Window Phone

11 Jan 2012 17:00 | Hits: 4531

Yang Membuat Microsoft Window Phone Berani diadu

Yang Membuat Microsoft Window Phone Berani diadu

Window Phone 7 siap untuk menggoyang pasar smartphone. Perang mobile pun memanas. Dengan adanya rumor iPhone 5 di depan mata, Android 4.0 yang mulai muncul, dan Samsung yang gencar menawarkan beberapa persaingan serius untuk iPhone, masuknya Microsoft ke pasar mungkin tampak terlalu terlambat. Namun ini jika Microsoft menawarkan sesuatu yang "mirip" dengan semua perangkat yang telah ada.

Tapi kenyataannya Microsoft menawarkan konsumen sesuatu yang baru dan berbeda. Apa saja yang membuat Microsoft menjadi berbeda dibanding smartphone lainnya? Berikut adalah lima alasan mengapa Microsoft akan menembus persaingan pasar mobile pada tahun 2012 ini.

Keunikan pada User Interface

Window Phone tidak terlihat seperti kebanyakan smartphone lainnya di pasaran. Daripada icon berbentuk grid, Microsoft lebih memilih desain warna-warni berbentuk kotak untuk user interface-nya. Microsoft memanggil ini "live tiles" atau ubin hidup. Setiap kotak ubin berwarna-warni menampilkan informasi yang up-to-date. Ini seperti berapa banyak respon pada Twitter atau berapa banyak pesan email dalam inbox Anda.

Operating System Original

Jika Samsung, Google, Apple, dan banyak perusahaan lain sering terdengar terlibat dalam berbagai sengketa hak paten mahal, maka Microsoft mungkin dapat terhindar dari hal tersebut berkat keaslian dari sistem operasi Window Phone. Ini dikarenakan Microsoft membutuhkan pendekatan yang sama sekali baru untuk sistem operasi mobile mereka.

Standar Keseragaman Perangkat

Alih-alih membiarkan produsen untuk mendesain ponsel atau menggunakan hardware yang mereka suka, Microsoft telah mengeluarkan standar yang sangat spesifik untuk setiap perangkat yang berjalan pada Window Phone 7 dan 8. Microsoft juga menentukan jadwal update sistem operasi dan mengharuskan semua ponsel di-update pada jadwal yang ditetapkan oleh Microsoft.

Microsoft tampaknya tidak terburu-buru ketika datang ke ponsel atau pasar tablet, mereka memilih untuk merilis produk yang solid dan dapat diandalkan. Mematuhi manufaktur untuk mengikuti pedoman spesifikasi, dan menjaga update sistem operasi secara seragam akan membantu membuat Window Phone yang lebih baik di seluruh papan.

Built-in Zune

Zune merupakan sebuah pemutar musik yang menawarkan sesuatu yang secara substansial berbeda dari iPod. Setiap Window Phone akan memiliki aplikasi Zune yang built-in dalam perangkat dan pengguna tidak dapat meng-uninstall-nya. Dengan kata lain, setiap Window Phone juga akan menjadi Zune. Pemutar musik ini menjadi bagian integral dari ekosistem Window Phone.

Xbox Live Mobile Gaming

Walapun ini belum pasti, Microsoft mungkin merilis Xbox Live mobile gaming pada semua platform mobile mereka. Dilihat oleh keseragaman spesifikasi dan update, Microsoft lebih condong ke model Apple dibandingkan model Google Android yang cenderung bebas. Sehingga akan lebih masuk akal jika mereka membuat game Xbox Live eksklusif untuk Window Phone daripada membuat sebuah game yang dapat dimainkan di semua platform Microsoft seperti Xbox, Window Phone, PC dan tablet PC. Tapi kita lihat saja nanti. [ND]