Perbedaan Ram dan Rom

06 Apr 2013 18:00 | Hits: 10690

Perbedaan ROM dan RAM Serta Persamaan Keduanya

Perbedaan ROM dan RAM Serta Persamaan Keduanya

Berbicara soal spesifikasi PC Home, laptop, notebook, smartphone atau tablet memang sering agak membingungkan bagi orang awam yang bukan dari kalangan yang suka akan teknologi informasi. Terlebih pada istilah-istilah yang sering kali muncul dari pembahasan tentang spesifikasi barang-barang gadget yang kini makin banyak di pasaran. Walau sering dan terbiasa menggunakan barang gadget, bukan berarti pengguna itu mengetahui benar-benar istilah-istilah pada spesifikasi gadget yang digunakannya. Dan kebanyakan para penggunanyapun tak mau ambil pusing dengan pengerahuan tentang istilah-istilah seperti RAM, ROM, Chip prosesor dan lainnya sebagainya. Tetapi tidak ada salahnya juga bila mengetahui dengan benar istilah-istilah tersebut. Dan sekarang akan dibahas adalah Perbedaan RAM dan ROM yang begitu sering membingungkan orang awam akan perbedaan dan persamaannya.

Pengertian dan Definisi

Dalam segi pengertian tentu saja RAM dan ROM sangat berbeda. Berikut adalah perbedaan pengertian yang benar tentang ROM dan RAM tersebut;

ROM adalah singkatan dari Read Only Memory. ROM merupakan jenis memori yang hanya bisa dibaca dan tidak bisa diisi atau ditulisi data. Dan untuk melakukan pengisian data tersebut harus dilakukan dengan menggunakan proses khusus.

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory. RAM merupakan suatu bentuk penyimpanan data yang dapat diakses secara acak atau random setiap saat dan dalam urutan apapun dan dari lokasi manapun, juga berbeda perangkat penyimpanan lainnya, seperti hard drive. RAM umumnya diukur dalam besaran Megabyte dan Gigabyte serta kecepatannya diukur dalam nanodetik dan chip RAM dapat membaca data lebih cepat dibandingkan ROM.

Fungsi

Dengan adanya pengertian tentang Perbedaan ROM dan RAM di atas, maka terdapat pula perbedaan pada fungsinya.

Fungsi ROM adalah sebagai media tempat menyimpan data-data internal yang digunakan untuk menaruh sistem operasi beserta seluruh sistem-sistem yang ada didalamnya. ROM terdapat pada komputer, ponsel, atau tablet. Jenis data pada ROM adalah jenis memori non volatile, artinya data dalam ROM secara permanen tertulis dan tidak terhapus ketika anda mematikan perangkat anda.

Fungsi RAM juga hampir sama , yakni sebagai media penyimpanan. Tetapi data-data yang disimpan kebanyakan bersifat eksternal dan bisa berada diluar dari pada sistemnya.

RAM adalah jenis memori volatile, artinya data dalam RAM tidak permanen ditulis. Bila anda mematikan perangkat anda data yang tersimpan dalam RAM akan dihapus. Selain itu RAM membutuhkan aliran listrik untuk menyimpan data sementara ROM akan menyimpan data tanpa aliran listrik. RAM bisa dianalogikan seperti meja kerja kita, di mana semua perlengkapan yang sering kita gunakan sudah tersedia di meja, sehingga hanya dengan meraihnya, kita sudah bisa mengambilnya dengan mudah untuk digunakan. Sehingga semua bisa dilakukan dengan cepat. Karena itu kalau RAMnya besar, maka meja kita lebih luas, sehingga bisa lebih banyak perlengkapan yang bisa kita akses dengan mudah dan cepat.

Kalau RAM nya kecil, maka peralatan dan material yang tidak ada di meja kita, harus kita ambil di lemari atau di ruang sebelah yang berarti membutuhkan waktu lama.

Jenis

Selain memiliki perbedaan pengertian dan fungsi, ROM dan Ram juga memiliki perbedaan dari jenis-jenis, yakni sebagai berikut ;
Jenis -jenis ROM ini meliputi ; PROM (Programmable Read-Onlu Memory) yang diproduksi sebagai memori kosong (contohnya CD-ROM), EPROM dan EEPROM.

Pada jenis PROM, proses pengisian datanya ditulis secara elektris. Sedangkan EPROM (Erasable Programmable Read-Only Memory) mampu mempertahankan informasi data yang tersimpan dalam waktu yang lama. Terakhir jenis EEPROM (Electrically Erasable ROM) yaitu jenis memori yang dapat diisi kapan saja tanpa menghapus isi sebelumnya. Dalam menghapus data yang ada di EEPROM, maka diperlukan tegangan yang berbeda untuk menghapus, menulis atau membaca data yang tersimpan.

Sedangkan jenis RAM ada dua macam, yakni ; DRAM dan SRAM. Kedua jenis RAM ini berbeda dalam teknologi yang mereka gunakan untuk menyimpan data. DRAM menjadi jenis yang lebih umum karena kebanyakan disatupaketkan dengan sistem hardware yang ada atau standar. Dan dalam segi kecepatan, SRAM lebih cepat dari DRAM dikarenakan DRAM perlu refresh ribuan kali per detik, sementara SRAM tidak perlu refresh.

DRAM mendukung waktu akses sekitar 60 nanodetik, sedangkan SRAM dapat memberikan waktu akses 10 nanodetik.
Selain memiliki perbedaan, RAM dan ROM juga memiliki kesamaan yaitu, kedua memori ini sama-sama digunakan dan diperlukan supaya perangkat anda bisa beroperasi secara baik dan efisien juga efektif. [BAM]