Baterai BlackBerry

12 Jan 2012 19:00 | Hits: 10715

Sembilan Langkah Menjaga Kualitas Baterai BlackBerry

Sembilan Langkah  Menjaga Kualitas Baterai BlackBerry

Perawatan terhadap baterai BlackBerry kesayangan merupakan suatu hal yang tidak mudah, tapi tidak bisa juga dikatakan sulit. Beberapa user sering mengeluhkan mengenai bagaimana cara menjaga baterai BlackBerry agar tetap awet? Mengapa handset yang dipakan sering panas? Apa yang membuat baterai BlackBerry sering ngedrop?

Oleh karena itu, dengan beberapa kiat tentang menjaga kualitas baterai BlackBerry kiranya dapat memudahkan para pengguna BlackBerry untuk mempertahankan kinerja baterai BlackBerry-nya agar tetap optimal. Beberapa kiat untuk menjaga kualitas baterai BlackBerry tersebut, yakni:

  1. Sangat diajurkan bagi setiap pengguna BlackBerry untuk tidak melakukan pengisian baterai lebih dari 12 jam.

  2. Seandainya Anda tidak menggunakan handset, sebaiknya baterai di lepas. Tidak diperkenankan untuk menaruhnya di handset meskipun handset-nya dalam kondisi tidak dalam keadaan hidup.

  3. Untuk baterai jenis lithium-ion disarankan diisi pada saat lampu indikator menunjukan warna kuning, artinya jangan menunggu sampai lampu indikatornya berwarna merah. Kebanyakan pengguna BlackBerry sering mengisi ketika daya benar-benar habis (0 %), jika demikian baterai tidak akan bisa diisi dengan charger standar. Karena itu alternatif terakhir adalah melakukan pengisian dengan menggunakan desktop charger.

  4. Pada saat melakukan pengisian, jagalah agar pengisian daya baterai tidak dilakukan dalam ruangan yang terlalu dingin (di mana arah AC langsung mengarah pada handset Anda). Suhu ruangan yang seharusnya adalah pada suhu normal. Ingat juga, pada saat pengisian daya, usahakan handset Anda tidak ditutupi dengan benda-benda lain saat proses pengisian.

  5. Berhubungan dengan kualitas charger. Charger yang bagus adalah charger yang memiliki fungsi otomatis, yakni mengurangi daya yang masuk ke baterai saat baterai telah diisi sekitar 90% penuh. Setelah baterai BlackBerry Anda penuh, disarankan untuk segera digunakan segara maksimal agar daya yang baru ditampung segera dapat dikeluarkan.

  6. Sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan charger dengan voltase yang berbeda. Contohnya: beberapa pengguna BlackBerry menggunakan charger handphone China, hanya karena port-nya cocok. Perlu diingatkan kembali, bahwa hal ini tidak hanya akan merusak charger tapi juga merusak charging port-nya. Selain itu dampak yang paling besar adalah handset Anda bisa mati total.

  7. Sebisa mungkin menggunakan charger mobil hanya dalam keadaan darurat. Ingat! Handset tidak boleh dalam kondisi dipasang pada saat mobil di STARTER.

  8. Perhatikan saat pengisian baterai jika kondisi handset dirasa terlalu panas (tidak wajar), sebaiknya segera cabut handset Anda. Biarkan sekitar 10-15 menit sebelum dipasang kembali.

  9. Jangan pernah membeli baterai non-original. Sekalipun harganya sedikit mahal, tapi kualitas awet. Berbicara mengenai kualitas awet hal ini berhubungan dengan kedelapan point yang telah dijabarkan sebelumnya mengenai kiat menjaga kualitas baterai Blackberry. Karena itu penting diperhatikan point 1-8 mengenai kiat menjaga kualitas baterai BlackBerry sebelum ke point 9.

Penting sekali sebagai pengguna BlackBerry untuk mulai memperhatikan bagaimana cara merawat baterai anda. Dengan beberapa kiat menjaga kualitas baterai BlackBerry, diharapkan pengguna BlackBerry dapat tanggap terhadap penggunaan baterai BlackBerry-nya. [SV]