Hemat Internet

27 Jan 2012 13:00 | Hits: 7729

Tips Hemat Internet via Tablet dan Smartphone

Tips Hemat Internet via Tablet dan Smartphone

Saat ini layanan Internet memang banyak disediakan oleh para operator telepon di tanah air. Indosat, XL, dan Telkomsel serta operator telepon lainnya berlomba-lomba untuk menawarkan paket hemat Internet kepada para pelanggannya. Dalam promonya, mereka mengatakan bahwa paket yang mereka tawarkan adalah paket Internet unlimited. Namun ternyata faktanya tidak demikian.

Para operator telepon tersebut sebenarnya memberi jatah tertentu untuk masing-masing pelanggan. Jika jatah bandwidth dari seorang pelanggan sudah melewati batas, maka kecepatan Internet milik pelanggan tersebut pun akan menurun drastis dibandingkan dengan kecepatan normal. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui langkah-langkah tertentu agar penggunaan Internet tidak boros. Berikut ini Paseban menghadirkan beberapa tips hemat Internet yang bisa Anda ikuti.

Pergunakan WiFi

Saat ini, banyak pihak-pihak yang menyediakan hotspot gratis. Dari sebuah kampus, restoran hingga perkantoran pun menyediakan fasilitas WiFi. Terlebih saat ini banyak smartphone yang dilengkapi dengan sarana WiFi. Jangan ragu-ragu untuk menyalakan fitur WiFi jika menemukan sebuah hotspot. Dengan menggunakan WiFi, konsumsi data dari paket hemat Internet yang Anda punyai akan berkurang drastis. Apalagi ketika Anda butuh untuk membuka sebuah situs-situs yang cukup berat.

Menggunakan Server Assisted Browser

Seringkali ketika menggunakan sebuah browser, maka tampilan dasar dari browser tersebut mempunyai fitur yang serupa dengan versi desktop. Tentunya, hal ini memberikan konsumsi data paket Internet yang cukup banyak. Tips hemat Internet untuk kasus yang satu ini adalah dengan menggunakan server assisted browser. Browser jenis ini melakukan proses rendering pada server dan mengubahnya menjadi paket bilangan biner yang membuat akses Internet menjadi lebih hemat dan cepat. Browser yang termasuk sebagai server assisted browser antara lain adalah Skyfire dan Opera Mini.

Membuka Email Lebih Lama

Sering kali pengguna smartphone terbiasa untuk membuka email secara berulang-ulang dalam beberapa rentang waktu. Padahal ketika Anda membuka email secara berulang-ulang setiap 5 menit, maka jumlah data yang diunduh pun akan semakin banyak. Dengan cara membuka email lebih lama, berjam-jam misalnya, maka paket hemat Internet yang Anda miliki pun bisa digunakan lebih lama.

Hindari Streaming Video HQ

Jika Anda termasuk sebagai salah satu orang yang gemar melakukan streaming video di Youtube, maka tips hemat Internet untuk Anda adalah jangan sekali-kali melakukan streaming video HQ. Sebaiknya Anda mengubah opsi sebuah video di Youtube untuk dialihkan ke kualitas yang paling rendah. Dengan melakukan hal ini, maka Anda dapat menghemat akses Internet di smarpthone maupun di tablet Anda.

Lakukan Update Aplikasi Secara Manual

Tips hemat Internet yang terakhir adalah opsi untuk melakukan update sebuah aplikasi secara manual. Kadangkala, ketika muncul sebuah notifikasi update software, para pemilik smartphone langsung melakukan update tanpa pikir panjang. Padahal, bisa saja file update sebuah aplikasi ataupun software tersbut memiliki ukuran yang cukup besar. Oleh karena itu alangkah bijaknya jika Anda melakukan update sebuah software menggunakan fasilitas WiFi. [IB]