Cara Membuat MP3

07 Mar 2013 14:00 | Hits: 3830

Cara Membuat MP3 Dengan Merekam Radio Internet

Cara Membuat MP3 Dengan Merekam Radio Internet

Ingatkah Anda ketika masa kecil dahulu sering mendengarkan lagu dari radio? Pastinya Anda juga pernah sesekali merekam lagu yang diputar di radio tersebut. Hal tersebut memang sangatlah menyenangkan karena kita akhirnya bisa memiliki lagu penyanyi favorit sehingga kita bisa memutarnya kembali kapanpun kita mau.

Di jaman sekarang ini rasanya hal tersebut sudah tidak mungkin dilakukan lagi. Pasalnya, sekarang kita sudah mempunyai internet untuk dapat mendengarkan lagu apapun yang diinginkan. Namun tentu hal tersebut akan terasa berbeda dibanding kita mendengarkannya secara langsung melalui radio. Untunglah saat ini sudah bermunculan banyak radio internet yang menyajikan pengalaman yang sama dengan radio konvensional.

Nah, pastinya banyak dari Anda yang ingin merekam beberapa acara radio tersebut, terutama cara-acara yang unik seperti kisah misteri dan yang lainnya. Maka dari itu pada kesempatan kali ini Paseban akan mengulas tiga cara membuat MP3 dengan merekam siaran radio yang ada di internet. Simak ulasannya berikut ini.

ClipInc 4

Cara membuat MP3 pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi ClipInc 4. ClipInc merupakan program Windows yang mendukung lima bahasa yang berbeda walaupun bahasa utamanya tetap bahasa asalnya yaitu bahasa Jerman. Aplikasi ini memiliki lebih dari 100 stasiun radio dari seluruh dunia. Dengan menggunakan versi gratisnya, Anda bisa merekam 3 buah audio secara bersamaan.

Untuk mulai merekam radio, Anda harus terlebih dahulu memilih atau menambahkan stasiun radio yang ingin Anda rekam dengan cara menekan tombol + di sebelah kiri bawah dari aplikasi ini. Untuk mendapatkan kualitas audio yang maksimal maka Anda disarankan untuk memilih stasiun radio dengan bitrate yang tinggi. Namun jika Anda ingin menghemat bandwidth atau kualitas harddrive, maka Anda dapat memilih stasiun radio dengan bitrate yang rendah. Setelah itu Anda dapat langsung merekam dan menyimpan hasilnya.

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi ClipInc ini adalah fitur-fiturnya yang sangat memanjakan para penggunanya. Anda dapat mendengarkan lagu yang sedang Anda rekam atau mendengarkan lagu yang telah direkam sebelumnya ketika aplikasi ini sedang merekam lagu yang lain. Bahkan Anda juga dapat menemukan lirik dari lagu-lagu yang cukup terkenal melalui aplikasi ini.

Streamripper

Streamripper merupakan sebuah plugin untuk aplikasi pemutar musik Winamp. Setelah Anda menginstalnya, maka aplikasi ini akan otomatis terbuka jika Anda membukan Winamp. Anda hanya tinggal mengklik tombol Start untuk mulai merekam lagu dari radio. Menariknya, aplikasi ini akan secara langsung mendeteksi ID3 tags dari lagu-lagu tersebut. Anda juga dapat memilih ke dalam bentuk apa hasil rekaman tersebut akan di simpan melalui menu setting.

Salah satu kekurangan dari aplikasi ini adalah kesalahan yang sering terjadi ketika sedang merekam lagu. Terkadang ada lagu yang kurang sempurna dipotong dan terkadang juga jingle atau iklan dari radio tersebut akan terbawa ke dalam rekaman. Oleh karena itu, Anda harus pintar-pintar memilih stasiun radio agar mudah dikenali oleh aplikasi ini.

TheLastRipper

Cara membuat MP3 terakhir dengan menggunaka aplikasi TheLastRipper, aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi yang dapat digunakan di berbagai sistem operasi, baik itu Windows, Linux, ataupun Mac OS. TheLastRipper dapat disebut sebagai aplikasi terbaik yang dalam urusan merekam audio walaupun aplikasi ini hanya mendukung perekaman audio dari situs Last.fm. Maka dari itu Anda juga harus terlebih dahulu memasukan akun Last.fm Anda untuk dapat menggunakan aplikasi ini dengan baik.

Semua hasil rekaman tersebut akan disimpan ke dalam folder /My Documents/My Music atau ke dalam folder lain yang Anda inginkan. Sayangnya, ketika Anda merekam sebuah lagu Anda tidak akan mendengar suara apapun karena aplikasi ini hanya merekamnya tanpa memberikan preview terhadap apa yang kita rekam. Oleh karena itu, rasanya percuma saja aplikasi ini menyediakan tombol like, dislike, dan tombol skip karena kita tidak mengetahui seperti apa kualitas lagu yang kita rekam. [GAN]