Windows Phone

16 Apr 2013 14:30 | Hits: 2123

Tips dan Trik Memindahkan Musik, Foto, dan Video dari PC Ke Windows Phone

Tips dan Trik Memindahkan Musik, Foto, dan Video dari PC Ke Windows Phone

Memindahkan file seperti musik, foto, dan video tentunya bukanlah sebuah hal yang aneh lagi di kalangan para pengguna ponsel pintar, apalagi untuk para pengguna Android, hanya tinggal menggunakan fitur drag and drop, maka file akan langsung dipindahkan dari PC Anda ke komputer tanpa harus repot repot lagi. Sayangnya, ini tidak berlaku untuk para pengguna Windows Phone 7. Untuk pemilik Windows Phone 7, proses pemindahan konten multimedia seperti musik, foto dan video terbilang cukup merepotkan.

Pasalnya, Anda harus menggunakan software Zune yang terinstal di PC untuk mensinkronisasikan konten-konten yang ada di PC ke ponsel. Kekurangan lainnya, Anda tidak bisa memilih konten mana saja yang harusnya bisa dipindahkan. Karena, proses sinkronisasi akan secara otomatis mentransfer semua konten terkait musik, foto dan video yang ada di PC ke ponsel. Di Windows Phone 8, prosesnya kini lebih dipermudah. Cara yang digunakan bisa dibilang konvensional, Anda cukup menkoneksikan ponsel ke PC, lalu manfaatkan aplikasi file explorer dalam hal ini Windows Phone untuk memanajemen konten. Anda bisa memindahkan file atau menghapusnya jika dirasa memori ponsel mulai menipis.

Tentunya cara ini akan sangat berguna bagi Anda yang senang melakukan aktivitas foto dan merekam video, karena Anda dapat dengan mudah memindahkan foto dan video dari ponsel Anda ke PC untuk mengosongkan memori ponsel. Sebaliknya Anda juga dapat dengan mudah memindahkan lagu kesayangan Anda dari PC ke ponsel Anda, sehingga Anda dapat mendengarkan lagu kesayangan Anda langsung dari ponsel Windows Phone Anda. Beberapa pengguna mengeluh karena repotnya proses pemindahan file seperti musik, foto, dan video dari PC ke ponsel atau pun sebaliknya. Penggunaan Zune dinilai kurang praktis karena harus melakukan proses instalasi dan juga beberapa langkah prosedur yang harus dilakukan hingga file bisa dipindahkan. Paseban akan membahas langkah langkah yang dapat Anda coba untuk mempermudah Anda nantinya. Selamat menyimak ulasan di bawah ini.

Untuk pengguna baru Windows Phone 8, berikut langkah-langkah yang bisa digunakan untuk menyelaraskan konten multimedia dari PC ke ponsel:

  1. Download Windows Explorer (disebut File Explorer dalam beberapa versi Windows) di sini.

  2. Kemudian instal ke PC. Software ini biasanya akan meminta Anda untuk menginstal. Net framework.

  3. Setelah semuanya terinstal dengan baik di PC, tahap berikutnya koneksikan ponsel Windows Phone 8 Anda ke PC menggunakan kabel data USB.

  4. Secara otomatis, akan muncul tampilan Windows Phone Explorer di layar PC.

  5. Lakukan sedikit pengaturan di Welcome Home.
    Anda bisa langsung memilih proses sinkronisasi foto dan video secara otomatis dari ponsel ke PC (import) dengan member tAnda centang di kotak dialog yang ada. Jika Anda mengaktifkan ini, maka setiap Windows Phone 8 Anda dikoneksikan ke PC, maka secara otomatis semua foto dan video yang Anda buat di ponsel akan di-import ke PC. Di tampilan awal ini, Anda juga dapat mengatur proses sinkronisasi konten musik dengan program media player yang ada di PC. Bisa iTunes maupun Windows Libraries. Tinggal pilih salah satunya.

  6. Selanjutnya klik 'Continue'. Dan Anda pun sudah bisa memindahkan atau menghapus konten multimedia dari PC ke ponsel maupun sebaliknya.

Cara lain memindahkan konten multimedia:

Selain bisa memanfaatkan software Windows Explorer, Anda juga dapat memanfaatkan beberapa cara alternatif untuk memindahkan konten multimedia dari PC ke Windows Phone 8:

  1. Mass Storage
    Seperti diketahui, update Windows Phone 7 ke Windows Phone 8 menghadirkan beberapa fitur baru, salah satunya adalah fungsi Mass Storage, yang memungkinkan Anda bisa mengakses folder data yang ada di ponsel layaknya file explorer.

  2. Kartu Memori
    Jika ponsel Windows Phone 8 Anda mendukung kartu SD (microSD), Anda juga dapat menambahkan file musik, foto maupun video dengan meletakannya di kartu SD (menggunakan Windows Explorer) lalu memasukkan kartu SD ke dalam telepon Anda.

Cukup mudahkan? Ayo segera coba dan buat Windows Phone Anda semakin asik untuk digunakan. [IRW]