Micro SIM Card

16 Feb 2012 11:30 | Hits: 43589

Tips Mengubah SIM Card Menjadi Micro SIM Card

Keberadaan produk iPhone dan iPad, menjadi revolusi tersendiri dalam dunia perponselan. Selain tampil dengan desain yang berbeda, produk dari Apple juga menggunakan kartu SIM yang berbeda. Untuk bisa mengoperasikan iPhone dan iPad, Anda diharuskan untuk memakai micro SIM card yang memiliki ukuran berbeda dengan kartu SIM konvensional. Jika SIM card konvensional berdimensi 15 x 25 mm, maka micro SIM card berdimensi 12 x 15 mm.

Lalu dari mana Anda bisa memperoleh micro SIM card tersebut? Sebenarnya cukup mudah. Terdapat beberapa operator telepon yang telah menyediakan kartu SIM berukuran micro tersebut. Antara lain adalah XL, Telkomsel dan Indosat. Namun, selain membeli sebuah micro SIM card secara langsung, ternyata Anda juga bisa membuat sendiri sebuah kartu SIM berukuran kecil tersebut. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

Cara paling mudah adalah dengan membeli sebuah alat yang memang digunakan untuk mengubah SIM card menjadi micro SIM card. Terdapat beberapa alat yang bisa Anda pilih, dari sebuah alat bernama Noosy atau lainnya. Dengan memakai alat ini, Anda bisa mengubah sebuah SIM card berukuran normal menjadi kartu berukuran mikro. Selain itu, alat ini juga dilengkapi dengan adapter SIM card. Dengan adanya adapter tersebut, sebuah SIM card berukuran mikro tetap bisa Anda gunakan pada ponsel yang menggunakan SIM card konvensional. Alat ini pun dijual dengan harga yang tak terlalu mahal. Anda bisa membeli Noosy micro SIM card cutter dengan harga $ 2 dan memperoleh 2 micro SIM adapter.

Selain itu, terdapat hal penting yang harus Anda perhatikan ketika mengubah sebuah SIM card menjadi micro SIM card. Hal tersebut adalah tiga line yang terletak pada lempengan kuningan sebuah SIM card. Jika bagian tersebut terpotong, maka SIM card tersebut tak akan lagi bisa digunakan dan Anda terpaksa harus membeli kartu SIM baru.

Terdapat cara lain yang tak membutuhkan alat tambahan seperti Noosy. Anda hanya membutuhkan sebuah penggaris dan gunting. Namun tentunya dengan cara ini, Anda harus lebih berhati-hati. Salah-salah, Anda akan memotong SIM card terlalu besar dan menyebabkan kartu tak berfungsi. Untuk mengubah sebuah SIM card menjadi micro SIM card dengan cara ini, Anda juga diharuskan untuk membuat template micro SIM card di sebuah kertas. Setelah itu, Anda tinggal memotong kartu SIM sesuai dengan template. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat video di bawah ini. [IB]

How To Cut Sim & Make a Micro Sim Card For iPhone 4S/4 & iPad 3G 1/2

[kengz] Sim cutting to microsim for iphone 4