Emulator PS1

07 Apr 2013 23:00 | Hits: 8371

Tips dan Trick Cara Setting Emulator ePSXe 1.7.0

Tips dan Trick Cara Setting Emulator ePSXe 1.7.0

Beberapa Emulator yang laris digunakan adalah Emulator PS1 dan 2, serta Emulator Android. Untuk Emulator PlayStation 1 biasanya dipakai untuk para gamer yang ingin bernostalgia dalam menjalankan program-program game lama, terutama untuk permainan komputer (game) yang konsol atau sistem operasinya suda tidak diproduksi lagi saat ini. Sayangnya, kebanyakan emulator yang dibuat kurang mampu untuk secara sempurna meng-emulate sistem yang ditirunya. Salah satu contoh adalah ketidaksempurnaan karena sering terjadi problem pada timing (framerate yang cukup lambat), gambar maupun efek video yang tidak benar, suara yang kacau maupun tidak bersuara sama sekali, ditambah problem di joystick, dan lain sebagainya.

Salah satu Emualtor yang akan kami bahasa kali ini adalah ePSXe versi 1.7.0, salah satu Emulator untuk memainkan berbagai game PS1. Meskipun versi 1.8 sudah diluncurkan namun versi ini adalah yang paling banyak digunakan. Untuk mengunduhnya, Anda bisa melakukan pencarian di Google karena ada banyak sekali situs blog yang menyediakan link unduhan Emulator ePSXe 1.7.0 ini. Proses extract dan penginstalan dilakukan dengan cara biasa. Namun jika masih bingung menjalankannya, Anda bisa melihat logo stik PS pada kumpulan file yang sudah di extract. Nah, untuk kelanjutan proses pengaturan umumnya kebanyakan orang masih bingung. Salah pengaturan, bisa-bisa tampilan game, sound maupun kontroler menjadi kacau dan tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Berikut ini kami akan memberi tips mengenai pengaturan pada Emulator ePSXe 1.7.0 agar Anda dapat memainkan game PS1 secara maksimal. Setelah melakukan proses extract, Anda bisa langsung membuka file dengan logo stik PS karena itu merupakan file utama ePSXe.

• Pada halaman utama ePSXe dengan tampilan jendela yang mini, Anda bisa melihat 4 opsi pengaturan. Pertama-tama pilih opsi Config dan klik opsi video. Pada konfigurasi video Anda beberapa pilihannya, namun disarankan untuk memilih Pete's DX6 D3D Driver 1.77, kemudian klik Confirg. Setelah itu ada pop-up yang menampilkan berbagai pengaturan untuk tampilan video game. Jika Anda menggunakan perangkat komputer berlayar sedang, bisa memilih dekstop resolution 1280 x 720 dan Windows size 640 x 480. Sedangkan untuk color depth cukup dengan 32 bit, dan jangan lupa untuk memilih Fullscreen mode, meskipun Anda beberapa orang yang lebih nyaman dengan Window mode.

Lalu untuk pengaturan Texture Anda bisa memilih Texture quality R8 G8 B8 A8 Best color dan Texture filtering 5: standard + smoothed Sprites. Untuk Hi-Textures dan Gfx vram tidak usah dipilih karena kemungkinan Emualtor dan file game PS1 tidak mendukungnya. Gunakan opsi Auto-detect FPS/Frame skipping limited pada pengaturan Framerate. Terakhir, pada pengaturan Compability, Off-Screen drawing pilih 3: Enhanced - Shows more stuff, Advanced blending pilih 2: Hardware - Fast , not all card support it, Framebuffer Textures pilih 2: Gfx card buffer - Can be slow dan Framebuffer access pilih 0:Emulated vram - OK for most games. Pilih OK untuk penyelesaian pengaturan opsi video ini.

• Kembali ke menu utama, pilih Config lalu klik BIOS. Anda bisa memilih select BIOS dengan Bios\SCPH1001.BIN, setelah selsai Klik ok.

• Kembali ke menu utama, pilih Config lalu klik Sound. Anda bisa memilih ePSXe SPU core 1.7.0 klik Ok.

• Kembali ke menu utama, pilih Config lalu klik Memory card. Pada Memory card 1 pilih memcards\epsxe000.mcr, dan pada Memory card 2 pilih memcards\epsxe001.mcr.

• Kembali ke menu utama, pilih Config lalu klik Cdrom. Anda bisa memilih pilih ePSXe CDR WNT/W2K core 1.7.0.

• Kembali ke Menu awal klik Confirg lalu pilih GamePad, untuk mengaturnya Anda bisa melakukan sesuka hati. Hanya saja untuk 2 Analog tidak bisa dirubah pengaturannya.

• Terakhir untuk menjalankan game, Anda bisa menggunakan kaset PS1 yang dimasukan pada DVD-RW maupun fitur optic lain, kemudian pilih Run CDROM.

• Jika Anda menggunakan file ISO, harus dijalankan dengan pilihn Run ISO pada menu utama File.

Selamat memainkan game PS1, dan akan lebih baik jika Anda menggunakan perangkat Gamepad external. Karena jaman dahulu game Play Station 1 tidak dimainkan dengan keyboard.