Cara Menggunakan Recuva

03 Jan 2012 08:00 | Hits: 9011

Cara Menggunakan Recuva dengan 4 Langkah Mudah

Seiring perkembangan teknologi yang kini sudah memasuki era digitalisasi, komputer dan laptop kerap kali menjadi teman terdekat kita. Berbagai data tersimpan di dalamnya. Dari hanya sekadar data curhatan sehari-hari hingga data penting yang berkaitan dengan dunia sekolah, kuliah, bisnis, atau bahkan data-data rahasia yang tak seorang pun tahu, kecuali kita sendiri. Lantas, pernahkah terbayangkan jika data-data tersebut hilang dari lokasi semestinya? Atau mungkin, Anda saat ini sedang mengalaminya?

Cara dasar untuk mencari data yang hilang pastinya melakukan pengecekan di Recycle Bin. Beruntung, jika data yang hilang tersebut masih nangkring di sana. Namun jika data yang hilang tersebut benar-benar hilang? Sengaja atau tidak, jangan panik! Berbagai software penyelamat data yang hilang sebenarnya bisa didapatkan dengan mudah, salah satunya adala Recuva, si penyelamat data yang hilang.

Recuva merupakan salah satu software pengembali data yang hilang yang saat ini tengah popular dan banyak direkomendasi. Mengapa begitu recommended? Bagaimana Recuva bekerja? Bagaimana cara menggunakan recuva? Pada dasarnya, cara kerja Recuva sama seperti software pengembali data yang hilang lainnya, yaitu dengan cara scanning semua lokasi di OS. Data yang hilang tersebut akan kembali utuh seperti sedia kala, jika lokasi di mana data awal itu berada tidak ditimpa dengan data lain.

Mengap demikian? File atau data kita yang hilang dianggap OS tidak lagi berada dalam lokasinya sehingga jika file atau data ditulis dan ditempatkan pada lokasi yang sama, OS akan menganggap lokasi tersebut sudah kembali terisi (tertimpa). Jika lokasi sudah ditimpa, maka data yang hilang tersebut akan kembali, namun tidak seratus persen bahkan kemungkinan besar akan rusak. Lantas, apakah dengan cara menggunakan recuva, file data kita akan dapat kembali seutuhnya?

Cara menggunakan Recuva sangat mudah. Paseban merumuskannya dalam 4M; Mengunduh, Menginstal, Men-scanning, dan Mengembalikan. Proses pencarian, pengunduhan, hingga instalasi bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Recuva, juga merupakan software yang bisa didapatkan dengan cara yang murah. Software ini tidak berbayar atau gratis sehingga siapapun dapat menggunakannya. Cara menggunakan Recuva pun bisa dilakukan siapa pun karena hanya mengikuti langkah yang ditampilkan.

Cara menggunakan Recuva yang pertama kali adalah, mengunduh software ini di situs-situs penyedia kesayangan Anda. Setelah proses pengunduhan selesai, instalasi bisa dilakukan hanya dengan men-double klik icon Recuva dan mengikuti step per step yang diminta. Cara menggunakan Recuva selanjutnya adalah kita akan dipinta memilih jenis file data yang akan kita kembalikan. Semua data baik dengan jenis file gambar, dokumen, program, video, musik, compressed, bahkan email sekalipun bisa dikembalikan Recuva.

Setelah itu cara tersebut digunakan, cara menggunakan Recuva ini selanjutnya adalah dengan memilih lokasi scanning. Kita juga akan diberikan pilihan lokasi mana saja yang akan dilakukan proses scanning data yang hilang tersebut. Semakin banyak drive yang dipilih, maka semakin lama proses scanning data oleh Recuva berlangsung. Tapi tenang saja, selain cara menggunaka Recuva mudah dan murah, Recuva juga tidak membutuhkan waktu yang begitu lama untuk proses scanning. Jika kita menginginkan proses scanning yang lebih mendalam, kita bisa mencentang icon kecil yang memberikan opsi enable deep scanning setelah kita menentukan lokasi scanning.

Setelah proses scanning selesai, maka kita akan disuguhkan list data hilang yang kita cari. Cara menggunakan Recuva berikutnya, kita hanya tinggal memilih file mana saja yang akan dikembalikan dan meng-klik restore. Proses pengembalian data akan berlangsung dengan sendirinya. Hal yang perlu diingat adalah, tidak meletakkan hasil restore data di tempat yang sama karena itu berarti kita menimpa lokasi di mana data yang hilang itu berada. Hal tersebut akan membuat pekerjaan Recuva sia-sia.

Recuva akan memberikan laporan tentang kondisi restore data, apakah berhasil seutuhnya atau memang ada yang rusak karena proses tertimpa tadi atau lain hal. Cara menggunakan Recuva begitu mudah dan akurat, jadi sekarang, tak perlu khawatir, Recuva siap menyelamatkan data Anda yang hilang. [ZH]