Software Penghapus File Ganda

30 Mar 2013 10:00 | Hits: 3104

Tips Mempercepat Kinerja Komputer Lambat dengan menggunakan Software Penghapus File Ganda

Tips Mempercepat Kinerja Komputer Lambat dengan menggunakan Software Penghapus File Ganda

Salah satu cara tercepat untuk menyumbat hard drive anda adalah menyimpan file-file duplikat. Seringkali, anda mungkin tidak menyadari bahwa anda memiliki file duplikat. Mereka berasal dari berbagai tempat, salinan yang tidak disengaja, file yang salah penempatan, unduhan yang berulang, dan lain-lain.

Banyaknya file duplikat ini berasal dari kebutuhan untuk menjaga file tetap "aman”, karena anda tidak ingin kehilangan mereka, jadi anda menyalinnya dan menyimpannya di suatu tempat. Sampai anda lupa di mana menyimpannya, jadi anda mengunduh salinan lain dari file tersebut. Sayangnya, duplikat ini tidak tertangkap oleh disk cleaner tertentu, yang berarti bahwa mereka akan menumpuk dari waktu ke waktu dan akhirnya membuat bagian dari memori hard drive anda tidak berguna dan akibat nya kinerja komputer menjadi lambat.

Dengan beberapa Software Penghapus File Ganda yang sederhana dan cepat ini, anda dapat mengidentifikasi dan membersihkan file duplikat dalam beberapa menit dan membebaskan banyak ruang yang anda pikir tidak anda miliki. Plus, semua alat ini dapat anda miliki secara gratis, jadi anda tidak akan rugi.

DupeGuru (Windows, Mac, Linux)

DupeGuru memiliki banyak fitur hebat, seperti ketersediaan untuk cross-platform, sepenuhnya gratis, mendukung multi-bahasa, algoritma fuzzy matching, dan anda dapat menyesuaikan perangkat yang cocok untuk menemukan file duplikat jenis tertentu.

Jadi apakah fuzzy matching itu? Pada dasarnya, meskipun ada dua file yang sama persis, mereka masih dapat memiliki nma file yang tidak cocok. Misalnya, kadang-kadang anda akan memiliki sebuah file.avi dan file(1).avi. dupeGuru dapat menemukan file-file yang sama namun tidak benar-benar sama dan mengenali bahwa file-file ini adalah duplikat.

Software penghapus file ganda ini juga memiliki dua edisi ekstra, Music Edition dan Picture Editions, yang optimal untuk menemukan duplikat file suara dan gambar - bahkan ketika mereka disimpan dalam format yang berbeda. Ini sangat berguna karena file suara dan gambar cenderung menjadi jenis file yang paling sering digandakan. Aplikasi DupeGuru ini bisa didapatkan secara gratis di situs resminya, dan tersedia untuk para pengguna Linux, Macintos, dan Windows.

Duplicate Files Finder (Windows, Linux)

Pada deskripsi software Duplicate Files Finder di situsnya, terdapat klaim yang menyatakan bahwa ini adalah sebuah software penghapus file ganda yang mencari file duplikat (file yang memiliki konten yang sama, namun tidak harus dengan nama yang sama) dan memungkinkan pengguna menghapus file duplikat, baik dengan menghapusnya atau dengan membuat tautan. Ini adalah klaim yang sederhana, bahwa anda tidak akan menemukan banyak perintah yang bertele-tele, namun semua pekerjaan selesai.

Duplicate Files Finder hanya menemukan duplikat yang tepat. Algoritmanya bekerja dengan menyortir semua file berdasarkan ukuran, kemudian membandingkan file yang berukuran sama untuk konten. Oleh karena itu, ini tidak benar-benar bagus untuk file suara dan gambar (yang dapat bervariasi dalam hal ukuran karena kompresi dan format file), tetapi untuk file jenis lainnya, aplikasi ini bekerja dengan baik.

Berkat algoritma perbandingan, Duplicate Files Finder lebih cepat dari kebanyakan alat pembersih duplikat lainnya yang menggunakan algoritma berdasarkan hashing. Terlebih aplikasi ini didapatkan secara gratis dan bisa di dapatkan disini.

AllDup (Windows)

AllDup adalah detektor file duplikat yang kuat, yang diciptakan oleh Michael Thummerer. Aplikasi ini menggunakan sejumlah kriteria (yang dapat anda sesuaikan) untuk mencari duplikat ini, seperti file names, extensions, content types, creation and modified dates, shortcuts, dan banyak lagi.

AllDup memiliki banyak fitur yang berguna dan banyak fleksibilitas dalam apa yang dapat dilakukannya, namun aplikasi ini berbayar. Interface aplikasi ini tidak begitu ramah (paling tidak pada pandangan pertama) dan ini bisa menjadi informasi yang berlebihan bagi pengguna yang tidak benar-benar tech-savvy. Namun, jika anda bisa mendapatkan lebih, ini akan menjadi tambahan yang bagus untuk toolbox pemeliharaan komputer anda. Untuk menggunakannya aplikasi AllDup ini bisa didapatkan disitus resmi dari AllDup.

Duplicate Cleaner (Windows)

Duplicate Cleaner membutuhkan lebih dari konfigurasi manual sebelum anda dapat memperoleh keuntungan penuh dari aplikasi ini, namun setelah anda mengaturnya dengan benar, aplikasi ini sangat kuat dan sangat mudah digunakan.

Setup manual aplikasi ini hadir dalam bentuk membangun direktori mana yang benar-benar anda inginkan untuk mencari duplikat. Alih-alih memindai seluruh komputer (yang bisa memakan waktu lama tergantung pada seberapa besar drive anda), anda dapat menentukan di mana mencari file tersebut. Duplicate Cleaner mencari setiap duplikat dalam volumenya, kemudian menyajikan anda daftar duplikat tersebut.

Dengan file duplikat, anda dapat menghapusnya, memindahkannya ke direktori terpisah, atau menghapus duplikat tersebut dan meninggalkan cara pintas. Secara keseluruhan, bagian penting software melakukan seperti apa yang dijanjikannya. Untuk informasi lebih lanjut dan cara mendownloadnya bisa mengunjungi situs resminya. [RIC]