BlackBerry Sering Restart

16 Jan 2012 18:00 | Hits: 80013

Cara Jitu Mengatasi Masalah BlackBerry Sering Restart

Cara Jitu Mengatasi Masalah BlackBerry Sering Restart

Kejadian error pada ponsel BlackBerry kerap dijumpai oleh para pengguna smartphone asal Kanada ini. Di antara semua masalah yang paling mengganggu selain ape error adalah peristiwa BlackBerry sering restart.

Masalah tersebut biasanya terjadi akibat adanya data yang bermasalah pada BlackBerry. Bahkan ketika Anda melakukan format ulang, upgrade software, ganti baterai, hingga mencabut kartu memori, permasalahan tersebut masih saja terjadi.

Solusi untuk permasalahan BlackBerry sering restart tersebut adalah dengan menghapus (wipe) data yang bermasalah pada BlackBerry dengan menggunakan program JL_Cmder versi terbaru di sini. Selanjutnya, software BlackBerry Anda harus di-upgrade menggunakan BlackBerry Desktop Manager terbaru dan tentunya dengan firmware yang sesuai.

Sebelum melakukan beberapa langkah untuk memperbaiki BlackBerry yang sering mengalami restart, sebaiknya Anda menyiapkan hal-hal di bawah ini:

  1. Komputer Windows XP,
  2. Blackberry Desktop Manager 4,3 keatas,
  3. Installer file OS Package yang sesuai dengan perangkat BlackBerry Anda.

Setelah semua hal di atas disiapkan, Anda juga harus menyiapkan mental. Bisa saja di tengah proses, ada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Setelah itu Anda harus meng-install aplikasi BlackBerry Desktop Manager versi 4,3 atau versi di atasnya. Anda juga dapat meng-upgrade versi terbaru dari software ini tanpa harus melakukan un-install* versi sebelumnya. Lalu, lakukan restart pada komputer.

Langkah selanjutnya dalam mengatasi BlackBerry sering restart adalah dengan meng-install OS yang sesuai dengan BlackBerry Anda. Terlebih dahulu, sebaiknya Anda mengecek versi OS Package pada BlackBerry dengan cara menekan tombol alt+shift+h. Pastikan OS package yang telah diunduh atau akan diunduh adalah versi yang terbaru daripada versi yang Anda miliki sebelumnya.

Langkah ketiga untuk mengatasi BlackBerry sering restart adalah dengan menghapus file vendor.xml yang terletak pada (C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\AppLoader). Jika Anda tidak menemukan file ini, kemungkinan file ini hidden. Jadi, cek setting folder options pada komputer Anda untuk melihat file dan folder yang tersembunyi.

Berikutnya, silakan hubungkan BlackBerry milik Anda dengan PC menggunakan Desktop Manager, tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi upgrade handheld Pada halaman check list program silakan pilih sendiri program yang Anda kehendaki untuk di-install di perangkat BlackBerry Anda.

Paseban menyarankan Anda untuk memilih beberapa aplikasi yang sering digunakan saja, agar tidak sia-sia dan memenuhi kapasitas memori smartphone Anda. Yang lebih penting lagi, Anda harus memilih menu backup restore pada pilihan options ketika sedang melakukan upgrade. Proses upgrade kurang lebih akan selesai dalam waktu sekitar 30 hingga 45 menit. [IB]