RAM Android

24 Jan 2012 08:30 | Hits: 44625

Tips dan Trik untuk Meningkatkan Kinerja RAM Android

Tips dan Trik untuk Meningkatkan Kinerja RAM Android

Tidak semua orang membeli ponsel Android dengan RAM yang besar. Kadang kita terkendala dana untuk dapat membeli sebuah RAM berkapasitas besar pada ponsel. Nah, jika Anda pengguna Android dan memiliki masalah pada RAM, seperti Ponsel sering lelet apabila membuka banyak aplikasi sekaligus atau sering hang, berikut cara mengoptimalkan RAM Andorid.

Hang atau lelet-nya sebuah ponsel 80% disebabkan karena kapasitas RAM tertalu kecil namun data yang disimpan terlalu banyak atau sering membuka aplikasi secara bersamaan. Khusus bagi Anda yang memiliki Ponsel Android dan pernah atau sering mengalami masalah seperti di atas, jangan khawatir, Anda bisa mengoptimalkan RAM Andorid sehingga masalah-masalah di atas bisa diatasi.

Cara mengoptimalkan RAM Android adalah, masukkan Script RAM Optimizer ke ponsel Android Anda. Dengan Script RAM Optimizer yang bisa diunduh di link berikut , aplikasi akan jauh lebih tertata dan teratur. Berikut ini langkah-langkah detailnya:

  1. Silakan Anda root terlebih dahulu Android Anda. Hal ini bertujuan supaya Anda bisa memasukan script ini ke dalam ponsel Android Anda. Untuk melakukan root ponsel Android, Anda bisa mengunduh file berikut. Selanjutnya pindahkan file yang di-download ke memory card Anda (jangan dalam satu folder). Kemudian silakan restart ponsel Android Anda. Setelah Ponsel Anda hidup kembali, tombol Home + tombol Power secara bersamaan agar masuk dalam recovery mode. Setelah itu, cari nama file update yang Anda download tadi di memory card, lalu klik file tersebut. Dalam recovery mode, Anda tidak dapat mengunakan layar sentuh, untuk navigasi gunakan cursor menggunakan tombol volume dan tombol Home untuk ok. Kemudian klik ok atau Home, lalu silakan restart kembali Android Anda.

  2. Extract Script Ram Optimizer dengan menggunakan aplikasi Root Explorer.

  3. Pindahkan Script Ram Optimizer ke /system/etc/init.d/. Jika belum ada folder init.d, Anda bisa membuatnya terlebih dahulu. Caranya, ubah hak akses yang ada di pojok kanan atas aplikasi Root Explorer dari RO menjadi RW. Kemudian klik Mount R/W lalu pilih new folder jika belum ada folder init.d. Anda bisa mengunduh aplikasi Root Explorer di sini (www.mediafire.com/download.php?naecvdaap9qkkcs).

  4. Kemudian restart kembali Android Anda untuk merasakan perbedaan yang telah Anda buat. Sekarang Anda telah sukses mengoptimalkan RAM Android Anda.