Teknologi NFC

18 Mar 2013 15:30 | Hits: 1774

Hal - Hal Yang Bisa Kita Lakukan Dengan Smartphone Menggunakan Teknologi NFC

Hal - Hal Yang Bisa Kita Lakukan Dengan Smartphone Menggunakan Teknologi NFC

Beberapa Smarthphone terbaru untuk kelas High End dan Middle End mulai dilengkapi dengan teknologi NFC. Teknologi NFC ini merupakan kelanjutan teknologi dari RFID dan Bluetooth, karena kalau diperhatikan dengan baik teknologi yang ada di dalam RFID dan Bluetooth itu ada di teknologi NFC atau Near Field Connectivity. Dengan teknologi NFC kita bisa berbagi file atau photo, hal ini sama dengan teknologi yang bisa kita dapat dari Bluetooth. Dengan NFC kita bisa melakukan pembayaran atau menjadikannya sebagai tanda pengenal, hal seperti ini kita temukan di dalam teknologi RFID. Jadi secara singkat teknologi blue tooth dan RFID ada di keduanya.
Dengan teknologi ini ada hal - hal yang terbaru yang bisa kita lakukan.

Berbagi file dan Photo

Biasanya untuk berbgai sebuah file dari sebuah device kita menggunakan teknologi Bluetooth. Selain itu ita biasanya menggunakan USB untuk memindahkan sebuah file dari smartphone. Tetapi dengan NFC ini kita melakukan Pairing antar device dan setelah melakukan pairing kita bisa memanggil file atau mengambil yang kita inginkan langsung dari device yang kita inginkan.

Beberapa Device sudah menggunakan teknologi NFC ini, kita bisa menemukan teknologi ini Smartphone terbaru dari Samsung yang menggunakan Android. bahkan di dalam Advertising terbaru mereka, Terlihat untuk melakukan pairing dengan NFC di dalam smartphone Samsung ini tidak sulit.

Selain Smartphone, beberapa Laptop atau notebook sudah mulai menggunakan NFC ini. contohnya HP Envy 14 Spectre dan Sony Vaio Tap sudah mulai memasangkan teknologi ini di dalam notebook buatan mereka.

Selain Smartphone dan Notebook, kamera Terbaru dari Panasonic dengan seri Panasonic Lumix DMC-ZS30 and DMC-TS5 sudah akan di pasang NFC di dalam kameranya.

Controlling the Car / Mengatur Kendali Mobil menggunakan NFC

Di pameran terbaru dari Consumer Ellectronic Show atau CES 2013, di perlihatkan sebuah mobil yang menggunakan tekknologi NFC ini. di dalam pameran ini yang diperlihatkan sebuah mobile Porsche Carrera yang dilengkapi dengan tkenologi NFC. Dengan teknologi ini kita mengontrol dari mobil kita, kita bia mengunci dan membuka mobil kita. selain itu ada teknologi Push GPS antar device, kita dengan mudah bisa memberikan GPS yang ada di dalam Smartphone ke dalam Mobil.

Menarik Uang menggunakan NFC Smartphone

Jika biasanya kita untuk menarik Uang dari akun kita melalui ATM, kita harus memasukkan sbuah ATM card. Tetapi dengan teknologi NFC yang ada di smartphone, kita bisa melakukan penarikan uang dari ATM. Cara melakukannya kita cukup mendekatkan Smartphone kita dengan mesin ATM kita,setelah itu ATM dan Smartphone akan melakukan pairing. Setalh melakukan pairing, ATM bisa mengeluarkan Uang dari akun kita.

Berbelanja dengan NFC

salah satu kegunaan lain yang bisa di rasakan dari NFC ini, saat kita melakukan belanja. Dengan NFC kita tidak perlu lagi membawa barang - barang banyak seantri. Dengan NFC kita cukup melakukan Scanning Barcode dari barang, dan akan di simpan melalui NFC, selama berbelanja tidak perlu lagi membawa barang banyak - banyak. Dan untuk saat di kasir, kita cukup melakukan pairing dengan kasir, untuk mengetahui barang yang kita beli dan mengetahui jumlah embayaran yang harus di lakukan.

Melakukan Check-in

Hal yang sangat berguna lainnnya dari teknologi NFC ini, kita bisa melakukan verifikasi tanpa terlalu lama. Dan dengan teknologi ini, NFC ini bisa melakukan verifiikasi Check in baik di hotel atau pun di Airport dan tempat - tempat lainnya. Jadi kita tidak perlu lagi repot - repot melakukan verifikasi yang panjang, mulai dari tiket dan identitas.

Menjadikan Smartphone sebagai Remote dari Smart TV

Di Pameran Di CES terakhir yang menarik soal NFC selain cara mengontrol mobil menggunakan Smartphone. Ada juga mengenai soal Smart TV. Dengan NFC ini Smasung memamerkan bagaimana cara mengatur chanel di dalam Smart TV buatan mereka menggunakan Smartphone Samsung buatan mereka. Selain Samsung ada juga LG yang memamerkan hal yang sama. Sepertinya ini akan menjadi fitur menarik dari kegunaan teknologi NFC saat ini selain mengontrol mobil dan verifikasi check-in. [ENJ]