Taskbar Error

04 Jan 2012 08:00 | Hits: 9659

Cara Memperbaiki Taskbar Error pada Komputer Ber-OS Windows

Cara Memperbaiki Taskbar Error pada Komputer Ber-OS Windows

Sistem operasi Windows memiliki fitur tradisional taskbar di bagian bawah layar yang berisi tombol-tombol atau tab yang mewakili semua program yang terbuka. Taskbar merupakan titik akses untuk semua program yang berjalan dan hal lainnya yang dibuka pada komputer. Sehingga taskbar bertindak sebagai area peluncuran untuk file, folder dan program yang sedang berjalan di desktop. Dengan kata lain, taskbar memegang semua tugas yang saat ini Anda kerjakan.

Masalah umum yang sering dialami dalam hal taskbar error di antaranya adalah ketika taskbar dalam keadaan disable terkadang terjadi kegagalan dalam menambahkan toolbar ke taskbar serta ketidakmampuannya dalam mengubah ukuran (resize) atau memindahkan (move) taskbar. Memindahkan taskbar di layar pada lokasi yang berbeda sebetulnya mudah, namun jika pengguna tidak menyukai posisi taskbar baru, biasanya sulit untuk mengulangi langkah-langkah dan mengembalikan taskbar ke posisi semula.

Sebagai solusi dari masalah taskbar error, berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan ketika Anda mengalami salah satu taskbar error.

Disable Taskbar

  1. Buka Regedit dari tombol Start dengan mengetikkan Regedit di bawah kotak input "Run" dan arahkan ke folder di bawah ini:
    HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer
    Hapus nilai DWORD berlabel "NoTrayContextMenu".

  2. Aktifkan pilihan Lock the Taskbar yang berwarna abu-abu dengan menembakkan Regedit seperti yang ditunjukkan di atas dan arahkan ke folder di bawah ini:
    HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer
    Hapus nilai DWORD berlabel "LockTaskbar".

  3. Aktifkan penambahan toolbar ke menu Toolbars pada taskbar dengan mengarahkannya ke folder di bawah dalam registrasi menggunakan Regedit:
    HKEY_CURRENT_USER\Sofware\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer
    Hapus nilai DWORD berlabel "NoCloseDragDropBands".

  4. Nonaktifkan kotak pesan Restrictions yang muncul ketika Anda mencoba untuk membuka Taskbar Properties dengan mengarahkannya ke folder registrasi dibawah ini:
    HKEY-CURRENTUSER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer
    Hapus nilai DWORD berlabel "NoSetTaskbar".

  5. Aktifkan Resize dan Move dari taskbar dengan mengarahkannya ke folder di bawah ini dan menghapus TaskbarSizeMove nilai DWORD.
    HKEY_CRRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced.

  6. Disable program dari start-up pada system tray taskbar dengan mengklik kanan pada ikon program dan men-disable-nya, atau Anda dapat mengklik pada properti di taskbar dan menonaktifkan otomatis start-up program tersebut.

Windows 7 Quick Fix untuk Taskbar Error

  1. Aktifkan quick fix untuk Windows 7 pada taskbar dengan mengaktifkan "God Mode." Letakkan shortcut pada Windows Taskbar. Membuat shortcut pada desktop dengan mengklik kanan pada desktop dan memilih Create shortcut lalu masukkan location- explorer shell::: {ED7BA470-8E54-465E-825C-99712043E01C}, ketik "God Mode" dalam kotak nama dan klik Finish.

  2. Klik kanan pada icon shortcut lalu pilih Properties. Pilih Change Icon dan ketik control.exe lalu klik OK setelah memilih ikon Control Panel.

  3. Tarik ikon ke taskbar atau pilih Pin to Taskbar dengan mengklik kanan shortcut dan memilih opsi yang ada.

Berhati-hatilah pada situs yang menawarkan download kode yang akan mengembalikan taskbar untuk operasi normal. Beberapa potongan kode bisa jadi virus yang menempel ke registrasi dan sulit untuk dihapus. [ND]