Cara Update Hp Nokia

13 Feb 2012 15:00 | Hits: 61780

Step by Step Cara Update Hp Nokia Symbian ke OS Nokia Belle

Step by Step Cara Update Hp Nokia Symbian ke OS Nokia Belle

Seperti yang pernah dibahas pada artikel Paseban sebelumnya, bahwa Nokia kini telah menyediakan cara update Hp Nokia untuk para pemilik handphone Nokia. Tentunya, tidak semua model handphone bisa memperoleh update ini. Namun, beruntungnya Indonesia karena menjadi salah satu Negara yang memperoleh update OS Nokia Belle.

Sebelum Anda melakukan cara update Hp Nokia ke OS Nokia Belle, terdapat beberapa hal yang harus Anda lakukan. Yang harus Anda perhatikan adalah saat ini Nokia hanya menyediakan update Nokia Belle untuk handphone tertentu, yakni Nokia N8, E7, X7, E6, C6-01, C7 dan Nokia Oro.

Selain itu, pihak Nokia juga akan menyediakan update serupa untuk Nokia 500. Lalu bagaimana dengan handphone touchscreen Nokia lain seperti Nokia 5230, 5800 atau handphone Nokia sejenis lainnya? Sayangnya, bagi para pemilik handphone ini, Anda tidak akan bisa memperoleh cara update Hp Nokia ke OS Nokia Belle. Namun, kemungkinan update akan diberikan dalam beberapa waktu mendatang.

Setelah memastikan bahwa handphone Anda bisa mendapatkan cara update Nokia Belle, maka Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Siapkan software Nokia Suite versi 3.3 pada komputer Windows Anda. Sayangnya, software ini hanya tersedia untuk komputer Windows, dan tidak untuk komputer Mac. Jika Anda belum memiliki versi 3.3 dari software Nokia Suite, Anda bisa mengklik ikon update atau mengunduhnya di sini.

  2. Jalankan software Nokia Suite di komputer Anda.

  3. Hubungkan handphone Nokia Anda ke komputer menggunakan kabel USB.

  4. Untuk memulai update Hp Nokia ke OS Nokia Belle, Anda tinggal mengklik ikon update yang terletak di bagian atas bar navigasi pada Nokia Suite. Selain itu, terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan, yaitu (1) SIM card harus tetap tertancap di handphone; (2) Anda tidak perlu mem-backup data di handphone, karena selama proses update Hp Nokia software Nokia Suite akan secara otomatis melakukan backup data handphone Nokia Anda; (3) Abaikan semua panggilan atau SMS masuk selama proses update Hp Nokia. Selain itu, Anda juga tidak diijinkan untuk menjalankan sebuah aplikasi; (4) Pastikan koneksi Internet di komputer Anda lancar. Karena koneksi Internet yang jelek dapat mengganggu kelancaran proses update.

  5. Setelah menekan ikon update, maka Nokia Suite akan melakukan proses update secara otomatis. Proses update ini akan memakan waktu antara 30 hingga 60 menit. Tentunya, hal ini juga bergantung pada koneksi Internet yang Anda miliki.

Setelah proses update Hp Nokia selesai, maka Anda tinggal menggunakan handphone Nokia Anda yang sudah ter-install OS Nokia Belle. OS ini akan memberikan fitur-fitur menarik yang tidak dimiliki oleh OS Symbian sebelumnya, antara lain adalah enam layar Home.

Menariknya, di masing-masing layar Home tersebut Anda bisa melakukan personalisasi dan memasang widget favorit. Jadi, jika Anda bosan dengan sebuah tampilan, Anda dapat dengan mudah menggantinya dengan hanya menggeser ke layar Home lain. Fitur lainnya adalah menu yang lebih bersih, transisi antar layar yang lebih halus, notifikasi pull-down baru, Status Bar baru, Nokia Maps baru, video recording yang ditingkatkan dan kemampuan merekam video 720p pada 30fps dan masih banyak kelebihan lainnya.

Selain itu, terdapat kemungkinan bahwa Anda akan mengalami kegagalan ketika melakukan update Hp Nokia ke OS Nokia Belle. Penyebabnya, bisa saja karena koneksi Internet yang buruk, gangguan panggilan telepon atau SMS, atau hal lainnya yang mengakibatkan akses Internet terputus. Jika hal tersebut terjadi, Anda diharuskan untuk menunggu sekitar 15 menit. Jika update tak berlanjut, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  • Cabut kabel USB dari handphone

  • Tekan tombol power pada handphone sekitar 10 detik.

  • Hubungkan kembali handphone dengan kabel USB.

  • Tunggu hingga proses instalasi berlanjut.

Jika Anda masih bingung dengan step by step cara update Hp Nokia, Anda bisa melihat video di bawah ini. Selamat mencoba! [IB]

Update your phone software to Nokia Belle