Windows Registry

19 Mar 2013 14:30 | Hits: 1446

Penjelasan Mengenai HKCR, HKCU, HKLM, HKU, dan HKCC Pada Windows Registry Editor

Penjelasan Mengenai HKCR, HKCU, HKLM, HKU, dan HKCC Pada Windows Registry Editor

Registry pada Windows adalah sebuah pusat atau kontrol utama pada Sistem Operasi Windows, karena saat Anda melakukan proses instalasi maka data digital akan dituli ke sistem Windows Anda pada registry. Saat Registry pada sistem Anda adau yang rusak entah dikarenakan oleh virus atau hak lainnya maka Sistem Operasi Windows yang Anda miliki tersebut akan berjalan tidak sebagaimaa mestinya dan sering terjadi error. Untuk itulah Windows menyediakan sebuah aplikasi utulitis yang bernama Registry Editor (Regedit). Pada windows registry terdapat banyak sekali data dan informasi mengenai aplikasi, hardware, dan konfigurasi sistem komputer yang sedang Anda pergunakan. Secara umum, Regedit dibagi menjadi dua jenis yaitu Hive dan Values Entry. Maka dari itu kali ini Paseban akan membahas mengenai singkat mengenai jenis Regedit tersebut

Bagi Anda yang paham atau mengetahui sistem pada Windows , pastinya sudah tidak asing lagi dengan berbagai jenis dari Regstry Editor seperti HKCR, HKCU, HKLM, HKU, and HKCC. Registry pada Regedit sendiri terbagi dalam lima root keys, berikut ini adalah jenis registry dan juga penjelasannya

  • HKEY_CLASSES_ROOT (HKCR)

  • HKEY_CURRENT_USER (HKCU)

  • HKEY_LOCAL_MACHINE (HKLM)

  • HKEY_USERS (HKU)

  • HKEY_CURRENT_CONFIG (HKCC)

Anda dapat membuka utilitas dengan cara membuka jendela pengaturan Registry Editor dengan cara Click Start bagi penggguna Windows XP, Vista, Windows 7 atau bagi pengguna Windows 8 dengan membuka Charm Bar dengan mengetikan regedit, lalu tekan Enter pada keyboard.

Pada artikel kali ini Paseban akan menjelaskan dasar-dasar mengenai root yang ada pada masing-masing registry tersebut, setiap root registri tersebut memiliki pengaturannya masing-masing yang dapa membantu Anda untuk menemukan informasi ataupun untuk mengubah pengaturan pada sistem operasi Windows.

HKEY_CLASSES_ROOT

HKEY_CLASSES_ROOT atau orang biasa menyingkatnya dengan HKCR, dibawahnya terdapat root registry yang menuju kearah HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Classes. Adanya pemisah pada awal root key ditambahkan agar para software developers memiliki direct access kedalam data ini tanpa harus mengunjungi HKEY_LOCALMACHINE (HKLM). HKCR berisi data yang saling berhubungan denga berbagai jenis aplikasi, shortcuts, dan juga asosiasi terhadap ektensi bernagai jenis file pada sistem operasi Windows Anda. Ketika Anda sedang membuka jenis registry HKEY_CLASSES_ROOT, pada setiap shell subkey maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini:

HKEY_CURRENT_USER

HKEY_CURRENT_USER atau biasa disebut HKCU dibentuk dari folder yang berada pada %UserProfile%\ntuser.dat/. Untuk dapat melihat folder ini, Anda harus mengaktifkan protected system files. HKCU berisi data dan juga informasi yang lebih spesifik kepada para pengguna yang disertai dengan log on account dalam kputer atau laptop Anda. Berikut ini adalah contoh tampilan dari direktori HKCU:

Jika Anda membuka direktori pada registry HKCU maka didalamnya akan terdapat berbagai jenis informasi seperti keyboard layout, mapped network drives, application preferences (Software), dan berbagai macam pengaturan pengguna lainnya.

HKEY_LOCAL_MACHINE

HKEY_LOCAL_MACHINE atau biasa disingkat HKLM, jenis registry registry ini berisi informasi mengenai perangkat keras (hardware) konfigurasi aplikasi (software configuration)dan juga berbagai macam informasi saat sistem melakukan proses startup (Windows startup).

HKEY_USERS

HKEY_USERS atau HKU adalah sebuah data yang berisiskan pengaturan pada group policy settings. Setiap data meupun informasi pada Group Policy disimpan pada regsitry ini. Ketika sistem Anda melakukan logon maka ata tersebut akan disalin pada pengaturan HKCU. Ketika Anda membuka direktori pada HKU, Anda akan melihat sebuah folder bernama .DEFAULT dimana didalam filder tersebut terdapat data user/log on ID. Selain itu pada folder .DEFAULT terdapat pengaturan dasar bagi pengguna ketika sedang pertama kali melakukan logon pada Windows.

Anda dapat menenmukan informasi data pengguna (reference ID) dengan cara membuka direktori folder pada HKLM\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\ProfileList\ dimana Anda akan menemukan beberapa jenis daftar SID pada sistem milik Anda. Klik pada salah satu contohnya pada folder S-1-5-21- , kemudian buka ProfileImagePath key’s disana Anda akan menemukan sebuah data owner of the profile.

HKEY_CURRENT_CONFIG

HKEY_CURRENT_CONFIG atau biasa disebut HKCC berisikan data pengguna dan juga pengaturan pada current hardware profile settings. Seperti halnya pada HKCR, HKCC registry ini akan menyimpan data sama halnya seperti pada HKCR dan juga HKCC kedalam HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\ControlSet001. Sebagai catatan jika komputer atau laptop Anda terdapat multiple hardware profiles,maka registry yang akan disimpan berisikan data dengan key sebagai ControlSet002, ControlSet003, dan seterusnya. [AG]