Cara Membuat Partisi Hard Disk

20 Mar 2013 18:00 | Hits: 8058

Cara Membuat Partisi Hard Disk Dengan EaseUS Partition Master Untuk Windows

Cara Membuat Partisi Hard Disk Dengan EaseUS Partition Master Untuk Windows

Ketika Anda mencari pengelola partisi hard drive, banyak orang akan setuju bahwa EaseUS Partition Master adalah alat yang bagus untuk melakukan hal ini. Mengapa? Karena ini menawarkan banyak fitur hebat, namun mudah digunakan. Jadi apakah yang dilakukan pengelola partisi hard drive? Hard drive baru biasanya hadir dengan satu unit penyimpanan yang besar yang mencakup ukuran seluruh disk. Sebuah pengelola partisi dapat membagi ruang ke dalam beberapa partisi, yang berarti dapat digunakan seperti beberapa disk. Ada banyak alasan mengapa Anda akan ingin melakukannya, misalnya untuk boot lebih dari satu sistem operasi dari hard disk yang sama, atau untuk menyimpan data pribadi secara terpisah dari sistem operasi Anda, yang berarti Anda dapat menghapus partisi sistem tanpa kehilangan file Anda.

Sekarang, bagaimana jika satu partisi menjadi terlalu kecil atau Anda membutuhkan lebih dari satu partisi? Pengelola partisi juga dapat mengubah ukuran, memindahkan dan menggabungkan partisi. Windows memang tidak menyediakan alat pengelola disk bawaan, namun software pihak ketiga biasanya menyediakan fitur tambahan. Artikel ini akan membahas tentang cara membuat partisi hard disk menggunakan EaseUS Partition Master. Perhatikan bahwa EaseUS Partition Master memiliki dua fitur lainnya, seperti EaseUSData Recovery Wizard dan EaseUS Todo Backup. Ulasan pada artikel ini hanya berfokus pada pengelolaan partisi.

Gambaran Fitur

EaseUS Partition Master memiliki fitur-fitur seperti berikut:

• Mempertahankan data dalam setiap operasi partisi.

• Mengubah ukuran atau memindahkan partisi, termasuk memperluas sistem partisi NTFS tanpa reboot.

• Menggabungkan dua partisi yang berdekatan menjadi satu yang lebih besar.

• Membuat beberapa partisi.

• Menghapus partisi (data hilang).

• Menghapus data pada ruang yang tidak terisi.

• Memformat dengan sistem file baru, termasuk FAT, NTFS, EXT2, dan EXT3 (data dihapus).

• Memformat dengan ukuran cluster baru antara 512Bytes dan 6KB (data dihapus).

• Mengubah label dan drive letter.

• Menyembunyikan partisi.

• Mengkonversi partisi utama ke logical partition dan sebaliknya.

• Mendefragmen disk atau partisi.

• Menjalankan tes permukaan disk untuk mencari bad sector.

• Membangun kembali MBR untuk boot sistem lagi.

• Mengelola partisi Linux yang diformat dengan sistem file EXT2 atau EXT3.

• Mendukung RAID hardware, beberapa perangkat penyimpanan yang dapat dilepas, hard disk standar dan disk GPT.

• Mendukung hingga partisi 2TB pada MBR dan partisi 4TB pada GPT yang berjalan di bawah Windows 2000/XP/Vista/7 SP1/8 32-bit atau 64-bit.

Gambaran Interface

Di depan dan tengah adalah semua disk yang terhubung dengan komputer Anda. Drive yang terhubung terdaftar sebagai Disk1, Disk2, dan seterusnya. Di bawah header disk, Anda akan menemukan semua partisi dari masing-masing disk dan properties-nya.

Di bawah daftar drive, Anda akan melihat peta disk, yang berisi gambaran grafis dari partisi masing-masing disk. Pada menu di sisi kiri menunjukkan semua operasi yang tersedia untuk setiap partisi. Lihat bagaimana perubahan menu saat Anda memilih partisi yang berbeda. Operasi kunci, seperti Resize/Move, Delete, atau Merge juga ditampilkan sebagai tombol pada toolbar di bagian atas. Selain itu, semua operasi dapat diakses melalui menu yang ditampilkan. Anda juga dapat mengubah apa yang Anda lihat atau bagaimana item telah diatur melalui menu View.

Menggunakan EaseUS Partition Master

Tujuan utama dari alat ini adalah untuk menciptakan, mengubah ukuran, memindahkan, menghapus atau menggabungkan partisi, dan dengan pengecualian menghapus partisi tanpa mengorbankan data yang disimpan pada setiap disk atau partisi. Setelah mengetahui interface, Anda harus mengetahui cara membuat partisi hard disk menggunakan EaseUS Partition Master. Anda dapat menguji alat ini menggunakan drive eksternal yang belum dipartisi.

Bagaimana cara membuat partisi hard disk dengan alat ini? Nah, sekarang Anda ingin membuat partisi. Perhatikan bahwa pilihan ini tidak ada. Jadi perta, Anda harus membuat beberapa ruang, dengan mengubah ukuran partisi tunggal yang sudah ada. Untuk melakukan hal ini, pilih Disk2, yang merupakan eksternal drive Anda dan klik Resize/Move. Sebuah jendela akan muncul yang memungkinkan Anda untuk mengubah ukuran dan posisi dari partisi yang dipilih.

Ambil salah satu handle berbentuk bola pada bagian kiri dan kanan partisi dan pindahkan atau ambil partisi di tengah untuk memindahkannya secara keseluruhan. Yang terakhir ini hanya akan bekerja jika ada ruang yang tidak terisi ke kiri atau kanan. Perhatikan peta disk pada update di bagian bawah, yang menunjukkan hasil dari perubahan Anda.

Jika Anda tidak ingin data Anda dipindahkan, maka buatlah unallocated space di sisi kanan dari partisi Anda dan klik OK. Anda dapat memilih unallocated space dan klik Create under Operations, atau dari pilihan pada toolbar untuk membuat partisi baru. Sebuah jendela akan muncul di mana Anda dapat memilih partition label, file system, drive letter, cluster size dan berapa banyak unallocated space yang didedikasikan untuk partisi baru. Sekali lagi, Anda dapat menggeser-geser handle berbentuk bola untuk mengubah lokasi dan ukuran dari partisi baru Anda.

Sekarang Anda memiliki partisi yang lebih kecil dan dengan data Anda dan partisi baru yang diapit oleh unallocated space. Anda dapat mengambil partisi tersebut dan memindahkannya di sekitar map disk. Anda harus memperhatikan bahwa semua ini berjalan cukup cepat. Apakah EaseUS Partition Master benar-benar membuat partisi baru dalam satu detik? Tentu tidak. Tidak ada yang operasi yang selesai dengan seketika. Semua operasi berada di Pending Operation pada bagian kiri. Anda dapat membatalkan perubahan melalui toolbar atau menu General dan setelah selesai, tekan Apply. Dengan kata lain, Anda dapat dengan aman mencobanya, tanpa membuat perubahan yang sebenarnya.

Kesimpulan

EaseUS Partition Master memiliki interface yang jelas, namun menawarkan banyak fitur canggih. Alat ini mudah digunakan dan melindungi pemula dari melakukan kesalahan. Ini berjalan dengan baik untuk mengelola disk bawaan Windows, karena alat ini lebih fleksibel. Misalnya sebuah partisi dapat diperpanjang, terlepas di mana unallocated space itu berada, hanya dengan menggeser semuanya ke tempatnya. Aplikasi ini bisa didownload di sini. [RIC]