Layar Handphone

07 Jan 2012 13:00 | Hits: 52361

Cara Memperbaiki Layar Handphone yang Blank

Cara Memperbaiki Layar Handphone yang Blank

Pernah mengalami layar handphone yang tiba-tiba mati atau malah blank dan berwarna hitam? Ketika mengalami kejadian tersebut, banyak pengguna handphone membuang handphone mereka atau mengganti handphone-nya langsung dengan yang baru. Meskipun ini bukan ide yang buruk, sebetulnya Anda dapat memperbaiki handphone tersebut terlebih dahulu sebelum membeli handphone yang baru atau mengganti layar handphone itu sendiri.

Bila sebuah layar handphone tiba-tiba blank atau mati, hal ini biasanya tidak berarti bahwa perangkat Anda tersebut rusak. Sering kali kita dapat membuatnya kembali hidup dengan mengikuti beberapa langkah mudah. Simak langkah-langkah dari Paseban berikut ini untuk mengetahuinya.

Langkah Pertama

Matikan perangkat handphone Anda lalu hidupkan kembali. Jika masalah tersebut berkaitan dengan kesalahan software, hal ini mungkin dapat diatasi. Untuk melakukannya, tahan tombol End Call berwarna merah selama beberapa detik sampai handphone Anda dimatikan. Jika ini tidak berhasil, lihat buku manual pengguna yang Anda miliki ketika membeli handphone tersebut. Tombol power mungkin berbeda tergantung pada model perangkat yang Anda gunakan. Setelah handphone Anda dimatikan, tekan tombol kembali sampai power menyala dan lihat apakah layar kembali bekerja atau tidak.

Langkah Kedua

Coba reset perangkat Anda jika memungkinkan. Beberapa handphone memiliki pilihan untuk melakukan master reset dengan menggunakan kombinasi tombol fisik daripada mengarahkannya melalui software. Lihat buku manual pengguna Anda untuk melihat apakah perangkat Anda mampu untuk melakukan hal ini atau tidak. Jenis reset ini akan mengembalikan operating system ke konfigurasi asli dan menyelesaikan masalah layar atau apapun yang mungkin terkait dengan bug software yang terjadi.

Namun, resiko dari melakukan master reset yaitu akan menghilangnya segala penyesuaian atau kustomisasi yang telah Anda buat sebelumnya seperti pengaturan nada dering, skema warna dan wallpaper. Oleh karenanya, Anda perlu mengatur pilihan ini lagi setelah layar Anda kembali hidup atau hingga dapat bekerja kembali.

Langkah Ketiga

Lepaskan baterai handphone Anda saat perangkat tersebut aktif. Memang sedikit seperti memaksakan, tetapi cukup berfungsi untuk membuang memori sementara yang mungkin menyimpan masalah software yang menyebabkan tampilan tidak berfungsi. Setelah itu, pasang kembali baterai dan hidupkan perangkat Anda.

Jika langkah-langkah diatas tidak menyelesaikan masalah dan layar handphone Anda tetap dalam keadaan blank atau mati, maka sirkuit di keypad mungkin telah terbakar habis dan perangkat perlu diperbaiki atau diganti. Jika begitu, segera hubungi service center terdekat.

Untuk langkah pencegahan, pastikan Anda menjaga handphone milik Anda dari cairan atau sumber kelembaban ekstrim. Jadi, selalu perhatikan perangkat Anda jika sedang berada di sekitar kolam renang, atau saat meletakkan di atas meja di dekat minuman yang dapat tumpah, atau mungkin ketika Anda menyimpannya di saku di hari yang panas atau hujan. Embun dapat keluar dari sirkuit internal dan menyebabkan layar Anda mati tanpa pemberitahuan. [ND]