Membuat Storyboard

03 Apr 2013 10:45 | Hits: 6225

Tips dan Trik Menjadikan Android Anda Sebagai Sarana Membuat Storyboard Dengan Cepat dan Mudah

Dalam proses pembuatan video ataupun film ada satu aspek yang sebenarnya penting untuk dilakukan. Sebelum memulai proses syuting, pastilah sudah memiliki jalan ceritanya sendiri (story line). Jalan cerita sendiri umumnya hanya berbentuk teks belaka sehingga selain orang yang membuat jalan cerita tersebut pasti akan sulit membayangkan apa-apa saja yang akan terjadi. Sehingga dibutuhkan Storyboard agar semua orang yang membaca jalan cerita memiliki pemikiran bayangan yang sama. Storyboard ini bentuknya seperti panel-panel komik yang berisikan bagaimana karakter akan bergerak, angle kamera dan hal-hal detail lainnya. Bagi Anda yang jago menggambar storyboard merupakan hal yang mudah namun bagaimana dengan orang yang tidak mahir menggambar atau tidak pede dengan hasil gambarnya sendiri. Nah, bagi Anda yang ingin membuat storyboard dengan bantuan software, berikut Paseban sajikan review beberapa software tersebut baik untuk PC, Android, iOS ataupun Mac.

StoryBoard Quick Direct

Aplikasi storyboard ini merupakan versi mobile application dari software StoryBoard Quick yang dikembangkan oleh Power Production Software. Aplikasi yang satu ini sangat berguna untuk membuat atau menunjukkan stroryboard Anda dimanapun ANda berada. Ada beberapa fitur yang tersedia di StoryBoard Quick Direct: Casting Call untuk memposisikan dan merotrasikan para actor; Direct The Action, Anda bisa melakukan zoom in/ zoom out ataupun mengatur pergerakan kamera; Caption This, Anda bisa menambahkan sedikit catatan/ komentar; Motion, akan membantu Anda menampilkan slide secara motion di Android; dan Get On Overview akan menampilkan slide secara thumbnails sehingga memungkinkan untuk mengatur kembali urutan slide. Download di sini.

Storyboarder

Walaupun umumnya stroryboard dibuat melalui menggambar, tetapi ada juga alternative lain yaitu dengan menggunakan foto atau gambar yans sudah tersedia di internet. Dengan bantuan aplikasi Storyboarder dari Mills James Production, ANda bisa membuat dan membagi storyboard secara instant dengan hanya mengatur foto-foto sesuai urutan gerakan yang diinginkan. Setelah Anda selesai mengatur foto-foto tersebut maka secara otomatis file akan tersimpan dalam PDF file dan bisa di kirim ke dalam e-mail atau dropbox. Storyboarder juga menyediakan fitur Visual Shopping dan Property list, Organisasi dari shoot utama untuk kepentingan casting, dan panduan lokasi sekaligus situs internet untuk dokumentasi survey. Download di sini.

Shot Designer

Salah satu kelebihan dari membuat storyboard selain dapat menvisualisasikan ide cerita juga berguna untuk menentukan angle kamera dan aplikasi Shot Designer dari Hollywood Camera Work LLC didesain untuk memnuhi kebutuhan tersebut. Berfokus pada ground-breaking tool untuk director dan producer, Shot Designer bisa digunakan sebagai animated camera diagrams yang terintegrasi dengan shot list, storyboards, dan professional diresctor’s viewfinder. Semua fitur yang ada di aplikasi Shot Designer memang benar-benar memenuhi kebutuhan Anda dalam hal merencanakan jalannya proses shooting dan fitur-fitur standar di atas bisa dinikmati dengan gratis di free version Shot Designer dan jika Anda ingin mengupgradenya ke pro version, Anda bisa mendapatkan fitur tambahan seperti File Management, PDF/JPG/Excel export, dan lainnya. Download di sini.

Comic Strip It!

Jika Anda perhatikan lebih lanjut, membuat storyboad bisa dibilang hampir mirip dengan membuat komik karena sama-sama menggambarkan pergerakan pergerakan dan sudut pandang suatu karakter atau keadaan. Sama dengan aplikasi membuar storyboard lainnya yaitu dengan memanfaatkan foto atau gambar yang Anda miliki di Android atau dari internet lalu memasukkannya ke Comic Strip It! Anda langsung bisa memposisikan, meresize atau merotasi setiap frame foto yang ada untuk menghasilkan hasil yang maksimal. Seperti layaknya membuat komik, Anda bisa menambahkan caption, title, speech bubble untuk komik atau storyboard bikinan Anda dan Anda bisa menambahkan image effect sehingga lebih berkesan ‘komik’. Aplikasi Comic Strip It! dari pengembang Roundwood Studios ini tersedia dalam dua macam yaitu Lite dan Pro. Untuk versi Lite-nya sendiri sudah menyediakan satu jenis speech balloon, dua jenis frame size dan dua puluh image-fx yang bisa dinikmati gratis. Sedangkan untuk Pro version-nya hanya berbeda dalam hal jumlah macam-macam speech bubble dan frame size saja. Download di sini. [HMD]