Kode Rahasia Handphone

18 Jan 2012 21:00 | Hits: 105595

Kode Rahasia Handphone dari Brand Mobile Ternama: Nokia, Samsung, Sony Ericsson, LG dan Motorola

Kode Rahasia Handphone dari Brand Mobile Ternama: Nokia, Samsung, Sony Ericsson, LG dan Motorola

Ternyata, tidak hanya handphone Android saja yang memiliki kode-kode rahasia yang sebelumnya telah Paseban bahas sebelumnya, tetapi hampir semua handphone memiliki kode rahasianya masing-masing untuk meng-input-kan beberapa perintah dalam mengecek beberapa hal pada perangkat Anda.

Oleh sebab itu, berikut ini Paseban hadirkan kode rahasia handphone yang terdapat pada kelima vendor ponsel ternama du dunia, dengan harapan bahwa kode tersebut dapat membantu Anda dalam mengecek pembelian handphone baru, atau tujuan lainnya.

Kode Rahasia Handphone Nokia

Kode rahasia handphone Nokia, secara umum bisa digunakan pada berbagai jenis tipe handphone Nokia. Selain kode handphone Nokia di bawah yang akan disebutkan oleh Paseban, sebenarnya masih banyak kode rahasia handphone lain dengan fungsi yang lebih spesifik dan berbeda-beda pada setiap tipe handphone-nya.

*#06#, merupakan kode yang paling umum pada ponsel pabrikan Nokia (bahkan juga berfungsi pada ponsel pabrikan vendor lain, dan Paseban mencobanya pada ponsel Samsung serta berfungsi dengan baik). Kode rahasia handphone Nokia ini berfungsi untuk melihat IMEI (Internasional Mobile Equipment Identity). Cocokkan IMEI yang muncul setelah memencet kode ini dengan IMEI yang ada di dus ponsel saat membeli ponsel baru.

*#0000# atau *#9999# atau #3110# adalah kode rahasia handphone Nokia yang berfungsi untuk menampilkan informasi firmware handphone. Firmware secara umum merupakan fungsi operasional tingkat dasar yang sangat penting, di mana tanpanya sebuah perangkat tidak akan berfungsi sama sekali. Contoh hasil dari kode rahasia ini adalah sebagai berikut:

  • V 05.31 = versi firmware

  • 18-02-99 = tanggal firmware rilis

  • NSE-3 = tipe handphone

Selain kode yang relah disebutkan, kode *#2820# juga memiliki fungsi untuk melihat IP address perangkat Bluetooth. Kode rahasia handphone Nokia ini berfungsi apabila ponsel Nokia Anda mendukung fitur Bluetooth.

*#7760#, kode rahasia handphone Nokia yang berfungsi untuk menampilkan kode pabrikan atau Product Serial Number.

Kode Rahasia Handphone Samsung

Selain kode *#06#, kode rahasia handphone Samsung ini tidak bersifat umum seperti halnya pada Nokia, dalam artian tidak semua tipe handphone Samsung bisa menggunakannya. Kode-kode rahasia tersebut di antaranya:

  • *#06# untu melihat IMEI

  • *#99984357# *Help Menu

  • **9998*5282# Setting Java Server

  • *#9999#0# Melihat monitor mode

  • *#9999# Sofware version

  • *#8888# Hardware version

  • *#8999*638# Menunjukkan info network

  • *#0001# Menunjukkan serial parameter

  • *#9998*228# Melihat kapasitas baterai

  • *#9998*76# Nomor produksi

Kode Rahasia Handphone Sony Ericsson

Untuk mengecek nomor IMEI pada Sony Ericsson masih menggunakan kode *#06#. Sementara kode rahasia handphone Sony Ericsson lainnya sedikit berbeda dengan vendor handphone lainnnya, di mana ia tidak menggunakan kode rahasia berupa angka, melainkan tombol arah atau joystick. Tombol tersebut memiliki satu menu yang bisa mengakses semua informasi yang diperlukan.

simbol yang berarti gunakan tombol alarm atau joystick, -> ke arah kanan dan <- berarti ke arah kiri. Pada menu kode rahasia handphone Sony Ericsson ini Anda bisa menemukan berbagai macam informasi seperti model handphone, info software, IMEI, info configurasi, status sim lock, waktu real time, total waktu panggilan dan lain sebagainya.

Anda juga bisa mengecek kondisi hardware yang dilakukan dari menu layar utama, kamera, LED /lampu latar, Flash LED, keyboard, earphone, speaker, microphone, radio dan fungsi getar.

Kode Rahasia Handphone LG

Nampaknya, kode rahasia *#06# menjadi kode umum bagi semua mereka ponsel, LG pun menggunakan kode ini untuk mengecek IMEI. Sementara untuk kode rahasia handphone LG lainnya adalah sebagai berikut, dengan catatan belum tentu semua tipe bisa mengaksesnya:

2945#*# adalah kode rahasia handphone LG yang merupakan menu utama untuk test mode. Dari menu ini, Anda bisa melakukan tes pada beberapa hardware handphone LG Anda.

2945*#01*# adalah kode rahasia handphone LG untuk menampilkan menu rahasia di mana Anda bisa menemukan berbagai macam informasi. Sedangkan kode *#07# juga bisa digunakan untuk mengecek cek IMEI sekaligus mengetahui informasi software pada handphone LG. Dan terakhir adalah kode rahasia handphone LG *8375# yang berfungsi untuk mengecek versi software saja.

Kode rahasia handphone Motorola

Kode rahasia handphone Motorola agak sedikit rumit, serta antara satu tipe dan lainnya sangat berbeda. Selain itu kodenya berbentuk unik, berbeda dengan merek handphone lainnya. Motorola menggunakan symbol p (pause) yang bisa diakses dengan menekan dan menahan tombol binang [*]pada perangkat Motorola Anda.

Sementara *#06# masih berfungsi sebagai kode untuk mengecek IMEI, beberapa tipe perangkat Motorola menggunakan kode rahasia handphone 'ppp113p1p' untuk melihat menu rahasia utama. Lalu pada tipe lain, kode rahasia handphone Motorola menggunakan simbol standar seperti yang tertera di bawah ini:

  • *#300# OK untuk menampilkan versi software dan hardware.

  • *#301# OK untuk fungsi test keypad.

Itulah kode rahasia handphone pada berbagai merek handphone ternama. Kode ini berfungsi pada tipe ponsel biasa, bukan smartphone seperti Android. Sekali lagi Paseban tekankan bahwa kode tersebut akan berfungsi pada beberapa tipe handphone dan tidak akan berfungsi pada tipe-tipe handphone lainnya.

Cara mengetahui apakah kode tersebut berfungsi Anda bisa mengeceknya setelah Anda selesai memasukkan kode rahasia handphone tersebut, dan secara otomatis Anda akan diarahkan pada menu yang dituju, tanpa harus menekan tombol Call atau tombol lainnya kecuali pada Motorola di mana Anda harus menekan tombol OK. Apabila setelah Anda memasukkan kode rahasia handphone yang umumnya diakhiri tanda bintang [*] atau pagar [#] tetapi tidak terjadi apa-apa, berarti kode tersebut tidak berfungsi pada tipe handphone Anda. [RY]