Cara Backup Contact BlackBerry

03 Jan 2012 15:00 | Hits: 38533

Cara Backup Contact BlackBerry dengan BlackBerry Desktop Software

Cara Backup Contact BlackBerry dengan BlackBerry Desktop Software

Banyak pemilik ponsel yang mungkin tidak mengindahkan perihal backup contact ataupun backup data selama pemakaiannya. Hal tersebut tidak hanya berlaku bagi pengguna ponsel lama tetapi juga berlaku bagi para pengguna smartphone seperti BlackBerry.

BlackBerry memiliki kemampuan untuk menjadi sebuah central hub bagi pengguna, selain berfungsi sebagai layaknya sebuah smartphone yang bisa melakukan panggilan namun BlackBerry juga dilengkapi dengan kemudahan dalam hal komunikasi email cepat.

BlackBerry yang dapat dibawa ke mana-mana, mungkin akan membuat Anda semakin ketergantungan terhadap penggunaan perangkat BlackBerry tersebut. Sehingga Anda mungkin tidak akan pernah meninggalkannya dalam keadaan apapun.

Seperti halnya perangkat mobile yang lain, bagaimanapun juga BlackBerry bisa mengalami kerusakan atau benjolan yang tidak sengaja ketika Anda bepergian atau melakukan kegiatan lainnya. Atau bisa saja karena terjadi adanya kesalahan program yang bisa menghilangkan semua informasi penting dari BlackBerry Anda.

Berhubung smartphone BlackBerry Anda mampu menyimpan puluhan hingga ratusan contact penting, panduan mengenai cara backup contact BlackBerry akan sangat Anda butuhkan sebelum semua contact yang Anda masukkan lenyap tak terselamatkan.

Pada artikel ini, secara khusus Paseban persembahkan panduan mengenai cara backup contact BlackBerry dengan menggunakan BlackBerry Desktop Software. Dan berikut ini adalah cara backup contact BlackBerry :

  1. Cara backup contact BlackBerry yang pertama adalahDownload aplikasi BlackBerry Desktop Software dari situs resmi BlackBerry di sini http://us.blackberry.com/apps-software/desktop/. Software ini kompatibel dengan Windows Service Pack 2 dan versi terbaru dari sistem operasi Windows. Versi lain juga tersedia untuk Apple Mac OS X.

  2. Setelah di-download, install aplikasi BlackBerry Desktop Software di PC Anda.

  3. Cara backup contact BlackBerry selanjutnya adalah Buka aplikasi BlackBerry Desktop Software lalu hubungkan perangkat BlackBerry Anda ke PC melalui kabel USB charging. Lalu klik * "Get started with this device*.

  4. Masukkan nama untuk perangkat BlackBerry Anda dan ikuti petunjuk-petunjuk yang muncul di layar untuk mengatur perangkat BlackBerry Anda. Apabila Anda menginginkan backup otomatis dari semua contact BlackBerry ketika Anda terhubung ke komputer suatu saat nanti, Anda dapat melakukannya dengan mencentang kotak Back up my device, lalu klik Finish untuk keluat dari setup wizard.

  5. Klik menu Device lalu pilih Backup. Setelah itu klik tombol radio Custom dan gulir ke bagian bawah dan centang box yang bertuliskan Address Book di sebelah samping. All Selection yanga ada di sana berfungsi untuk mem-backup semua contact BlackBerry, sedangkan jika Anda memilih pilihan different address book maka hanya akan menyimpan beberapa bagian dari semua contact yang ada. Pilihan lain yang bisa Anda pilih adalah dengan mencentang kotak next to other option yang berfungsi jika Anda ingin mem-backup data lain selain contact.

  6. Masukkan nama sebagai cadangan di dalam kotak File Name, lalu klik tombol Change Folder
    dan arahkan ke folder tujuan yang Anda kehendaki pada hard drive PC Anda. Dan apabila Anda tidak menentukan lokasi baru, maka software ini akan membuat folder di dalam folder dokumen pengguna.

  7. Cara backup contact BlackBerry selanjutnya klik backup dan tunggu hingga proses transfer contact BlackBerry Anda selesai. Setelah selesai Anda baru bisa melepaskan perangkat BlackBerry Anda dari PC.

  8. Untuk mengembalikan contact yang telah Anda backup, Anda bisa melakukannya kembali dengan menghubungkan perangkat BlackBerry dengan PC lalu bukalah BlackBerry Desktop Software. Klik menu Device lalu pilih Restore. Setelah itu pilih kembali backup file lalu klik tombol Restore.

Oke, itulah cara backup contact BlackBerry dari Paseban, mudah bukan? [MG]