LG Mobile Phone

18 Jan 2012 15:30 | Hits: 6244

Sejarah LG Mobile Phone dari Pertama Hingga Sekarang

Sejarah LG Mobile Phone dari Pertama Hingga Sekarang

LG adalah perusahaan asal Korea Selatan terbesar kedua yang memproduksi perangkat elektronik, dan juga merupakan perusahaan terbesar ketiga di dunia dalam hal penggarapan perangkat elektronik serupa.

LG mengawali usahanya pada tahun 1958, dan In Hwoo-Koo sebagai pemilik Lak Hui (perusahaan sebelum LG terbentuk) mendirikan perusahaan Goldstar. Produk-produk pertama Goldstar berupa radio, televisi, kulkas, mesin cuci, lift dan AC. Pada tahun 1960, Goldstar memperluas wilayah usahanya secara eksponensial. Selang dua tahun kemudian, pada tahun 1962, produk radio Goldstar telah sampai ke pasar besar seperti Amerika Serikat. Produk radio Goldstar tersebut merupakan radio pertama yang diciptakan oleh negara Korea Selatan.

Diikuti perkembangan positif dari penjualan radio, Goldstar semakin mengembangkan produk-produk selain radio. Pada tahun 1965 pun mereka berhasil menjadi pionir dalam pembuatan kulkas dan televisi pertama di Korea Selatan. Tetapi pada tahun 1970, seorang pengusaha bernama Koo Cha Kyun mengambil alih Goldstar. Tak lama berselang, nama perusahaan tersebut berubah menjadi Lucky. Gabungan dua perusahaan Lucky dan Goldstar tersebutlah yang menjadi cikal-bakal nama LG. Tetapi, perusahaan tersebut masih menggunakan nama Lucky hingga tahun 1980.

Di masa berakhirnya era 70-an, akhirnya LG diresmikan sebagai nama perusahaan. Singkatan huruf L dan G membetuk citra perusahaan baru dengan arti Lucky Goldstar. Setelah menggunakan nama baru, mereka terus melebarkan sayap bisnisnya ke pasaran Eropa dan berbagai negara lainnya. Perkembangan LG Mobile Phone sendiri baru dimulai sekiatar akhir penghujung abad 20. Sejak tahun 1997 LG telah mengembangkan produk telepon seluler. Kemudian, sekitar awal tahun 2000 mereka mengeluarkan LG Mobile Phone pertamanya.

Ada banyak seri ponsel yang telah ditelurkan oleh LG hingga saat ini. Seri LG Mobile Phone CE, CU, KE, KG, KP, KS, KU, MG, ME, AM, U, VX banyak tersebar di pasaran. Secara bertahap, mereka terus mengembangkan produk-produk ponselnya. LG Mobile Phone memiliki sistem komunikasi global GSM dan CDMA. LG Mobile Phone GSM contohnya seperti KE850 dan KG800, dan CDMA seperti LG VX8500 Cokelat, LG Voyager VX 10000 dan lain-lain. LG Electronics pun menambah ekspor GSM handset mobile mereka ke negara-negara Eropa seperti Italia dan Rusia. Tepat pada tahun 2003, LG tercatat sebagai produsen CDMA teratas. Sementara itu, pada tahun 2007 LG mendemonstrasikan teknologi standar 3G MIMO untuk pertama kalinya. Kemudian pada tahun 2008, perusahaan tersebut mengalami perubahan bertahap dari LG Goldstar.

Pakem 'Lucky' yang selama ini selalu menenami brand tersebut mengalami penambahan identitas dengan kalimat Life's Good di bawah logonya. Dengan perkembangan sistem operasi komputer yang tengah berkembang pada ponsel-ponsel pintar saat ini, LG pun turut menelurkan produk-produk terkini. Sebuat saja pada tahun 2011, LG meliris tablet dan ponsel Android pertamanya secara resmi. Sementara itu, pada awal tahun 2012 LG berhasil meliris tablet dengan kamera 3D pertama. Dan masih di tahun yang sama, LG akan meluncurkan smartphone pertama yang menggunakan prosesor buatan Intel. MS]