Handphone Tahan Air

13 Jan 2012 16:30 | Hits: 5948

Liquipel, Teknologi Coating yang Mengubah Perangkat Mobile Anda Menjadi Handphone Tahan Air

Negara beriklim tropis seperti Indonesia memiliki curah hujan yang tinggi. Hal tersebut seringkali menjadi kendala berarti bagi para pengguna gadget. Banyak sekali ponsel-ponsel yang tidak memiliki tingkat ketahanan air yang mumpuni. Akibatnya, banyak kasus yang terbukti mengakibatkan kerusakan ponsel akibat terkena cipratan atau guyuran air. Apakah Anda pernah mengalaminya?

Bagi para pengguna gadget, air sepertinya menjadi musuh tersendiri. Berbagai jenis teknologi tahan air atau yang umum disebut sebagai teknologi anti air itu pun banyak diciptakan oleh para peneliti di dunia. Begitu juga dengan penciptaan handphone tahan air salah satunya. Namun sayangnya, keberadaan sebuah handphone yang memiliki ketahanan terhadap air ini masih sangat sedikit sekali tersedia di pasaran.

Namun kini masalah tersebut sudah terpecahkan. Semua jenis ponsel dan tablet, bisa diubah menjadi handphone tahan air, bahkan tak hanya handphone tetapi juga tablet. Caranya pun cukup mudah, Anda tinggal menggunakan teknologi coating yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan bernama Liquipel. Namun sayangnya, teknologi ini hanya bisa digunakan untuk handphone dengan merek tertentu, antara lain Apple iPhone 4S, Apple iPhone 4, Apple iPhone 3GS, HTC EVO 4G, HTC EVO Shift 4G, T-Mobile myTouch 4G, HTC ThunderBolt, Motorola DROID X, Motorola DROID X2 dan Samsung Charge.

Pihak perusahaan pun berusaha untuk menambah deretan handphone yang bisa diubah menjadi handphone tahan air menggunakan teknologi coating yang dikembangkannya. Untuk menambahkan daftar handphone tersebut, Anda juga bisa menghubungi pihak perusahaan secara langsung baik melalui email maupun melalui nomor telepon yang bisa dijumpai di situs resmi milik Liquipel di sini.

Produk yang diproduksi di California Selatan ini memang khusus mengembangkan inovasi pelindung perangkat mobile dalam beberapa tahun ke belakang. Proses yang mereka gunakan agar perangkatnya terlindungi dari air adalah dengan menggunakan lapisan pelindung yang berbentuk uap. Kemudian, pihak Liquipel akan menempatkan perangkat tersebut di dalam sebuah ruang. Ruang tersebut akan terisi dengan kumpulan uang yang akan terobligasi hingga menjadi molekul pada tingkat tertentu yang dapat melindungi perangkat pengguna. Karena uap tersebut berbentuk sangat kecil, maka ketika proses pelapisan selesai, pengguna tidak akan dapat melihat atau mendeteksi lapisan pelindung Liquipel dengan kasat mata.

Penggunaan teknologi coating ini pun cukup mudah, karena Liquipel berupa spray yang memiliki kemampuan untuk membuat lapisan pelindung kasat mata di handphone Anda tanpa harus menggunakan casing khusus. Liquipel melindungi bagian internal maupun bagian eksternal handphone dari kerusakan akibat adanya cairan.

Sebenarnya, Liquipel belum mencoba untuk menjual alatnya tersebut untuk konsumsi individu. Perusahaan ini hanya melayani proses pembuatan lapisan uap agar perangkat tersebut dapat menjadi handphone anti air. Terdapat tiga pilihan pelayanan, di antaranya yang pertama, Anda cukup merogoh kocek sebesar $59 untuk proses pelapisan selama dua hari. Kedua, Anda cukup membayar biaya tambahan sebesar $10 dan yang terakhir, dengan biaya $79 Anda akan mendapatkan lapisan transparan yang sangat tipis bernama Gadget Film. Nah, pilihan yang terakhir ini merupakan tambahan yang dapat diaplikasikan ke perangkat Anda untuk melindungi handphone dari goresan.

Sayangnya, belum adanya jaminan pasti dari pihak perusahaan terkait ketahanan pelindung lapisan Liquipel ini. Anda belum dapat mengetahui berapa lama pelindung ini dapat bertahan. Namun, untuk memuaskan rasa penasaran, tidak salah jika Anda melakukan uji coba keampuhan terhadap Liquel. Jika Anda masih penasaran dengan teknologi coating dari Liquipel dalam mengubah sebuah handphone menjadi handphone tahan air, berikut adalah video demonstrasi yang disajikan oleh perusahaan tersebut dengan mengetesnya melalui iPhone 4.

Apple iPhone 4 Water Test With LIQUIPEL

[IB/MS]