Software Anti Maling

05 Jan 2012 15:30 | Hits: 7186

Software Anti Maling untuk Laptop dan Ponsel

Software Anti Maling untuk Laptop dan Ponsel

Laptop dan ponsel akhir-akhir ini sering menjadi bahan incaran tangan-tangan jahil para pencuri. Anda memiliki 1 dari 10 kesempatan kehilangan laptop di tahun ini, berdasarkan laporan dari Gartner Group, satu laptop dicuri tiap 53 detik. Selain itu, kebanyakan komputer dan ponsel tersebut tidak memiliki software pelacak dan pemulihan sebelum dicuri. Beberapa produsen laptop telah berusaha mengembangkan sistem keamanan berupa software anti maling, namun tak jarang masih banyak pengguna yang kehilangan laptop ataupun ponselnya.

Software anti maling ini bisa membantu untuk melacak lokasi laptop ataupun ponsel yang telah dicuri. Sehingga penegak hokum setempat bisa pergi mengambilnya. Anda tentunya harus menginstall dan mengaktifkan software anti maling ini untuk selalu waspada sebelum perangkat Anda dicuri. Aplikasi ini diam-diam berjalan pada background tanpa pengetahuan si pencuri.

Ada beberapa software anti maling yang bisa Anda gunakan untuk melacak lokasi ponsel dan laptop yang telah dicuri.

F-Secure Free Anti-Theft for Mobile

Software dari F-Secure ini berfungsi untuk mendeteksi keberadaan ponsel Anda yang hilang, dan juga dapat membantu Anda melakukan lock dan menghapus data pribadi dari ponsel agar data-data tersebut tidak disalahgunakan oleh si pencuri. Dengan mengirimkan SMS yang berisi kode tertentu Anda sudah bisa melumpuhkan ponsel tersebut.

Software anti maling jenis ini sudah mendukung ponsel keluaran Google, Hp, HTC, Motorola, Samsung, Sony Ericcson, Toshiba yang menggunakan sistem operasi :

  • Android 1.6, 2.x

  • Windows Mobile 6

  • Windows Mobile 5.0

Link download klik di sini

Adeona Free Anti-Theft for Laptop and Mobile

Selain berfungsi pada laptop, software anti maling ini juga merupakan aplikasi untuk melacak lokasi ponsel atau smartphone Anda yang dicuri maling. Install terlebih dulu software ini di komputer atau di handphone Anda kemudian software ini akan bekerja secara otomatis saat laptop dijalankan oleh pencuri. Pelacakan lokasi dilakukan dengan mengirimkan data IP ke server Adeona, sehingga ditemukan keberadaan pencuri tersebut.

Kelebihan software anti maling ini adalah adanya fitur mengambil foto si pencuri. Jika laptop Anda sudah dilengkapi dengan kamera pelaku pencurian tersebut dapat terekam gambarnya, lalu menggunakan deteksi wajah dapat diketahui nama akun jejaring sosial atau akun yang lainnya yang memiliki gambar yang sama. Sehingga dengan mudah mengetahui wajah, nama, alamat dan data si pencuri lainnya tanpa harus melapor ke polisi atau dukun. Untuk mengunduhnya, Anda bisa klik di sini

LoJack Anti-Theft for Laptop

Software anti maling ini didesain untuk melacak lokasi laptop dan pemulihan aplikasi yang ada di laptop Anda. Sebelum laptop Anda dicuri, aktifkan dulu software anti maling ini. Dan juga, laptop harus tesambung ke internet sebelum lokasinya dapat diperbarui. Laptop yang dicuri biasanya tidak hanya untuk perangkat kerasnya saja, tetapi juga untuk data yang ada didalamnya, sehingga pencuri cenderung memformat ulang laptop tersebut kemudian menjualnya daripada mendapatkan informasi berharga yang ada di laptop.

LoJack adalah software pencarian laptop yang popular, tidak hanya sekedar melacak keberadaan laptop Anda melalui GPS / WiFi. Tetapi Anda juga dapat mengapus data Anda dari hard drive melalui jarak jauh. Dengan kerjasama produsen laptop besar seperti DELL, HP, Sony, sehingga Anda bisa mendapatkan software anti maling ini secara gratis pada tahun pertama untuk setiap pembelian laptop baru dengan merk-merk di atas. Anda bisa men-download-nya di sini. [RK]