Cara Mengaktifkan iPhone

02 Feb 2012 15:30 | Hits: 46047

Cara Mengaktifkan iPhone 4S untuk yang Pertama Kalinya

Cara Mengaktifkan iPhone 4S untuk yang Pertama Kalinya

Smartphone terbaru milik Apple, yakni iPhone 4S baru saja mendarat di tanah air. Namun, Anda tidak bisa serta merta langsung menggunakan smartphone tersebut. Pertama kali, Anda harus melakukan aktivasi terlebih dahulu. Lalu bagaimana cara mengaktifkan iPhone 4S?

Cukup mudah ternyata, Anda tidak perlu menjadi seorang ahli teknologi untuk dapat mengaktifkan sebuah iPhone 4S. Berikut ini Paseban hadirkan langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk melakukan aktivasi iPhone 4S. Artikel ini juga bisa Anda gunakan sebagai panduan untuk mengaktivasi iPhone 4 dan iPhone 3GS yang sama-sama memiliki OS iOS 5.

Pengaturan Bahasa

Langkah pertama untuk cara mengaktifkan iPhone 4S adalah dengan mengatur bahasa yang digunakan. Selain itu, dalam langkah pertama ini Anda juga akan diminta untuk memberikan data mengenai lokasi tempat tinggal Anda.

Mengatur Layanan Lokasi dan WiFi

Selanjutnya, Anda dapat memilih untuk mengaktifkan layanan lokasi atau tidak. Hal ini tergantung kepada Anda, karena fitur ini bukanlah fitur yang esensial, namun ada manfaatnya juga. Layanan lokasi ini layaknya sebuah GPS yang tersedia di iPhone. Fitur ini memungkinkan Anda untuk dapat memperoleh petujuk arah ketika berkendara, membantu untuk menemukan restoran atau spot-spot menarik di sekitar Anda dan lain sebagainya.

Langkah kedua untuk cara mengaktifkan iPhone 4S ini, Anda juga dapat memilih untuk menghubungkan iPhone dengan jaringan WiFi. Hal ini bisa Anda lakukan tentunya sesuai dengan lokasi yang terdapat jaringan WiFi. Sekali Anda mengatur hal ini, maka iPhone 4S selanjutnya akan mengingat password untuk mengakses jaringan WiFi tersebut, dan Anda juga dapat menggunakannya secara instan di waktu mendatang pada lokasi yang sama.

iPhone Set Up

Langkah ketiga untuk mengaktifkan sebuah iPhone 4S adalah mengatur tiga pengaturan yang ada pada menu iPhone Set Up. Terdapat tiga opsi yang bisa Anda pilih dalam cara mengaktifkan iPhone 4S ini. Opsi pertama adalah Set Up New iPhone, yang artinya bahwa iPhone yang Anda gunakan saat ini adalah iPhone baru dan pertama bagi Anda. Opsi kedua adalah Restore from iCloud Backup, opsi ini berlaku jika Anda sebelumnya telah menggunakan layanan iCloud. Anda dapat men-download data dari iCloud milik Anda ke iPhone. Dan yang terakhir adalah Restore from iTunes Backup, pilihan ini tida jauh berbeda dengan pilihan Restore from iCloud Backup di mana hanya bisa dilakukan ketika Anda sebelumnya telah memiliki iPhone.

Membuat ID Apple

Langkah keempat cara mengaktifkan iPhone adalah membuat ID Apple. Akun Apple yang Anda buat akan memberikan berbagai manfaat kepada Anda. ID Apple memungkinkan Anda untuk mengakses iTunes atau menggunakan layanan iCloud. Cara untuk membuat ID Apple sendiri, Anda hanya perlu memasukkan beberapa informasi yang dibutuhkan, antara lain data tanggal lahir, nama dan alamat email.

Mengaktifkan Layanan iCloud

Langkah berikutnya dalam cara mengaktifkan iPhone 4S adalah pilihan untuk mengatur iCloud. Sebelumnya, Anda diharuskan untuk menyetujui penggunaan aplikasi ini dengan syarat yang diajukan. Setelah Anda setuju untuk menggunakan layanan iCloud, maka Anda bisa mengakses layanan komputasi awan iCloud. Jika Anda setuju, Anda hanya tinggal menekan tombol ON. Jika Anda menyetujui untuk menggunakan layanan ini, maka iCloud akan mem-backup data yang terdapat di iPhone 4S setiap harinya melalui jaringan WiFi.

Mengaktifkan Siri

Siri adalah fitur yang paling menyenangkan di iPhone 4S. Paseban tentunya sangat merekomendasikan kepada Anda untuk mengaktifkan fitur ini.

Find My Phone dan Akhiri Aktivasi

Find My Phone sangat berguna ketika Anda kehilangan iPhone milik Anda atau ketika ada seorang pencuri yang mencuri smartphone Anda tersebut. Selanjutnya, Apple akan meminta Anda untuk membagikan informasi mengenai iPhone yang Anda miliki. Namun tenang saja, yang dibagikan di sini bukanlah informasi pribadi, melainkan informasi mengenai apakah iPhone Anda dapat bekerja atau crash. Jika langkah terakhir cara mengaktifkan iPhone ini sudah Anda lakukan, maka Anda tinggal menggunakan iPhone sesuai dengan keinginan Anda. Selamat ber-iPhone ria! [IB]