Handphone Layar Sentuh

04 Jan 2012 18:30 | Hits: 71526

Meminimalisir Masalah pada Handphone Layar Sentuh

Meminimalisir Masalah pada Handphone Layar Sentuh

Touch Screen atau layar sentuh yang digunakan dalam berbagai tempat, terutama di dunia teknologi maju. Mereka dapat ditemukan di komputer, seperti laptop tablet, handphone, dan banyak tempat lainnya. Layar sentuh ini adalah teknologi yang relatif baru pada handphone yang memungkinkan Anda untuk mengakses semua aplikasi dan informasi handphone yang Anda tawarkan tanpa menyentuh tombol apapun. Namun, teknologi layar sentuh yang halus bisa mengalami banyak masalah.

Di antaranya penggunaan layar sentuh yang sulit, atau layar sentuh yang tidak berfungsi sama sekali. Masalah sentuhan layar ini, terutama pada handphone layar sentuh umum sebagaimana yang sering terjadi pada teknologi baru dan dapat gagal untuk bekerja dalam situasi tertentu.

Meminimalisir Terpaan Sinar Matahari

Sinar matahari atau tempat terang akan membuat silau handphone layar sentuh ketika Anda mencoba untuk menggunakannya, sehingga layar hampir tidak terlihat. Cara untuk memperbaiki hal ini adalah dengan menemukan daerah yang teduh dalam rangka untuk melihat layar sentuh Anda, ini tentunya sedikit merepotkan ketika Anda berada di suatu tempat seperti lapangan bisbol atau pantai yang terik. Ada juga layar aksesori yang dapat Anda beli untuk ditempatkan di atas layar sentuh sehingga dapat membantu Anda melihat layar dalam terang sinar matahari.

Layar Sentuh yang Mudah Tergores

Handphone tertentu memiliki layar sentuh yang lebih sensitif berupa kaca atau plastik daripada yang lain, misalnya iPhone Apple. Hal ini menjadi sangat penting untuk diingat, apalagi ketika membawa handphone layar sentuh di saku Anda berbarengan dengan hal-hal lain seperti kunci, yang dapat meninggalkan baret dalam dan goresan pada handphone layar sentuh itu sendiri.

Selain layar handphone menjadi cacat dalam estetika, dengan goresan di permukaan layar sentuh Anda, ini juga akan mempengaruhi seberapa baik layar sentuh Anda benar-benar bekerja ketika Anda mencoba untuk menggunakannya.

Layar sentuh juga sensitif terhadap tekanan atau bila terjatuh ke tanah. Ini dapat menyebabkan mereka retak atau pecah. Cara untuk melindungi handphone terhadap hal ini diantaranya dapat dengan menggunakan casing untuk telepon Anda atau menutupi permukaan dengan potongan-potongan plastik lengket yang akan menutupi permukaan.

Masalah Teknis Kompleks pada Handphone Layar Sentuh

Dalam istilah awam, layar sentuh bekerja melalui microchip di bawah layar yang mendeteksi sentuhan pada tombol tertentu yang dibuat aktif tergantung pada layar yang saat itu terbuka. Hal ini melibatkan sejumlah besar microchip yang dikompresi pada bawah layar yang sudah sensitif, yang mungkin tidak selalu merespon dalam cara yang Anda inginkan. Microchip ini juga akan rentan terhadap masalah lain seperti respon buruk, kalibrasi respon nakal dan lockout. Jika menemui masalah tersebut maka solusi perbaikan bukan sesuatu yang dapat Anda lakukan sendiri, Anda harus menyambangi service center atau tempat reparasi handphone. [ND]