Masalah Android

07 Jan 2012 19:00 | Hits: 5283

Tips Mengatasi Masalah Android Ice Cream Sandwich yang Mengakibatkan Aplikasi Menjadi Lag

Tips Mengatasi Masalah Android Ice Cream Sandwich yang Mengakibatkan Aplikasi Menjadi Lag

Jika Anda pengguna perangkat Android ber-OS (Operating System) Ice Cream Sandwich, pasti sering mengalami masalah aplikasi dari pihak ketiga yang berjalan buruk. Tahukah Anda bahwa ternyata terdapat solusi sederhana untuk mengatasi masalah Android tersebut.

Akar masalah Android ini disebabkan karena Ice Cream Sandwich memiliki fitur hardware acceleration yang mana seharusnya mendukung suatu perangkat untuk menjalankan suatu aplikasi menjadi lebih baik, tetapi sayangnya kebanyakan aplikasi dari pihak ketiga ini belum ter-update untuk memanfaatkan fitur terbarunya. Hasilnya, fitur yang seharusnya menjadi kelebihan Ice Cream Sandwich malah menjadi suatu kendala.

Masalah Android yang Paseban maksud ini umumnya terletak pada kemampuan scrolling, zooming dan beberapa kontrol aplikasi lainnya yang menjadi lag (lambat dan patah-patah) saat berjalan di Ice Cream Sandwich dibandingkan saat berjalan pada OS Android versi sebelumnya.

Sementara aplikasi resmi Google yang telah ter-update biasanya memiliki performa yang lebih baik di OS Ice Cream Sandwich daripada di OS Android versi sebelumnya berkat fitur hardware acceleration yang dimilikinya ini.

Untuk mengatasi masalah Android yang bisa dibilang sebagai bug ini, Anda tidak memerlukan seseorang yang ahli ataupun menggunakan aplikasi tambahan, bahkan tanpa harus melalui proses flashing. Yang perlu Anda lakukan hanyalah merubah beberapa setting yang telah disediakan oleh Ice Cream Sandwich.

Cara mengatasi masalah Android di atas adalah sebagai berikut:

  1. Akses Notification bar-> Settings-> Developer options.

  2. Pada menu Developer options, centang Force GPU rendering

  3. Restart perangkat Android Anda.

Nampaknya, Google telah memprediksi bahwa masalah Android ini akan dihadapi oleh aplikasi dari pihak ketiga saat mereka menambahkan fitur hardware acceleration. Oleh karena itu, ia pun telah menyertakan solusi berupa 'paksaan' aplikasi untuk mengikuti akselerasi yang dimiliki oleh fitur barunya pada Ice Cream Sandwich.

Hasil dari solusi masalah Android ini memiliki hasil yang bervariasi pada setiap aplikasi. Ada beberapa aplikasi yang mengalami peningkatan performa dengan solusi ini, namun lag kadang masih terjadi. Ada beberapa aplikasi yang mengalami peningkatan dalam hal kualitas grafis, namun kontrol seperti scrolling maupun zooming masih terlihat buruk.

Overall, setting ini bukanlah solusi total untuk mengatasi masalah Android berupa aplikasi lama yang menjadi lag saat berjalan di Ice Cream Sandwich. Namun, sebelum aplikasi lama mendapatkan update untuk mendukung hardware acceleration Ice Cream Sandwich, setting ini adalah solusi terbaik. [RY]