Cara Memperbaiki Speaker

07 Jan 2012 10:00 | Hits: 50953

Cara Memperbaiki Speaker Handphone Sendiri

Cara Memperbaiki Speaker Handphone Sendiri

Semua handphone memiliki semacam built-in speaker di dalamnya. Speaker memungkinkan Anda untuk mendengar suara dari setiap panggilan telepon. Speaker juga tidak hanya memungkinkan Anda untuk mendengar audio dari percakapan tetapi juga bisa untuk memutar musik jika handphone Anda built-in MP3 player.

Masalah yang sering terjadi pada speaker handphone biasanya tidak terdengarnya suara apa pun kecuali jika Anda menggunakan headset yang disertakan pada handphone. Jika speaker memiliki suara statis dan konstan, hal itu berarti terdapat semacam kerusakan pada speaker. Dan kejadian tersebut biasanya terjadi karena ada uap air, seperti keringat dari telinga atau tangan Anda yang mencapai kontak dari speaker handphone. Sehingga menimbulkan korosi kontak pada speaker dan membuat speaker menjadi tidak bekerja secara optimal.

Jika Anda mendengar suara berderak atau kresek-kresek yang datang dari speaker handphone Anda, hal ini menandakan bahwa telah terjadi gangguan statis. Masalah ini sebetulnya paling sering dikaitkan dengan speaker komputer, tetapi juga bisa terjadi pada setiap speaker termasuk speaker handphone.

Gangguan statis ini dapat dihilangkan selama Anda dapat memecahkan masalah dan menemukan di mana sumber gangguan statis tersebut. Nah, solusinya akan Paseban uraikan melalui cara memperbaiki speaker handphone tanpa harus melibatkan orang teknis.

Sebenarnya, gangguan statis biasanya terjadi jika speaker handphone mulai kresek-kresek atau volume yang tidak cukup tinggi. Cara memperbaiki speaker handphone sendiri pun bisa Anda lakukan dengan beberapa pilihan yang tersedia dan tentunya relatif lebih mudah karena tidak mengharuskan Anda untuk membeli bahan tambahan, kecuali jika Anda tidak memiliki peniti atau klip kertas di rumah.

Untuk mengetahui cara memperbaiki speaker headphone sendiri, simak uraian berikut ini :

Langkah Pertama

Matikan handphone dan biarkan kering jika telinga Anda telah berkeringat atau jika ada kelembaban yang berlebihan di udara. Kondisi seperti ini menyebabkan speaker menjadi statis dan sering menciptakan distorsi. Tunggu speaker hingga dirasa kering sebelum Anda mulai menggunakannya kembali.

Langkah Kedua.

Periksa speaker pada handphone Anda, mungkin ada debu atau serat yang menempel ke port speaker. Untuk membersihkannya, gunakan klip kertas atau peniti. Jika menggunakan peniti, berhati-hatilah jangan sampai mendorongnya terlalu dalam, khawatirnya akan menembus speaker dan membuatnya menjadi rusak.

Langkah Ketiga.

Putuskan pembicaraan Anda di telepon jika terdapat echo atau gema mikrofon (suara kedua yang muncul setelah berbicara). Kejadian ini bisa disebabkan oleh koneksi yang buruk. Untuk mengatasinya, coba ganti panggilan atau ulangi panggilan dan setelah itu seharusnya gema akan menghilang dan tidak akan terdengar lagi.

Langkah Keempat.

Atur tingkat volume speaker handphone Anda. Bila setting volume maksimum, maka distorsi dan statis dapat didengar. Turunkan volume speaker handphone untuk mengurangi statis. Tekan tombol Menu-> Options* lalu lihat informasi audio. Pilih opsi Speaker-> Volume Level untuk meningkatkannya jika Anda tidak dapat mendengar audio dengan jelas, atau turunkan volume jika terdengar terlalu keras. [ND]