Sejarah Microsoft

04 Apr 2013 13:15 | Hits: 1229

Paul Allen - Salah Satu Tokoh Dalam Sejarah Microsoft

Paul Allen - Salah Satu Tokoh Dalam Sejarah Microsoft

Paul Grahar Allen mungkin tidak sepopuler Bill Gates. Akan tetapi kontribusi Paul Allen dalam sejarah Microsoft tidak perlu dipertanyakan lagi. Miliarder pintar ini memang seorang pebisnis sejati. Tidak hanya di bidang teknologi, tetapi juga bidang lain seperti bisnis penerbangan, olahraga, dan musik pernah ia geluti. Dia juga sosok yang murah hati dengan aktif di banyak kegiatn sosial. Petualangan terbesarnya di bidang bisnis bersama Bill Gates dimulai pada tahun 1974 saat musim dingin di mana dia baru saka membeli majalah teknologi, Popular Electronik, dan menunjukkannya kepada Gates, sahabatnya.

Majalah itu mengulas tentang PC Altair 8800 yang merupakan PC pertama di dunia. Waktu itu, Altair sendiri belum bisa menjalankan perangkat lunak apa pun. Menyadari mereka berdua adalah ahli pemrogrman, tanpa mengenanal Altair ini secara langsung, Gates dan Paul Allen membuat bahasa pemrograman untuk Altair. Kerja sama Paul Allen dan Gates inilah yang menghasilkan BASIC yang merupakan cikal berdirinya Microsoft. Selanjutnya, karena seirng membuat bahasa pemrograman untuk Altair, mereka berdua di kontrak oleh perusahaan teknologi tersebut sebagai pemasok tetap bahasa pemrograman yang bertugas membuat software untuk Allen. Awal sejarah Microsoft ini dijelaskan Allen melalui bukunya yang berjudul Idea Man.

Sebagian besar orang di dunia mengenal pendiri Microsoft adalah Bill Gates tetapi peran Paul Allen sediri di balik Microsoft tidak kalah pentingnya dengan sahabatnya tesebut karena pada dasarnya, Allen adalah tokoh penting di balik semua yang terjadi Microsoft. Menguasai berbagai infrstruktur software secara umum, Paul Allen lah yang telah menyediakan semua perlengkapan yang mendukung pegembanagn software di Microsoft. Saat Apple meluncurkan komputer Apple II yang memiliki prosesor yang tidak kompatibel dengan Microsoft, Allen memiliki gagasan besar dengan mengembangkan bentuk kartu plug-in.

Generasi Microsoft Softcard Z-80

Untuk mewujudkan gagasan tersebut, Allen, gates beserta Tim Petterson dari Seattle Computer bersama-sama menciptakan sebuah peralatan baru yaitu Microsoft Softcard Z-80. Kartu plug-in ini membuat software yang dibuat untuk komputer non Apple, bisa diaplikasikan di komputer Apple. Selain itu, Paul Allen juga merupakan tokoh penting dibalik kerja sama IBM dan Microsoft. Dia bersama Gates bersama-sama mebuat dan mengembangkan coding untuk bahasa pemrograman. Saat bekerja sama dengan IBM, Microsoft belum memiliki bahasa pemrograman apa pun. Saat itu di Seattle telah ada perusahaan kecil yang mengembangkan bahasa pemrograman yang dikenal sebagai QDOS yang memilki kepanjangan Qick and Dirty Operation System.

Di sinilah sebenarnya peran penting Paul Allen dalam perkembangan dasar sistem operasi Microsoft. Sebagai orang yang telah mengenal perusahaan di Seattle tersebut, dia atas nama Microsoft melakukan negosiasi untuk membeli hak cipta QDOS. Setelah membeli hak ciptanya, Microsoft kemudian mulai mengembangkannya menjadi MS-DOS (Microsoft Disk Operating System) dan menawarkannya kepada IBM. Setalah itu, IBM merupakan standar perangkat jeras untuk hardware koputer sementara MS-DOS adalah standar untuk sistem operasinya. Dari kerja sama ini, Microsoft semakin berkembang dan mendapatkan banyak keuntungan dari sini.

Resign karena Sakit

Sayangnya kerja sama dengan Bill Gates di Microsoft hanya berlangsung delapan tahun karena pada tahun 1983 Paul Allen resmi mengundurkan diri dari Microsoft karena dua alasan utama. Yang pertama karena dia mengidap sejenis penyakit Kanker yang bernama Hodkin Lymphoma. Dan yang kedua, dia dan Gates sudah tidak cocok lagi bekerja sama di Microsoft

Meskipun sudah tidak di Microsoft, Tim Allen telah melakukan banyak hal penting dalam hidupnya, antara lain membangun perusahaan investasi Vulcan, Inc, membeli tim football Seattle Seahawks dan tim basket Portland Trail Blazers. Dia juga ikut berinvestasi di America Online dan di DreamWorks yang merupakan perusahaan studio film besar di Amerika Serikat. Selain itu dia juga berperan besar dalam pembuatan Allen Institute for Brain Science, dan perusahaan penerbangan, Stratolaunch Systems.

Terkaya Nomor 20

Dengan kekeyaannya yang mencapai 15 miliar dollar AS, Paul Allen adalah orang terkaya nomor 20 versi FORBES 400 pada tahun 2012. Forbes 400 adalah daftar orang terkaya di negeri Paman Sam.[MER]