Keyboard Hangul

13 Jan 2012 14:00 | Hits: 15246

Cara Mudah Menulis dengan Keyboard Hangul di Windows 7

Cara Mudah Menulis dengan Keyboard Hangul di Windows 7

Menguasai banyak bahasa memang paling menyenangkan. Kita bisa berkomunikasi dengan siapa pun dari negara mana pun. Apalagi dengan makin meluasnya jaringan internet, tak perlu bertatap muka secara langsung jika ingin berbincang dengan teman di luar negeri sana. Cukup menggunakan aplikasi-aplikasi messenger dan juga situs jejaring sosial.

Banyak pengguna internet yang masih bingung bagaimana menulis huruf yang berbeda dengan ejaan alFabet Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Seperti huruf Japanese, Korean atau yang biasa disebut Hangul, Mandarin dan sebagainya. Apakah harus memiliki software tersendiri untuk menggunakannya? Tentu tidak. Paseban kali ini akan memberikan cara paling mudah membuat pengaturan keyboard komputer dan laptop dengan OS Windows 7 Anda menjadi keyboard Hangul, Japanese, dan huruf alfabet serupa lainnya.

Keyboard Hangul di Windows 7 tak perlu menggunakan software tambahan dalam penggunaannya. Anda hanya perlu merubah atau sekadar menambahkan pengaturan agar keyboard tersebut bisa digunakan untuk menulis hangul dan huruf lainnya. Masuklah ke Control Panel yang ada di komputer atau laptop Anda Selanjutnya, klik Region and Language.

Setelah itu, Anda akan diberi tampilan empat bar yang terdiri atas Formats, Locations, Keyboard and Languages, dan Administrative. Pilihlah Keyboards and Languages. Jika sudah maka langkah selanjutnya adalah meng-klik Change Keyboards. Keyboard Hangul atau bahasa lainnya bisa Anda pilih di sini. Jika Anda menginginkan keyboard hangul, maka pilihlah Korean. Jangan lupa untuk mencentang kotak kecil di samping opsi Korean dan Microsoft IME agar keyboard hangul Anda bisa digunakan secara maksimal. Anda pun bebas menambahkan bahasa lain untuk keyboard Anda.

Jika langkah di atas sudah digunakan, klik Apply lalu OK. Periksalah taskbar di ujung kanan monitor Anda. Jika bahasa keyboard yang aktif adalah Bahasa Inggris, maka akan tertera EN di sana. Klik ikon tersebut dan ubahlah ke dalam KO untuk pilihan keyboard Hangul. Anda bisa mulai menggunakan keyboard Hangul Anda sekarang. Jika belum berubah, maka klik ikon huruf A hingga berubah menjadi huruf Ga dalam hangul (ê°€). Mudah bukan?

Jika belum terbiasa dengan letak huruf-huruf hangul di keyboard Hangulmu, maka Anda bisa menggunakan soft keyboard yang akan tampil di screen monitor laptop Anda. Pilih ikon Windows atau menu Start. Masuklah ke All Programs dan pilihlah Accessories. Selanjutnya, pilih menu Ease Access dan klik On-Screen Keyboard. Anda sudah bisa menggunakan keyboard Hangul tersebut dengan mudah sekarang. [ZH]