Software Edit Foto Gratis

16 Apr 2013 06:30 | Hits: 62811

10 Software Edit Foto Gratis Terbaik Untuk Anda

10 Software Edit Foto Gratis Terbaik Untuk Anda

Dunia fotografi telah jauh berkembang sejak 10 tahun yang lalu. Tidak ada lagi pasang memasang film dan salah jepret yang membuang uang saat foto dicetak karena hasilnya jadi tidak bisa dipakai. Kini, kamera digital yang murah sekalipun dapat menghasilkan gambar yang jernih dan tidak ada lagi film yang terbuang percuma karena kesalahan foto. Namun, namanya juga manusia, seringkali akan terdapat masalah dalam foto seperti cahaya yang kurang, warna putih yang salah, mata merah karena lampu flash dan masih banyak lagi. Tentunya kini semua bisa menggunakan software untuk mengoreksi foto, dan jangan khawatir mengeluarkan uang, ada sederet software edit foto gratis yang bisa menjadi andalan Anda.

GIMP

Gnu Image Manipulation Program atau disingkat dengan GIMP pertama kali muncul pada tahun 1996, dan telah terus dikembangkan sejak saat itu, jadi jangan kaget bila program ini sangat berkemampuan tinggi bila dibandingkan software edit foto gratis lainnya. Terdapat alat untuk mengoreksi warna, meningkatkan kontras, pencahayaan, menajamkan atau mengaburkan gambar, membetulkan perspektif, membuang mata merah, membuat foto jadi seperti lukisan minyak, dan banyak lagi. Terdapat dukungan untuk layer dan berbagai cara untuk meningkatkan kemampuan GIMP. Semua kemampuannya membuat GIMP butuh waktu untuk dipelajari, dan mereka yang pernah menggunakan software seperti Photoshop pasti langsung nyaman menggunakannya.

Paint.NET

Software edit foto gratis yang satu ini mungkin tidak sehebat GIMP, namun masih banyak hal lain yang membuat banyak orang memilih Paint.NET sebagai software edit foto utamanya. Program ini memiliki dasar pengeditan gambar yang kuat, dengan opsi untuk mengubah ukuran dan memutar foto, berbagai macam alat seleksi dan menggambar yang berfungsi dengan baik, dan beberapa efek yang sangat memuaskan untuk digunakan. Kemampuan menggunakan layer memungkinkan Anda untuk mengedit sebagian dari gambar saja, dan program ini dapat dikembangkan lebih jauh kemampuannya dengan dukungan plugin. Antarmuka Paint.NET yang jelas dan mudah digunakan merupakan salah satu keunggulan utama dari program ini yang membuatnya bisa digunakan pemula sekalipun.

PhoXo

Program yang satu ini telah beredar di internet selama hampir 10 tahun, dan meskipun usia tersebut belum sama lama dengan GIMP yang telah ada sejak tahun 1996, PhoXo telah berkembang menjadi software edit foto yang sangat berguna dan memiliki berbagai fitur berbeda yang dibutuhkan oleh setiap orang. Anak-anak bisa bermain dengan gambar clipart dan kartun kucing, mereka yang tidak mau repot dan suka fitur seperti kemampuan menambahkan watermark ke semua foto di satu folder sekaligus, dan semua orang pasti bisa menggunakan fitur menggambar, transformasi gambar, berbagai efek khusus dan masih banyak lagi kemampuan dari PhoXo.

Funny Photo Maker

Program yang satu ini tidak memiliki kemampuan menggunakan layer, tidak ada alat seleksi cerdas, maupun opsi untuk menggambar atau mengecat seperti pada hampir semua software edit foto lainnya baik yang berbayar maupun gratis. Namun Funny Photo Maker memiliki banyak sekali efek yang bisa digunakan sekejap pada semua foto Anda. Anda bisa menambahkan muka seseorang ke poster film, sampul majalah, ataupun mata uang, membuat gambar statis menjadi sebuah animasi, menambahkan hujan atau salju ke dalam foto, membuat bingkai cantik untuk foto, dan mengubah foto ke dalam kolase. Masih banyak lagi fitur yang bisa Anda coba di dalam Funny Photo Maker.

Photo Pos Pro

Toolbar yang kecil dan antarmuka yang terkesan ketinggalan jaman mungkin akan membuat Photo Pos Pro nampak tidak menjanjikan, namun opini Anda akan berubah setelah menggunakannya. Banyak sekali opsi seleksi, alat menggambar, koreksi warna, dan berbagai fitur lainnya yang bisa Anda gunakan di dalam Photo Pos Pro. Anda bisa menggunakan layer dan mask, berbagai efek yang bisa diatur dengan akurasi tinggi, dan pembuat skrip yang bisa menjadikan berbagai tugas mengedit di banyak foto bisa dijalankan secara otomatis. Selain itu terdapat fitur menyenangkan seperti efek yang bisa menambahkan kembang api, gelembung, percikan air dan efek lainnya ke dalam foto Anda.

PhotoScape

Untuk mereka yang sudah ahli dalam urusan mengedit, PhotoScape akan nampak kurang menarik. Tidak ada kemampuan layer, misalnya. Namun untuk mereka yang hanya ingin memberi sentuhan tambahan yang lucu dan menarik secara cepat, program yang satu ini bisa menjadi pilihan. Terdapat ratusan gambar clipart yang bisa langsung dipasang pada foto Anda, gambar talk buble, efek khusus, dan bahkan membuat animasi GIF. Kebanyakan dari opsi tersebut bisa diatur sesuai dengan kebutuhan, seperti pada 11 gaya artistik yang ada di dalam PhotoScape seperti pastel, pensil, kartun dan masih banyak lagi yang bisa digunakan sesuai kebutuhan.

IrfanView

Seperti ditunjukkan oleh namanya, IrfanView lebih kepada memenuhi kebutuhan menampilkan gambar Anda, namun software edit foto gratis yang satu ini juga memiliki kemampuan mengedit yang cukup baik. Anda bisa memutar dan mengatur besar gambar, mengubah warna, pencahayaan dan kontras, menambahkan tulisan atau tanda air, menajamkan foto, membuang mata merah, dan menambahkan berbagai efek yang apik pada foto Anda. Jika masih dirasa kurang cukup, IrfanView bisa diperluas kemampuannya dengan dukungan plugin 8Bf, Altalux, Filter Factory, dan Filters Unlimited. Semua ini dikemas dalam program yang kompak yang hanya membutuhkan ruang kurang dari 2 MB di dalam hard disk komputer Anda.

PhotoFiltre

Meskipun program satu ini lebih mengarah ke pada software penyempurna foto daripada pengedit foto pada umumnya, PhotoFiltre juga memiliki banyak fitur untuk mengedit dan hasil yang diberikannya bisa cukup memuaskan. Fitur PhotoMask misalnya bisa memberikan kontur yang apik dan efek transparan ke gambar Anda untuk membuatnya lebih terkesan artistik, contohnya seperti bisa dilihat pada situs dari PhotoFiltre. Selain itu, terdapat banyak sekali alat menggambar, koreksi warna dan filter, dan secara keseluruhan, program yang satu ini merupakan pilihan yang tepat jika Anda sedang ingin untuk memberi sentuhan artistik yang lebih kepada foto Anda yang memiliki kesan datar dan hambar.

PixBuilder Studio

Program yang berjudul PixBuilder Studio ini merupakan pengedit foto kelas menengah yang terfokus pada fitur yang praktis dan hebat. Jadi, di program ini Anda tidak akan mendapatkan gambar kartun dan efek tampilan nyeni, namun yang akan Anda temui di sini adalah fitur yang jelas seperti memotong, mengatur ukuran dan memutar gambar, fitur koreksi warna, ketajaman gambar, dan kemampuan untuk langsung mencetak gambar Anda. Tidak banyak hal menyenangkan yang bisa ditemui di sini, namun PixBuilder Studio bagus untuk digunakan jika Anda ingin mempercantik foto Anda, dan dukungan filter 8BF turut memperhebat kemampuan software edit foto gratis yang satu ini.

Chasys Draw IES

Terlepas dari namanya yang mungkin terdengar agak aneh, Chasys Draw IES merupakan program edit foto yang sangat mumpuni dengan setumpuk fitur yang siap untuk digunakan. Kemampuan menggambar yang luas, dukungan penggunaan layer, berbagai efek khusus yang cerdas, pengaturan warna dan cahaya yang memadai, dukungan plugin Photoshop, dan masih banyak lagi. Selain kemampuan untuk mengedit foto tersebut, ternyata masih banyak hal yang bisa dilakukan oleh Chasys Draw IES, seperti membuat animasi, label CD dan DVD, kursor, atau bahkan mengambil gambar dari aktivitas komputer Anda. Dengan prosesor file RAW, penampil gambar dan pengubah format, Chasys Draw IES merupakan program yang sangat lengkap untuk digunakan oleh berbagai kalangan yang mau belajar untuk menggunakannya.[KEV]