Cara Membuat Password

29 Jan 2012 15:00 | Hits: 6933

Cara Membuat Password Paling Aman dari Hacker dengan LastPass

Cara Membuat Password Paling Aman dari Hacker dengan LastPass

Anda pasti sering menemukan password akun email, akun jejaring sosial, jaringan WiFi di-hack oleh seseorang. Hal ini secara garis dikarenakan oleh dua hal: hacker saat ini memiliki banyak teknik canggih untuk menemukan suatu password dan lemahnya password yang diciptakan oleh pengguna. Kita tentu saja tidak bisa membendung teknik canggih para hacker ini, tetapi kita bisa melindungi diri kita sebaik mungkin dengan cara membuat password yang aman.

Paseban pernah membahas tentang cara membuat password yang aman dengan menciptakan password yang panjang dan terdiri dari abjad, angka, dan karakter spesial. Tetapi terdapat satu kasus yang membuat upaya ini menjadi masih kurang aman. Kasus terbaru yang muncul adalah sistem lebih besar dalam bentuk perusahaan, DreamHost (Web Hosting) dan Zappos (toko online sepatu dan pakaian), di bobol oleh hacker. Tentu saja dengan hal ini secara otomatis semua akun pengguna atau pelanggan layanan tersebut berada di tangan hacker. Dalam kasus ini, setelah layanan tersebut melakukan pembenahan, semua pengguna atau pelanggan diminta untuk mengganti password demi keamanan mereka.

Dari kasus diatas dapat ditarik suatu solusi baru bahwa cara membuat password aman sebagai pelengkap menciptakan password yang panjang dan terdiri dari abjad, angka, dan karakter spesial, adalah selalu meng-update atau mengganti password secara berkala. Dengan cara ini hacker akan susah untuk mendapatkan password yang benar karena ia selalu berganti. Tetapi muncul lagi satu kelemahan dari teknik ini, apabila hacker menyerang pusat sistem layanan akun—contoh Facebook atau Yahoo dibobol—dan membuat pengguna tidak bisa mengakses akun, bagaimana cara untuk selalu meng-update atau mengganti password ?

Jawaban masalah tersebut mengarah pada solusi cara membuat password paling aman saat ini, dalam tataran pengguna, yaitu menciptakan autentikasi ganda. Sejauh ini teknik autentikasi ganda hanya dimiliki oleh Google, di mana untuk mengakses akun Google Anda bisa memasukkan password pertama, kemudian Google akan meminta password kedua — yang selalu berubah — dari aplikasi Android Google Authenticator. Sekali lagi pertanyaan lain muncul, bagaimana untuk situs atau layanan lain yang non-Google?

Cara membuat password dengan autentikasi ganda pada situs atau layanan lain, Anda bisa menggunakan software bernama LastPass. LastPass adalah software cross-platform password manager yang bisa membantu Anda untuk menciptakan dan me-manage password unik untuk semua situs atau layanan. Software ini tersedia untuk Mac, Windows, Linux, dan bahkan perangkat mobile, Anda bisa download software untuk berbagai platform di sini.

Kenapa Paseban memilih LastPass dalam artikel cara membuat password aman ini adalah karena ia bisa digunakan bersama dengan Google Authenticator. Jadi logikanya sistem kerja LastPass adalah sebagai berikut:

  • LastPass terinstal dan terintegrasi pada perangkat Anda.

  • Setelah Anda menciptakan akun LastPass, selanjutnya Anda bisa menambahkan situs dan memasukkan akun berbagai situs, username, dan password yang kemudian disimpan di server LatsPass.

    Terdapat cara membuat password aman dengan satu kali klik pada LastPass, dan Anda memiliki akses untuk melihat semua data akun yang Anda miliki. Data ini telah terenkripsi sehingga LastPass sendiri tidak bisa melihatnya. Proses Enkripsi/deskripsi, sebelum tersimpan di server, terjadi di komputer Anda jadi data penting tersebut tidak perlu melalui internet. Karena data tersebut tersimpan di server, teknologi cloud, sistem keamanan akses tidak hanya pada satu komputer saja, tetapi semua komputer. Data hasil enkripsi ini juga tersimpan di komputer Anda dan bisa diakses secara offline dengan browser, just in case Anda dalam suatu kondisi tidak bisa mengakses internet.

  • Setelah itu semua proses autentikasi akan berlangsung melalui LastPass, Anda hanya perlu memasukkan username dan password LastPass untuk mengakses semua akun yang Anda miliki.

  • Anda bisa setting akses akun LastPass untuk memiliki autentikasi ganda. Terdapat beberapa cara yang LastPass sediakan dan salah satunya adalah Google Authenticator.

Demikianlah cara membuat password paling aman untuk saat ini dengan teknik autentikasi ganda. Apabila Anda ingin mengetahui lebih dalam lagi tentang LastPass, kunjungi user guide lengkapnya di sini. [RY]