Cara Mengambil Foto Yang Baik

19 Dec 2011 12:00 | Hits: 14242

Sebelas Cara Mengambil Foto yang Baik via Ponsel

Smartphone ataupun ponsel pada intinya dirancang untuk bisa melakukan panggilan jarak jauh, namun kini banyak orang yang lebih memilih fitur kamera terbaik yang harus ada dalam perangkat miliknya. Berikut adalah tips dari Paseban mengenai cara mengambil foto yang baik via ponsel.

Anda mungkin memiliki kamera DSLR yang notabene bisa memberikan hasil foto terbaik dibanding sebuah ponsel. Tetapi tidak selamanya Anda bisa membawa kamera DSLR, sehingga alternatif yang paling banyak digunakan ya menggunakan ponsel Anda untuk memotret.

Tatangannya tentu saja bagaimana cara mengambil foto yang baik via ponsel Anda ketika memotret. Ponsel apapun yang Anda gunakan jika Anda mengetahui cara mengambil foto yang baik, Anda dapat mendapatkan hasil foto yang memuaskan.

Berikut ini adalah 11 cara mengambil foto yang baik via ponsel :

Sinar matahari

Meskipun terik matahari membuat mata Anda silau, tetapi sinar matahari akan membuat hasil foto Anda menjadi lebih baik dan cerah. Sensor gambar yang sangat kecil contohnya, obyek seperti ini sangat membutuhkan cahaya matahari, sehingga alangkah baiknya jika Anda mengambil foto di luar ruangan yang tersinari matahari.

Biarkan sinar matahari membantu photografi Anda. Usahakan sumber cahaya matahari berada di belakang Anda atau di atas salah satu bahu Anda. Hindari mengambil foto langsung dengan mengarah ke arah sinar matahari, karena secara radikal akan membuat objek Anda menjadi underexpose. Jika Anda mengambil foto di dalam ruangan, usahakan Anda membuka jendela agar cahaya matahari masuk ke dalam ruangan, dan jika pada malam hari usahakan sinar lampu cukup menerangi ruangan Anda.

Compose Foto

Untuk mendapatkan hasil foto yang baik, bukan hanya mengetahui pengaturan yang tepat. Cobalah compose foto, lalu bagilah frame menjadi tiga bagian, bayangkan papan tic-tac-toe lalu tempatkan obyek foto Anda pada salah satu barisnya, jangan di tengah layar.

Berhati-hatilah dalam menjaga level kamera, pastikan tidak ada reruntuhan sebuah foto seperti cakrawala miring, dan awasi latar belakangnya sehingga tidak ada penampakan aneh yang muncul di atas sebuah obyek foto.

Akses kamera cepat

Beberapa ponsel biasanya memiliki akses kamera yang sulit sehingga menghilangkan banyak kesempatan emas untuk mendapatkan sebuah kenangan lewat sebuah foto. Jika Anda memiliki sebuah smartphone dan sistem operasi yang memungkinkan, pindahkan aplikasi kamera ke lokasi yang lebih nyaman.

Pastikan Anda mendapatkan akses kamera secara cepat. Pada iPhone misalnya, pastikan bahwa aplikasi kamera terletak pada homescreen atau meletakkannya di daerah yang bisa mengakses cepat seperti diletakkan di bagian bawah layar.

Pegang Ponsel dengan benar

Pegang ponsel Anda dengan baik dan benar. Salah satu alasan mengapa hasil foto Anda cenderung mendapatkan hasil foto yang buram adalah bahwa Anda memegang foto Anda dengan tidak benar, seperti memegangnya dengan canggung dan dengan tangan sebelah. Alhasil kamera Anda bergerak ketika Anda sedang mengambil foto. Sebaiknya, pegang ponsel Adna dengan kedua tangan.

Mengetahui kapan harus mengklik shutter

Pada beberapa ponsel, mereka memiliki keterlambatan yang cukup signifikan dalam mengambil gambar setelah mengklik shutter. Misalnya pada shutter iPhone Apple, shutter akan mengambil foto /gambar setelah Anda mengangkat jari Anda, bukan ketika Anda menekan shutter. Hal lain yang harus diperhatikan adalah pegang dengan stabil ponsel Anda ketika akan mengambil foto, usahakan jangan memencet layar karena akan mengguncangkan kamera dan hasilnya akan mengaburkan foto Anda.

Optimalkan pengaturan

Jika kamera ponsel Anda memiliki kontrol white balance, Anda akan selalu mendapatkan hasil foto yang terbaik secara otomatis. Tetapi jika warna yang keluar tidak memuaskan, coba atur keseimbangan untuk merefleksikan cahaya di sekitar, seperti neon, siang hari atau matahari terbenam. Pastikan juga untuk mengatur ulangnya ke mode otomatis ketika Anda telah selesai.

Lebarkan Dynamic Range

Beberapa ponsel seperti iPhone 4 dan handset Windows Phone 7 kebanyakan menyediakan modus High Dynamic Range yang mampu menangkap jumlah detail yang mengesankan dan berbagai nada serta warna dalam satu eksposur.

Jika ponsel Anda memiliki pilihan High Dynamic Range, belajarlah untuk menggunakan efek ini. HDR ini dapat menggabungkan beberapa foto untuk membuat satu foto yang kaya dan dinamis. Jika Anda memiliki pilihan HDR /bisa juga Wide Dynamic Range dan beberapa variasi serupa, jangan memakai lampu kilat ketika berhadapan dengan pencahayaan yang rumit.

Hindari penggunan efek foto

Sebagian besar ponsel menawarkan pilihan yang relatif sedikit untuk meningkatkan kualitas foto. Efek gambar seperti negatif, sepia dan hitam dan putih sebenarnya cukup membantu Anda untuk mengambil foto yang baik dan menawan. Tapi ingat bahwa ketika Anda mengambil foto dalam mode sepia, misalnya, maka foto Anda akan berwarna seperti itu selamanya tidak bisa kembali ke warna yang sebenarnya.

Anda mungkin akan lebih baik jika mengabaikan kontrol efek seperti itu, dan untuk menambahkan efek serupa Anda bisa menggunakan program edit PC gratis seperti Windows Live Photo Gallery, sehingga Anda akan selalu mendapatkan kembali foto dengan warna aslinya ketika Anda menginginkannya.

Gunakan lampu kilat /flash untuk mengesankan kondisi siang hari

Sebenarnya hal ini berlawanan dengan intuisi, namun di siang hari lampu kilat bisa menjadi senjata rahasia Anda. Hal ini memberikan efek untuk mengurangi bayangan yang disebabkan oleh cerahnya sinar matahari.

Meskipun lampu kilat tidak akan cukup kuat untuk menghilangkan setiap bayangan, tetapi jika Anda cukup dekat dengan obyek Anda lampu kilat dapat memberikan kesan yang menyenangkan, bahkan pencahayaan di wajah subjek Anda. Tentu saja, flash kecil pada kebanyakan kamera hanya bekerja baik pada jarak yang sangat dekat, jadi jangan berharap akan membantu kecuali jika Anda dalam jarak beberapa meter dari obyek yang diincar.

Hindari penggunaan Zoom digital

Biasakan untuk tidak menggunakan fitur zoom digital, karena ponsel kamera Anda tidak dapat memperbesar gambar dengan menggerakan lensa. Sebaliknya, jika ponsel Anda memiliki digital zoom, hanya akan membuat piksel menjadi terlihat besar dan berwarna kuning.

Sediakan Software

Salah satu alasan terbaik untuk memiliki software yang dapat Anda *install pada ponsel Anda adalah agar bisa meningkatkan kualitas setiap gambar yang diambil dengan kamera ponsel Anda. Carilah aplikasi yang dapat memperbaiki kinerja kamera ponsel Anda atau setidaknya milikilah aplikasi editing foto terbaik dala ponsel Anda. [MG]