Sribu.com

28 Feb 2012 12:00 | Hits: 2141

Sribu.com - Startup Lokal Tempat Para Desainer Kreatif Indonesia

Sribu.com - Startup Lokal Tempat Para Desainer Kreatif Indonesia

Nama situs sribu.com sudah mulai dikenal, terutama di kalangan desainer di Indonesia. Semua ini tidak terlepas dari perannya sebagai komunitas design online pertama dan satu-satunya di Indonesia yang mengusung konsep crowd sourcing.

Apa itu crowd sourcing? Crowd sourcing adalah metode yang mengandalkan partisipasi anggota komunitas dalam memenuhi tugas tertentu. Di sribu.com, jika ada klien yang membutuhkan desain (contest holder) maka sekitar 8000 anggota komunitas ini siap untuk membantu. Klien nantinya tinggal menyeleksi karya-karya yang dikirimkan.

Klien sribu.com adalah industri kecil menengah karena perkembangannya paling pesat di Indonesia. Hingga saat ini situs sribu.com telah melayani 60 klien dengan berbagai permintaan jasa desain seperti logo, brosur, web, packaging, interior dan penamaan brand. Para klien pun mengaku puas atas layanan sribu.com dengan kualitas desain yang diberikan.

Konsep yang diusung oleh sribu.com memang sangat unik. Sudah ada beberapa situs besar di luar negeri yang menggunakan konsep yang sama misalnya 99designs.com. Namun, di Indonesia sendiri konsep ini diperkenalkan dan dipopulerkan oleh sribu.com.

Kontes desain adalah unsur utama yang ditonjolkan dari sribu.com. Setelah melengkapi semuai rincian kontes, dan membayarkan biaya pembuatan kontes pada sribu.com, kontes akan ditampilkan. Jika desainer tertarik dengan kontes tersebut, ia dapat langsung mengirimkan karyanya tanpa pungutan biaya.

Terbukti konsep ini dapat mendatangkan keuntungan bagi kedua belah pihak yang terlibat. Bagi para klien, Anda akan memperoleh puluhan, ratusan, atau bahkan ribuan desain yang tersedia dan tentukan siapa pemenangnya, desain pun sudah berhak Anda gunakan sesuai keinginan. Dengan biaya yang hampir sama, Anda memperoleh banyak pilihan ide kreatif.

Bagi desainer sendiri, dengan adanya sribu.com dapat mengasah kemampuan desain sekaligus memperoleh uang melalui kontes yang komptetitif dan melibatkan banyak desainer, baik pemula ataupun profesional.

Sejak didirikan bulan Juli 2011, sribu.com telah meraih penghargaan sebagai salah satu website terbaik untuk kategori User Generated Content dari Sparx Up Award 2011. Namun, beberapa kalangan desainer masih ragu bahwa Hak Kekayaan Intelektual ide dan karya mereka tidak akan aman dalam mengikuti kontes terbuka seperti ini. Meskipun ada beberapa yang cukup menerima kontes seperti ini. [RK]