Pixlr

26 Jan 2012 15:00 | Hits: 3198

Pixlr - Edit Foto Anda Menjadi Unik dan Menarik Secara Gratis

Pixlr - Edit Foto Anda Menjadi Unik dan Menarik Secara Gratis

Para pecinta fotografi seringkali kesulitan menciptakan foto yang unik dan menarik. Di berbagai situs jejaring sosial, orang-orang seperti berlomba menampilkan tampilan uniknya. Banyak sekali aplikasi yang dapat membantu Anda agar dapat menciptakan sebuah foto unik. Pun dengan software pengolahan foto. Tapi, tidak semua orang memilki perangkat yang dapat menunjang proses pengolahan foto tersebut. Bagi Anda yang sering berselancar di Internet, kali ini Anda dapat mengolah foto menjadi unik langsung secara online.

Nama situs yang menyediakan layanan gratis pengolahan foto tersebut adalah Pixlr yang beralamat di http://www.pixlr.com/. Pixlr memang telah dikenal mampu mengolah foto biasa menjadi unik dan menarik. Situs tersebut memiliki banyak pilihan efek dan frame agar Anda dapat banyak bereksperimen untuk mendapatkan hasil yang menarik.

Pixlr memiliki dua fitur pengolahan foto. Yang pertama adalah Photo Editor. Ketika memasuki fitur pertama ini, Anda akan disambut oleh menu di mana Anda dapat memilih foto mana yang akan diolah. Anda dapat memilih Create a new image bila ingin memulainya dengan latar yang kosong. Pixlr.com memang diakses secara online, tetapi ia pun dapat mengolah data dari komputer Anda dengan cara memilih Open image from computer. Bahkan, situs ini pun dapat mengolah foto dari dari berbagai situs atau penyimpanan foto di jejaring sosial seperti Facebook.

Kesan pertama yang akan Anda dapatkan ketika membuka Pixlr foto editor ini adalah tampilan yang mirip dengan Adobe Photoshop. Tentunya untuk para pengguna Photoshop, Anda tidak perlu terlalu lama mempelajari tools dan fasilitas lainnya di situs ini.

Fitur kedua yang Pixlr hadirkan adalah Retro Vintage Effect atau lebih dikenal dengan Pixlr-o-matic. Sesuai namanya, fitur ini dilengkapi dengan berbagai macam efek foto jadul yang dapat diakses secara otomatis. Anda akan mendapatkan efek hanya dengan sekali klik saja. Saat pertama kali masuk ke halaman Pixlr-o-matic, Anda dapat memilih foto dari media penyimpanan di komputer, atau langsung melalui webcam. Anda pun dapat melakukan percobaan terlebih dahulu menggunakan foto-foto yang telah Pixlr sediakan. Ketika telah memasukkan foto yang akan diolah, Anda dapat langsung memilih berbagai macam efek warna yang unik. Efek tersebut memiliki nama sesuai dengan penciptanya.

Pixlr-o-matic seperti sebuah 'kamar gelap' tempat mengolah foto. Setelah memilih efek warna tersebut, Anda akan disuguhkan dengan berbagai macam pilihan efek cahaya. Dari mulai efek cahaya bintang hingga api. Bila dirasa sudah cocok dan unik, Anda dapat masuk ke dalam proses pengolahan terakhir yaitu pemasangan frame. Karena fitur ini bernuansa vintage, frame-frame fotonya pun banyak menampilkan frame dari film yang biasa digunakan oleh kamera manual.

Untuk mengabadikan keunikan olahan foto situs ini, Anda dapat langsung menyimpannya ke komputer atau langsung membagikan link foto yang telah disediakan oleh Pixlr. Selamat mencoba! [MS]