Cara Mengatasi Spam

24 Jan 2012 16:00 | Hits: 17880

Cara Mengatasi Spam Pada Akun Email yang Dihack

Cara Mengatasi Spam Pada Akun Email yang Dihack

Setiap penyedia layanan email, pada umumnya telah menyediakan fitur mengenai cara mengatasi spam. Apabila Anda mendapatkan email spam yang umumnya berisi iklan, setiap layanan email telah menyediakan fitur spam di mana Anda bisa memblokir sang pengirim dan kedepannya email dari pengirim tersebut tidak akan masuk ke kotak masuk tetapi langsung ke kotak spam.

Tetapi dalam perkembangannya, masalah spam tidak berhenti sampai disini, bahkan berkembang pada hal yang bisa disebut sebagai hacking email (mendapatkan username dan password email) atau spoofing (berpura-pura menjadi orang lain).

Pada suatu kasus, terdapat keluhan pengguna yang mengatakan alamat email pribadinya digunakan oleh hacker untuk mengirim spam kepada semua kontak email miliknya. Bagaimana cara mengatasi spam yang lebih komplek ini? Berikut Paseban hadirkan solusinya.

Melacak lokasi spammer

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan dalam cara mengatasi spam adalah dengan menemukan IP address si pengirim email spam. Pada email header sebenarnya terdapat berbagai macam informasi di mana Anda bisa melacak perjalanan email seperti Anda melacak perjalanan pengiriman paket barang. Secara default memang hampir semua layanan email menyembunyikan atau tidak menampilkan informasi ini, dengan asumsi bahwa pengguna tidak perlu melihat proses tersebut. Tetapi layanan email juga biasanya menyediakan pilihan apabila pengguna ingin mengakses informasi tersebut, berikut caranya:

"¢ Gmail. Akses email spam -> klik tanda panah ke bawah di samping reply -> pilih Show Original.

"¢ Yahoo mail. Akses email spam -> klik pilihan more action -> pilih view full header.

Dan untuk melihat IP address spammer pada layanan email lain seperti Hotmail, Apple Mail dan sebagainya tidak jauh berbeda dengan langkah-langkah pada layanan email populer di atas. Yang harus Anda temukan adalah kata received from, dan pada baris yang sama Anda bisa menemukan IP address si pengirim email.

Dari IP address spammer yang sudah Anda ketahui, langkah dalam cara mengatasi spam selanjutnya adalah dengan mendeteksi keberadaan si pengirim email dengan menggunakan situs http://www.dnsstuff.com/. Pada situs ini, carilah kata WHOIS Lookup lalu masukkan IP address pada kolom yang tersedia. Nantinya, informasi mengenai lokasi, Negara dan kota pengirim email, serta beberapa informasi lainnya bisa Anda dapatkan di situs ini.

Setelah Anda mendapatkan segala informasi yang diperlukan selanjutnya Anda bisa menindak lanjuti. Tetapi, satu hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan tindak lanjut. Kelemahan pada cara mengatasi spam dengan melacak IP address ini adalah, sang pengirim bisa melakukan hacking email atau spoofing dari tempat manapun, contoh: akses Internet publik atau IP address akan mengarahkan pada penyedia layanan Internet yang digunakan. Jadi IP address ini belum tentu akurat milik spammer tersebut.

Cek aktivitas akun email Anda
Cara mengatasi spam kedua adalah cek aktivitas akun email Anda. Jawaban apakah akun email Anda telah di-hack atau tidak adalah dengan cek history yang bisa Anda lakukan dengan langkah sebagai berikut:

"¢ Gmail. Klik Details yang berada pada bagian paling bawah dari kotak inbox email. Selanjutnya, pop-up window akan muncul dan menampilkan list informasi IP address yang telah mengakses akun email Anda. Informasi tersebut terdiri dari tipe akses (browser, mobile dan lain-lain), lokasi dan IP addresses serta waktu akses.

"¢ Yahoo Mail. Klik nama akun Anda -> pilih account info -> pada halaman account info pilih View your recent sign in activity. Selanjutnya informasi akan ditampilkan seperti halnya pada Gmail.

Apabila pada list informasi terdapat aktivitas sign in akun email Anda yang mencurigakan, seperti lokasi akses yang berbeda, berarti akun Anda telah di hack. Dan artikel yang membahas cara mengatasi spam ini menyarankan Anda untuk segera mengganti password email dan melakukan pengecekan secara rutin untuk beberapa hari kedepan.

Cara mengatasi spam email yang telah di-spoofed, Anda bisa melakukan hal yang sama seperti di atas. Plus, cek email forwarding options pada akun Anda. Pastikan dalam setting tidak mem-forward email ke akun email lain yang tidak Anda ketahui.

Melindungi diri dari spam

Setelah melakukan kegiatan online detektif dengan dua cara mengatasi spam di atas, selanjutnya Anda harus melindungi diri dari spam yang mungkin akan terjadi lagi kedepannya. Langkah untuk melakukan hal ini cukup sederhana. Segera tandai email yang mencurigakan sebagai spam, dan jangan membalas email yang mencurigakan tersebut. That's it. [RY]