Cara Menggunakan Android

04 Jan 2012 16:00 | Hits: 25467

Beginilah Cara Menggunakan Android Baru Anda

Beginilah Cara Menggunakan Android Baru Anda

Hal yang umum saat pergantian tahun adalah "end year sale" di mana semua barang mengalami diskon besar-besaran. Apabila Anda memanfaatkan "end year sale" ini untuk mengganti ponsel lama dan menjadikan smartphone Android sebagai barang baru Anda di tahun 2012, berikut tips cara menggunakan Android baru tersebut:

Google Account Setup

Saat pertama kali mengaktifkan, Android akan meminta setup akun Google Anda. Memang terdapat pilihan untuk skip setup ini, tetapi dalam cara menggunakan Android baru ini Paseban sarankan untuk Anda melakukannya. Apabila Anda terlanjur skip, Anda bisa kembali ke setup ini. Ikon setup akun Google akan tersedia selama Anda belum melakukan pengaturan, dan akan hilang setelah akun terverifikasi dan login
.
Kenapa hal ini sangat disarankan pada artikel cara menggunakan Android ini? Karena setup akun Google di Android ini akan menghubungkan dan mempermudah penggunaan aplikasi Google lain, seperti Android Market, integrasi kalender handset dengan kalender Google, dan integrasi kontak pada handset dengan kontak akun Google. Dan manfaat kedepannya adalah apabila handset Anda hilang atau Anda ganti handset Android lain, data-data seperti kontak, agenda yang Anda buat di kalender, dan aplikasi-aplikasi dari Android Market apa saja yang telah Anda instal, bisa dengan mudah Anda dapatkan kembali.

Aksesoris Tambahan yang Dibutuhkan

Bukan rahasia lagi bahwa teknologi baterai handset saat ini belum setara dengan perkembangan teknologi smartphone. Baterai smartphone yang ada saat ini tidak bisa mendukung penggunaan hingga satu hari penuh. Oleh karena itu pada artikel cara menggunakan Android kali ini, Paseban menyarankan Anda mendapatkan tenaga tambahan untuk smartphone Android Anda, apalagi bila aktivitas sehari-hari Anda selalu mobile.

Banyak pilihan untuk mendapatkan tenaga tambahan ini, seperti bila Anda mengendarai mobil dalam segala aktivitas luar rumah Anda, car charger akan menyelesaikan masalah tersebut. Untuk Anda yang tidak menggunakan mobil, artikel cara menggunakan Android ini menyarankan Anda membeli tambahan baterai internal yang sama atau tambahan baterai eksternal yang saat ini tersedia dalam berbagai macam tipe.

Setting Aplikasi yang Membutuhkan Data Internet dan Tenaga Baterai Banyak

Konsep smartphone saat ini adalah mengedepankan online melalui handset, jadi tentu saja kebanyakan aplikasi akan berkonsep online. Aplikasi yang bersifat full online, seperti media sosial, aplikasi email, aplikasi pengumpul berita RSS feeds, atau aplikasi weather, adalah aplikasi yang akan selalu melakukan update secara otomatis. Aplikasi-aplikasi tersebut akan menggunakan data internet 24/7 dan akan menggunakan banyak tenaga baterai Anda. aplikasi-aplikasi semacam inilah yang perlu Anda perhatikan dalam cara menggunakan Android baru Anda.

Artikel cara menggunakan Android ini tidak menghadirkan cara mengatasinya, karena aplikasi-aplikasi ini memang didesain untuk tujuan tersebut. Yang Paseban hadirkan disini adalah cara untuk sedikit mengurangi beban tersebut dengan mengurangi frekuensi update yang dilakukan oleh aplikasi.

Umumnya aplikasi semacam ini akan menyediakan setting "update frequency" dengan pilihan update dalam hitungan menit hingga jam. Untuk aplikasi yang memang Anda butuhkan atau penting, contoh Anda menggunakan aplikasi push email untuk keperluan kerja, maka set frekuensi update sesering mungkin. Dan pada aplikasi yang kurang Anda butuhkan, set frekuensi sesuai kebutuhan, Âcontoh Anda bisa set aplikasi media sosial melakukan update secara manual hanya saat Anda membuka aplikasi tersebut. [RY]