Jumlah Pengguna Internet

18 Apr 2013 23:00 | Hits: 7166

10 Negara Dengan Jumlah Pengguna Internet Terbanyak, Mampukah Merubah Paradigma Dunia?

10 Negara Dengan Jumlah Pengguna Internet Terbanyak, Mampukah Merubah Paradigma Dunia?

Era mobilitas hiper cepat sudah tiba. Kehadiran internet dan perangkat teknologi pendukung membuat sebagian besar orang-orang di dunia bekerja lebih praktis, cepat tanpa mengenal jarak. Pertumbuhan internet dan penggunanya berkembang terus menerus. Hampir dipastikan dalam satu jam, orang setidaknya melakukan kegiatan internet selama dua puluh menit. Belum lagi bagi mereka yang profesinya tergantung pada jaringan internet, hampir dua puluh jam orang-orang bisa terus memantau dan terus ada dalam jaringan. Kehadiran situs jejaring sosial seperti Facebook, Google Plus, Twitter, Instagram, dan Foursquare mendorong pertumbuhan pengguna internet di semesta ini. Jika distatistikan, negara mana saja yang masuk sebagai negara dengan jumlah pengguna internet terbanyak? Berikut diuraikan sepuluh negara yang masyarakatnya memiliki ketergantungan tinggi pada internet.

Negara dengan jumlah pengguna internet terbanyak di peringkat atas diduduki oleh negara dengan jumlah populasi terbesar di dunia, Republik Rakyat China. Dengan jumlah penduduk lebih dari 1,3 miliar, membuat jumalah pengguna internetnya pun termasuk paling banyak. Setidaknya ada 538 juta pengguna internet di negara tirai bambu ini. Hal ini berarti empat puluh persen lebih penduduknya bergantung pada Internet. Dari seluruh pengguna Internet di dunia, setidaknya 22,4 persen pangsa pasar berada di China.

Pada posisi dua, negara pengguna internet terbanyak dipegang oleh negeri Paman Sam. Dengan jumlah populasi sekitar 313,8 juta membuat negara pionir teknologi ini termasuk pengguna paling pesat di dunia. Diperkirakan lebih dari 75 % penduduk di negara yang dipimpin oleh Obama itu adalah pengguna internet. Hal ini berarti hanya sekitar 68 juta penduduk yang tidak begitu di pengaruhi oleh internet. Penempatan Amerika di posisi dua, tidak mengherankan karena perusahan-perusahan di bidang internet banyak yang berada di negeri Hollywood ini.

Di posisi tiga sebagai negara pengguna internet terbanyak, terdapat negara yang terkenal dengan industri Bollywood-nya, India. India merupakan negeri dengan pertumbuhan internet yang cepat. Di negara ini Industri telekomunikasi berkembang cepat yang dimulai pada akhir abad ke-20 . Negara dengan populasi terbesar kedua ini memiliki 137 juta pengguna internet. Jika dibandingkan dengan jumlah populasi penduduknya yang lebih dari 1,20 miliar, jumlah pengguna internet di negara ini sangat sedikit. Ini berarti ada banyak penduduk yang tidak/belum bergantung pada internet. Meski begitu, India menyumbang pangsa pasar sebanyak 5,7% dari seluruh pengguna internet di dunia.

Pada posisi keempat dan kelima, negara pengguna internet terbanyak ditempati oleh Jepang dan Brasil. Jepang adalah negara yang hampir 80% persen penduduknya merupakan pengguna internet aktif. Negara dengan jumlah penduduk sebesar 127,3 juta ini memiliki pangsa pasar sekitar 4,2% di dunia. Nilai tersebut 0,5 % lebih tinggi dari Brasil yang hanya mampu berada di posisi lima dengan jumlah pengguna internet sebanyak sebanyak 88,4 juta jiwa.

Posisi di bawah Brasil, ada Rusia yang menempati posisi enam sebagai negara pengguna internet terbanyak. Total populasi Rusia sekitar 142,5 juta sementara jumlah pengguna internet di negara ini sebanyak 67,9 juta orang. Di bawah Rusia, ada Jerman yang memiliki jumlah penduduk 81,3 juta jiwa. Negeri yang dipimpin oleh seorang kanselir ini memiliki 67,4 juta jiwa pengguna internet. Dalam statistik dunia, negeri tempat perusahaan Siemens berada ini, menyumbang 2,8 % pengguna internet aktif di dunia.

Posisi kedelapan yang menempati negara pengguna internet terbanyak ditempati oleh Indonesia. Meski jumlah posisi populasi Indonesia sekitar 248,64 juta, tetapi pengguna internet yang aktif hanya berkisar pada 22,1%-nya saja. Secara global, jumlah pengguna Internet yang berasal dari Indonesia adalah 2,3%.Pertumbuhan penggunaan internet di Indonesia disebabkan oleh perkembangan industri mobile yang tinggi. Telepon genggam dan tablet adalah dua perangkat yang banyak digunakan orang Indonesia untuk aktivitas berselancar di dunia maya. membuat orang-orang Indonesia banyak aktif di Internet dengan perangkat .

Negara pengguna internet terbanyak selanjutnya yaitu Inggris. setidaknya memiliki 52,7 juta jiwa pengguna internet yang aktif. Di negara ini, internet seolah-olah menjadi sesuatu yang tidak terpisahkan. Bayangkan saja 83,6% dari jumlah penduduk yang mencapai 63,04 juta jiwa itu adalah pengguna internet yang aktif. Hal ini cukup wajar mengingat di negara ini terdapat perusahaan ARM, yang terkenal karena teknologi arsitektur chip unttuk perangkat mobile. Inggris setidaknya memiliki 2,2 pengguna aktif di dunia.

Jumlah tersebut sangat mirip dengan negara Perancis, hanya saja pengguna aktif di negara ini beda beberapa ratus ribu pengguna dibandingkan Inggris. Setidaknya di negara yang sering dianggap negeri romantis ini, ada sekitar 52,2 juta pecandu internet. Jumlah tersebut berarti 79,6% dari total keseluruhan jumlah penduduk.

Kesepuluh negara pengguna internet terbanyak tersebut mungkin bisa bertambah dalam beberapa tahun kedepan. Jumlah pengguna yang aktif ini cukup mempengaruhi lalu lintas jaringan internet tiap detiknya. Semakin hari tentu akan semakin bertambah orang yang menggunakan internet. Bisa saja posisi-posisinya berubah mengingat ada sepuluh negara dibawah negara-negara tersebut yang juga cukup menyumbang sebagai negara pengguna internet terbanyak. Sepuluh negara lain tersebut adalah Nigeria, Mexico, Iran, Korea Selatan, Turki, Italia, Filipina, Spanyol, Vietnam dan yang di posisi dua puluh adalah Mesir. [BAM]