SItus Jejaring Sosial

28 Apr 2011 13:43 | Hits: 4672

Geliat Bisnis Online Melalui Situs Jejaring Sosial

Geliat Bisnis Online Melalui Situs Jejaring Sosial

Masyarakat Indonesia dapat dipastikan mengenal dengan yang namanya Facebook, Twitter dan Koprol, baik dari teman, saudara, bahkan dari berita negatif yang banyak diulas media. Fungsi situs jejaring sosial saat ini mengalami tambahan fungsi lebih dari sekadar ajang berteman tetapi menjadi media bisnis dan promosi produk.

Nielsen, lembaga survey perkembangan market mengeluarkan pernyataan bahwa "situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter kini telah menjadi sumber referensi utama konsumen untuk memilih produk yang akan dibeli." khususnya di kawasan Asia Pasifik tempat riset ini dilakukan. Situs jejaring sosial mempunyai pengaruh yang semakin kuat untuk menentukan pilihan untuk berbelanja. Review dari berbagai media online ini menjadi referensi yang dipercaya setelah rekomendasi dari teman dan keluarga.

Perubahan fungsi ini sudah mulai dimanfaatkan oleh para penggelut bisnis. Hal ini dapat dilihat dengan mulai banyaknya promosi produk melalui situs jejaring sosial. Bahkan di situs penyedia lowongan kerja seperti jobstreet.com dan jobsdb.com, dapat ditemukan lowongan pekerjaan dengan jabatan Social Media Manager, Social Media Specialist, Social Media Analyst, dll.

Namun banyak pihak yang belum memanfaatkan kesempatan ini, dan juga banyak pihak yang memanfaatkannya tanpa strategi yang benar. Apabila Anda online di Facebook, Anda pasti pernah menemui promosi produk yang mengganggu, bahkan beberapa bisa disebut sebagai spam. Hal ini terjadi dikarenakan tidak adanya strategi.

Danny Wirianto, Chief Marketing Officer salah satu forum internet terbesar di Tanah Air, mengungkapkan tiga hal yang harus diperhatikan dalam memulai pemasaran di media sosial. Pertama, proses pemasaran lewat media sosial harus didahului dengan riset. Riset akan mengefektifkan mekanisme pemasaran yang dilakukan. Riset bisa berkisar tentang karakter pengguna media sosial, misalnya dengan melihat cara komunikasi dan apa yang dikomunikasikan dalam media itu.

Kedua, lakukan inception, persis seperti yang ada di film Inception. Untuk melakukannya, berbagai cara bisa diaplikasikan. Contoh satu langkah yang bisa diterapkan adalah mengkomunikasikan secara personal sehingga produk baru seolah dianggap rahasia. Dengan cara itu, informasi yang tadinya dianggap rahasia nantinya pasti malah disebarkan dan untungnya ada pada kita. Secara tidak langsung kita berhasil menyebarkan berita tentang produk kita.

Ketiga, membangun engagement (keterikatan) dengan konsumen. Hal ini berguna untuk mempertahankan relasi dengan konsumen, membangun kepercayaan dan loyalitas produk. Media sosial menjadi cara ampuh mengetahui isu-isu tentang produk yang beredar di masyarakat. Kalau ada produk yang dijelekin, obrolannya pasti ada di media sosial. Jadi, pihak perusahaan seperti PR (humas), harus juga memantau media sosial. Engagement bisa dilakukan dengan merespons secara cepat masalah yang muncul. Klarifikasi yang cepat dalam menangani masalah sangat berpengaruh pada citra produk.

Selain itu, pemilik usaha harus selalu memantau perkembangan yang dilakukan oleh situs jejaring sosial. Situs jejaring sosial saat ini sudah menyediakan fitur yang diperuntukkan bagi para wirausahawan yang ingin mempromosikan atau memasarkan produk bisnisnya. Pemilik usaha pun harus selalu up-to-date dengan perkembangan ini. Contoh fitur bisnis di Twitter adalah Twitter Business Center, salah satu fungsi fitur baru ini ialah perusahaan dapat menerima pesan secara langsung, tanpa harus mereka follow terlebih dahulu, hal ini sangat berguna untuk pelayanan terhadap pelanggannya. Sedangkan untuk contoh di Facebok adalah fitur Advertise On Facebook, untuk memasang iklan produk Anda dengan biaya bulanan, atau Marketplace yang tanpa biaya. Koprol pun juga memiliki fitur terbarunya bernama Koprol For Bussines.

Dengan memanfaatkan bisnis online melalui situs jejaring sosial, besar kecil skala usaha Anda, besar kecil tempat usaha Anda, tidak memiliki banyak pengaruh pada citra produk Anda. Apabila memang produk yang Anda tawarkan bagus, dan strategi yang Anda gunakan tepat, maka Anda dapat menggunakan rumah sebagai tempat usaha alternatif dalam bisnis ini apabila modal yang Anda miliki terbatas. Dengan memanfaatkan fitur bisnis gratis yang disediakan situs jejaring sosial, Anda dapat menekan budget promosi Anda dengan hanya mengeluarkan biaya langganan internet. RY