iPhone atau Android

04 Jan 2012 11:00 | Hits: 2468

Tips Memilih Smartphone Antara iPhone atau Android

Tips Memilih Smartphone Antara iPhone atau Android

Apakah Anda salah seorang yang berencana membeli smartphone tetapi masih bingung memilih antara iPhone atau Android?

Ketika mencari sebuah smartphone baru, memilih iPhone atau Android bukan sesuatu yang gampang. Kedua ponsel tersebut menawarkan fitur yang hampir sama, dan sulit untuk membedakan keduanya. Jika Anda melihat lebih dekat, dapat ditemukan beberapa perbedaan. Dari perbedaan inilah yang akan dijadikan panduan Paseban untuk membantu Anda memutuskan apakah iPhone atau Android yang tepat untuk Anda gunakan.

Hardware

Pemenang : iPhone

Perangkat keras inilah yang dapat dibedakan dengan jelas antara iPhone atau Android. Apple menawarkan pengguna sebuah pilihan saja berupa model apa yang Anda inginkan, bukan produsen ponsel dan model yang mana. Sudah pasti, beberapa orang akan lebih suka memilih lebih dari satu pilihan. Sementara itu banyak kabar beberapa ponsel Android mudah panas ataupun membeku dan juga beberapa modelnya dikeluarkan dengan kualitas rendah.

Keterbukaan Platform

Pemenang : Android

Fakta bahwa sistem operasi Android merupakan open source pasti disambut gembira banyak orang, tetapi bagi sebagian besar end-user yang lebih penting adalah kebebasan dalam hal apa yang dapat dijalankan pada suatu ponsel, apakah itu iPhone atau Android. Dan sampai sekarang Google belum menolak aplikasi-aplikasi yang illegal, sementara Apple sudah mulai memperketat kebijakannya.

Multitasking

Pemenang : Seri

Sangat melegakan bahwa akhirnya iPhone didukung dengan multitasking pada iOS 4. Sedangkan pada Android sendiri dukungan multitasking juga belum maksimal khususnya pada Android 2.2. Menurut Paseban, baik Android atau iPhone masih perlu mengembangkan multitasking pada perangkat-perangkat mereka selanjutnya.

Daya Tahan Baterai

Pemenang : iPhone

Dikarenakan lebih banyak variasi hardware yang digunakan oleh Android, daya tahan baterai pada Android juga lebih bervariasi dan kebanyakan kurang dari iPhone. Sementara itu, iPhone model-model awal memiliki baterai yang membutuhkan pengisian hampir tiap hari, tapi hal ini tidak berlangsung lama. Dengan model yang sekarang, Anda bisa berpergian dengan mudah tanpa membutuhkan pengisian baterai. Ponsel Android dapat menjalankan begitu banyak variasi Aplikasi untuk menghemat baterai, tetapi apakah ponsel tersebut membutuhkan pengisian baterai setiap hari atau tidak, tidak pernah terdengar jelas.

Gaming

Pemenang : iPhone

Beberapa tahun lalu, video game khususnya mobile video game, hanya didominasi oleh Nintendo DS dan Sony PSP. Tetapi iPhone telah mengubah itu semua. iPhone menjadi pemain terbanyak di pasar mobile video game dengan puluhan ribu permainan yang ditawarkan. Pada kenyataannya, pertumbuhan iPhone sebagai platform game dinilai beberapa pengamat akan menggantikan Nintendo dan Sony sebagai platform terkemuka dalam pengembangan game. Sementara itu, jika dibandingkan jumlah game pada Android Market saat ini masih belum ada apa-apanya dengan game yang sudah tersedia di App Store. Selain itu beberapa pembuat game tidak ingin membuat game versi Android dikarenakan kurangnya standar dari Google terhadap kemampuan perangkat mereka.

Sinkronisasi

Pemenang : Android

iPhone bisa jadi merupakan perangkat yang hebat ketika dia berdiri sendiri, tapi yang mengejutkan adalah bahwa iPhone sangat tertinggal ketika harus melakukan sinkronisasi. iPhone mengharuskan penggunanya untuk tersambung dengan iTunes yang ada pada komputer agar bisa melakukan sinkronisasi. Pada Android telah didukung dengan oleh sinkronisasi OTA (over-the-air) dengan akun Google. Bahkan jika suatu saat ponsel Android Anda hilang, cukup dengan memasukkan akun google pada perangkat baru Anda, dan Anda dapat merasakan seolah-olah menggunakan perangkat lama Anda. . [iPhone]

Kesimpulan

Skor keseluruhan diperoleh Android : 2 dan iPhone : 3

Tentu saja skor yang ditampilkan di atas sangat subjective, namun Anda boleh saja menambahkan penilaian sendiri. Tips ini kami sajikan sebagai tambahan bahan pertimbangan Anda dalam menentukan perangkat iPhone atau Android yang akan Anda beli. Anda perlu memutuskan faktor terpenting yang Anda inginkan dan kemudian memilih ponsel yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Terus terang, menurut paseban kedua perangkat tersebut hampir berimbang secara keseluruhan. [RK]