Kamera iPhone 4

03 Feb 2012 12:35 | Hits: 14451

Tips dan Trik Menggunakan Kamera dan Aplikasi Kamera iPhone 4 atau 4S

Tips dan Trik Menggunakan Kamera dan Aplikasi Kamera iPhone 4 atau 4S

Perangkat iPhone dari dulu terkenal dengan kameranya yang handal, dan tradisi ini terus berlanjut hingga kamera iPhone 4 atau 4S. Selain memiliki hardware yang mumpuni, kehandalan kamera iPhone juga didukung oleh software yang tersemat pada iOS. Hasil foto dari hardware kamera iPhone bisa maksimal berkat fitur-fitur yang dimiliki oleh software kamera iPhone. Paseban akan membahas secara menyeluruh tentang fitur yang tersedia di kamera iPhone 4 atau 4S.

Shortcut

Tips kamera iPhone 4 atau 4S yang menggunakan iOS 5 adalah akses cepat atau shortcut untuk menuju ke aplikasi kamera bawaan. Selain mencari ikon aplikasi kamera, terdapat akses cepat dengan cara klik tombol home pada saat iPhone Anda terkunci dan layar dalam keadaan tidak aktif atau biasa disebut screen timeout. Setelah itu akan muncul ikon kamera di samping slide lock, kemudian tekan ikon kamera tersebut dan aplikasi kamera akan langsung aktif.

User Interface

Tips kedua dari kamera iPhone 4 atau 4S adalah membahas user interface yang terdiri dari tampilan kamera utama dan tombol-tombol.

Fungsi Tombol:

  1. Tombol Auto. Tombol ini merupakan setting untuk kamera flash. Apabila Anda memilih On, maka lampu flash kamera iPhone 4 atau 4S akan menyesuaikan secara otomatis apakah kondisi pencahayaan saat pengambilan foto membutuhkan sebuah flash atau tidak.
  2. Tombol Option. Tombol ini untuk melakukan setting dua fitur menarik yang dimiliki oleh aplikasi kamera iPhone 4 atau 4S, yaitu Grid dan HDR. Apabila Anda mengaktifkan fitur Grid, kamera akan menampilkan garis vertikal dan horizontal yang tampak seperti skala pada peta. Fungsi Grid ini untuk membantu Anda menempatkan posisi kamera atas objek foto sebelum menjepretnya. Sedangkan bila Anda mengaktifkan fitur HDR, saat memencet tombol jepret foto kamera iPhone 4 atau 4S akan secara otomatis mengambil tiga foto sekaligus dengan tingkat pencahayaan atau exposure yang berbeda, kemudian tiga foto tersebut digabungkan untuk mendapatkan hasil foto yang indah dan unik.
  3. Tombol switch untuk berpindah antara fungsi kamera foto dan video.

Setelah Anda menjepret foto, aplikasi kamera iPhone 4 atau iPhone 4S akan memunculkan tombol hasil foto dimana Anda bisa melakukan proses lebih lanjut terhadap hasil foto tersebut. Tekan tombol tersebut dan Anda akan diarahkan pada tampilan baru dimana terdapat lima tombol utama pada bagian bawah:

  • Tombol untuk kembali ke kamera
  • Tombol untuk share online, sebagai foto profil salah satu kontak Anda, sebagai wallpaper, atau print foto
  • Tombol utama ketiga adalah untuk menampilkan slideshow koleksi foto Anda
  • Tombol untuk mengirim dan menampilkannya di Apple TV. Apabila Anda tidak memiliki Apple TV maka tombol ini tidak akan muncul
  • Dan yang terakhir adalah tombol untuk menghapus foto.

Pada bagian atas Anda bisa menemukan tombol edit. Tombol ini akan mengarahkan Anda pada tampilan untuk mengoreksi hasil foto Anda. Fitur edit pada aplikasi kamera iPhone 4 atau 4S ini berfungsi untuk memperbaiki hasil foto Anda. Maka, jangan berharap Anda bisa menemukan aplikasi edit foto seperti pada Adobe Photoshop. Pilihan utama pada "Edit" ini adalah:

  1. Rotate. Seperti namanya, tombol ini untuk memutar hasil foto Anda hingga 180 derajat.
  2. Magic Wand. Pada pilihan ini Anda bisa melakukan sedikit perbaikan foto dari sisi tingkat pencahayaan dan lain sebagainya.
  3. Red Eye Reduction. Fitur ini cukup simple dan bermanfaat, serta tersedia pada kebanyakan aplikasi edit foto.
  4. Crop. Fitur ini juga salah satu fitur bermanfaat yang tersedia pada semua aplikasi edit foto, dan aplikasi kamera iPhone 4 atau 4S juga menyediakannya.

Tampilan Kamera utama:

Pada tampilan kamera utama, Anda bisa menemukan satu kotak kecil yang berfungsi sebagai fokus point dari foto. Anda bisa tekan bagian tertentu untuk memindah kotak tersebut guna menentukan bagian mana dari foto yang menjadi fokus. Tips yang bisa Anda lakukan dari fitur kamera iPhone 4 atau 4S ini adalah, apabila Anda sudah menentukan fokus point dari sebuah objek foto, tekan dan tahan kotak tersebut hingga ia "berkedip" untuk mengunci fokus point. Kemudian auto focus dan auto exposure akan aktif. Hal ini dapat membantu Anda mendapatkan hasil foto yang maksimal.

Fungsi lain yang bisa Anda temukan pada tampilan kamera utama adalah Anda bisa zoom dengan melakukan gesture pinch atau "mencubit." Fungsi pinch zoom ini berjalan baik pada saat mode kamera foto maupun video. Tetapi, lebih baik lakukan zoom secara manual, dalam artian dekatkan iPhone ke objek foto. Zoom ini hanyalah digital zoom yang mana hanya akan mengakibatkan gambar menjadi buram dan muncul banyak "noise." Zoom yang baik adalah optical/lens zoom, dan sayangnya kamera iPhone 4, 4S, maupun kamera smartphone lain masih belum memiliki kemampuan ini. [RY]