Dampak Negatif Penggunaan Handphone: Kecanduan Ponsel

Dampak Negatif Penggunaan Handphone: Kecanduan Ponsel

Perkembangan ponsel jaman ini telah memberikan perubahan perilaku bagi para penggunanya , baik dari segi konsumerisme ataupun dari sisi psikologis .Apalagi untuk tipe ponsel yang masuk dalam kategori smartphone, banyak sekali ditemukan perilaku menyimpang yang sering dilakukan pengguna ponsel pintar ini. Mulai dari perilaku berlama-lama di depan layar ponsel untuk bermain games atau berinternet . Kecanduan seperti ini bisa dikatakan dan masuk kategori pengguna ponsel yang over terhadap ponselnya sendiri. Kebanyakan pengguna ponsel saat ini sudah memposisikan ponselnya sebagai asisten pribadi yang dapat diakses kapanpun dan di manapun.

Dampak negatif penggunaan handphone berupa kecanduan ponsel tersebut jika saja hanya dibiarkan begitu saja akan berakibat fatal terhadap kondisi pengguna ponsel. Efek ketergantungan yang akan terjadi akan semakin besar dan merusak sisi psikologis terhadap dirinya sendiri. Salah satu penyebab utama yang sering menjadi acuan kecanduan ponsel adalah kemudahan akses yang di berikan oleh ponsel pintar tersebut. Dengan kemudahan semua akses itulah pengguna merasa mempunyai kesenangan tersendiri terhadap hal baru yang ditawarkan oleh ponsel pintarnya tersebut.

Kita contohkan pada saat Anda mendapatkan email atau pesan serupa dari ponsel pintar yang dimiliki, maka secara tidak langsung pikiran bawah sadar akan terbawa dengan kondisi tersebut. Anda akan berusaha secara real time untuk mengecek keberadaan email baru dari ponsel tersebut. Seorang peneliti bernama Prof.Carry mengatakan bahwa menjadi subjek aliran data yang konstan atau overload informasi menghadirkan risiko nyata ketidakpedulian terhadap informasi yang benar-benar diperlukan dan menjadikan Anda kurang mengontrol kehidupan. Dan pendapat tersebut terbukti dengan dampak negatif penggunaan handphone berupa kecanduan ponsel yang sering dialami oleh sebagian penggunanya. Para pengguna ponsel tersebut akan selalu memprioritaskan hal baru yang ada di ponselnya, meskipun ada hal lain yang lebih penting di kehidupannya.

Dampak negatif penggunaan handphone
berupa kecanduan ponsel tersebut hanya bisa terobati dengan mengubah perilaku dan kebiasaan Anda dalam menggunakan ponsel. Berikut ini Paseban akan memberikan tips untuk mengubah perilaku kecanduan ponsel:

Mengurangi Penggunaan Ponsel Secara Bertahap

Kebiasan candu akan hilang jika Anda juga memiliki kesadaran untuk mengubah kebiasan candu tersebut. Hal ini adalah langkah awal yang harus Anda prioritaskan. Langkah ini bisa Anda lakukan sedikit perubahan perilaku dengan cara mematikan ponsel beberapa menit di sela kesibukan Anda bekerja. Langkah tersebut bisa sedikit demi sedikit menghilangkan kebiasaan lama Anda. Atau dengan cara lain selalu memberikan sugesti kepada pikiran Anda bahwa penggunaan ponsel berlebih bisa menimbulkan dampak negatif penggunaan handphone yang berakibat fatal.

Memposisikan Diri Sendiri

Langkah kedua untuk mengurangi dampak negatif penggunaan *handphone * berupa kecanduan ponsel adalah memposisikan diri Anda dengan situasi dan kondisi tempat Anda berada. Jika saja Anda bisa peduli dengan lingkungan sekitar maka Anda akan terbiasa dengan perilaku seperti itu. Sebaiknya, Anda tidak mempergunakan ponsel pada kegiatan-kegiatan khusus seperti rapat atau mengendarai mobil. Dan, lebih baik lagi Anda mematikan sementara untuk beberapa saat.

Mengukur Waktu Penggunaan Ponsel

Secara tidak sadar, penggunaan ponsel telah menyedot waktu efektif kita dalam beraktivitas. Kita tidak akan merasakan jenuh dengan berlama-lama di depan layar ponsel hanya untuk sekedar ber-SMS ria. Inikan riskan sekali untuk perilaku membuang-buang waktu tanpa ada kegiatan berguna di dalamnya. Nah, untuk mengurangi dampak negatif penggunaan handphone berupa kecanduan ponsel ini harus dilawan dengan hal serupa. Anda bisa saja mengatur penggunaan waktu setiap harinya. Anda harus menyesuaikan jadwal dalam mempergunakan ponsel, dan mau tidak mau harus dilakukan untuk menghilangkan sifat kecanduan tersebut.

Cobalah untuk Banyak berolahraga

Selanjutnya cara mudah mengurangi dampak negatif penggunaan handphone kecanduan ponsel adalah dengan berolahraga .Dengan berolahraga, Anda akan menghilangkan kepenatan akibat dari depresi penggunaan ponsel yang berlebihan.

Mengurangi Perilaku Berkomunikasi tidak Langsung

Perilaku berkomunikasi tidak langsung lewat ponsel sedikit memberikan kebiasan lain untuk penggunanya. Terbukti pada saat Anda sedang berhadapan dengan orang lain di dunia nyata, Anda akan merasakan hal berbeda pada saat berkomunikasi. Anda akan merespon semua informasi yang diberikan oleh lawan bicara Anda dengan lemah dan sulit untuk menangkapnya. Itu efek dari tidak pernahnya berkomunikasi dua arah secara langsung.

Itulah sedikit tips dan trik untuk menghilangkan dampak negatif penggunaan handphone berupa kecanduan ponsel. Dengan mengikuti semua tips yang ada di atas mungkin bisa sedikit memberikan perilaku dan kebiasaan baru untuk para pecandu ponsel ini. [AD]