-end Samsung dengan sebuah tombol home fisik, Anda dapat menggunakan tombol Home + Power untuk mengambil screenshot. Cukup tekan dua tombol tersebut secara bersamaan hingga Anda mendengar suara shutter kamera. Anda juga akan mendapatkan notifikasi yang memberitahukan jika Anda sedang melakukan proses screenshot. Selain menggunakan tombol fisik, kebanyakan ponsel high-end Samsung juga akan membawa Anda untuk mengambil screenshot Android dengan melakukan swipe pada layar dari sisi. Agar metode ini bekerja dengan baik, pergilah ke Settings kemudian pilih Motion dan aktifkan opsi Palm swipe to capture.

Beberapa perangkat Samsung tidak memiliki tombol home fisik. Dalam kasus seperti ini, tombol yang Anda gunakan adalah volume down dan power. Tekan dan tahan tombol hingga perangkat Anda mengambil screenshot pada layar Android. Untuk perangkat Samsung yang dilengkapi dengan S Pen, Anda dapat menggunakn stylus untuk mengambil screenshot. Cukup tahan tombol S Pen dan sentuh layar menggunakan pen hingga muncul kilasan layar untuk screenshot Anda.

Screenshot pada perangkat HTC

Pada perangkat HTC, mengambil screenshot Android tetap tertuju pada tombol home dan power. Tetapi, tidak dengan cara menekannya secara bersamaan, namun dengan menahan tombol power dulu, baru diikuti dengan tap pada tombol home secara cepat. Layar akan melakukan proses screenshot, dan Anda juga akan mendengar audio untuk pemberitahuan. Anda juga akan melihat pesan yang muncul untuk mengonfirmasi jika screenshot telah disimpan.

Screenshot pada perangkat Sony Xperia

Pada ponsel Sony Xperia, screenshot akan memanfaatkan tombol volume down + power. Tekan dan tahan kedua tombol pada waktu bersamaan hingga muncul kilasan layar dan screenshot akan muncul pada layar. Notifikasi juga akan memperlihatkan menu notification pada saat proses screenshot telah selesai. Selain itu, ada juga alternatif lainnya. Anda dapat mengambil screenshot melalui menu Power. Tekan dan tahan tombol power hingga muncul menu Power. Tap pada take Screenshot untuk menjalankan proses screenshot Android.

Screenshot pada perangkat LG

Pada perangkat LG, kombinasi tombol tetap pada tombol volume dan power. Tekan dan tahan tombol tersebut pada waktu bersamaan hingga Anda mendengar suara audio untuk menandakan proses screenshot telah dilakukan. Notifikasi juga akan muncul pada menu notification setelah proses selesai. Selain itu, Anda dapat mengambil screenshot dengan menggunakan Quick Memo, dimana ini adalah cara cepat dalam mengambil screenshot. Setelah Quick Memo diaktifkan, laman editing akan diperlihatkan kepada Anda. Setelah itu, Anda dapat memberikan catatan atau gambar pada screenshot tersebut. [DEAS]