Dampak Positif Handphone

23 Feb 2012 11:00 | Hits: 4682

Dampak Positif Handphone bagi Kehidupan Sosial

Pada 2011, 77% dari populasi dunia, atau 5,3 miliar orang, adalah pelanggan telepon seluler. Dampak positif handphone telah mengubah kehidupan manusia dengan cara yang berbeda, yang mempengaruhi cara bekerja, kehidupan pribadi dan hubungan antar manusia. Apalagi ditambah dengan baru-baru ini smartphone telah mengubah cara kita menggunakan handphone, di mana pada 2009 hanya setengah miliar orang yang mengakses internet melalui handset.

Apa saja dampak positif handphone bagi kehidupan sosial manusia, berikut beberapa hasil studi yang telah dilakukan:

Hubungan Antar Manusia

Dampak positif handphone pertama adalah, penggunaan handphone meningkatkan konektivitas, baik jarak dekat maupun jarak jauh, dan mengurangi jumlah waktu di mana kita tidak bisa berkomunikasi dengan orang lain. Menurut Kate Fox dari Pusat Penelitian Masalah Sosial, handphone memfasilitasi "terapi gosip” dan bertindak sebagai "garis hidup sosial” di dunia modern yang sibuk saat ini. Kita perlu hadir secara fisik dengan seseorang di era pra-handphone, hari ini kita dapat berbicara dengan seseorang di mana saja, sambil berjalan-jalan atau duduk di kafe.

Dunia kerja dan bisnis

Selain mempengaruhi komunikasi pribadi kita, dampak positif handphone juga telah mempengaruhi cara kita melakukan bisnis. Sebuah studi di tahun 2007 oleh Australia National University melaporkan bahwa hampir setengah dari subjek yang diwawancarai mengatakan tidak mungkin atau sulit untuk melakukan pekerjaan mereka tanpa handphone.

Studi mengenai dampak positif handphone bagi kehidupan sosial ini juga menemukan bahwa setengah dari responden menggunakan handphone mereka untuk tujuan bisnis saat melakukan liburan, mengaburkan batas antara kehidupan kerja dan kehidupan pribadi. Temuan lain adalah setengah responden melaporkan bahwa memiliki handphone meningkat beban kerja mereka, tetapi lebih dari setengah mengatakan bahwa handphone telah meningkatkan produktivitas mereka.

Dampak Demografis

Dampak positif handphone memiliki pengaruh yang berbeda pada demografis yang berbeda. Warga lanjut usia, terutama mereka yang memiliki masalah mobilitas, bisa mengurangi rasa terisolasi dengan menggunakan handphone dan tidak bergantung pada kunjungan dari orang lain untuk tetap berhubungan dengan dunia luar.

Dampak positif handphone bagi anak-anak dan remaja adalah memungkinkan mereka untuk mengembangkan kemandirian mereka. Penelitian tahun 2007 oleh Australia National University mengungkapkan bahwa 30% orang tua akan membiarkan anak mereka tetap berada di luar jika mereka memegang handphone agar tetap bisa dihubungi.

Jenis komunikasi

Dampak positif handphone terakhir adalah memungkinkan seseorang untuk berkomunikasi dalam berbagai cara, termasuk panggilan, pesan teks, IM (Instant Messaging), dan email. Berkomunikasi melalui teks memungkinkan seseorang untuk melakukan percakapan dengan orang lain yang mungkin tidak tepat untuk dilakukan di depan umum atau di acara tertentu, seperti dalam sebuah acara rapat. Dengan terciptanya smartphone, pengguna sekarang dapat mengakses akun jejaring sosial mereka melalui handphone mereka, meningkatkan jumlah metode di mana seseorang dapat berkomunikasi. [RY]