Cara Mendesain Website

09 Mar 2013 14:00 | Hits: 1854

Cara Mendesain Website dengan Mudah Berkat CMSimple

Cara Mendesain Website dengan Mudah Berkat CMSimple

Anda seorang websiter? Kemungkinan Anda harus membutuhkan sistem manajemen konten yang khusus. Pada blogspot memang ada sistem manajemen konten yang dapat didesain dengan mudah dan langsung tersedia pada opsi edit, namun website pribadi bukanlah blogspot. Untuk masalah ini tampaknya CMSimple bisa menjadi jawaban, sebuah sistem manajemen konten yang disediakan secara gratis serta dapat difungsikan sebagai sistem manajemen konten yang sederhana dan mudah digunakan oleh pemula sekalipun. CMSimple dibuat menggunakan PHP yang dapat Anda jalankan pada Linux/server Apache, Win32 dengan Apache serta IIS. Anda pun bisa menemukan cara mendesain website dengan mudah berkat CMSimple ini.

Salah satu keunggulan CMSimple adalah pada penggunaannya yang sudah tidak lagi membutuhkan basis data karena pada setiap data dapat tersimpan langsung di berkas HTML pada server web, termasuk pula kebutuhan hosting. Keunggulan inilah yang bisa memudahkan proses instalasi serta backup data sebagai keamanannya. Selain itu konfigurasi data serta bahasa dapat Anda simpan dengan format teks. CMSimple secara keseluruhan memang hampir sama persis dengan umumnya sistem manajemen konten lain, seperti ada fitur yang menawarkan berbagai plug-in, yang biasanya dibuat oleh pihak ketiga.

Berikut ini adalah beberapa fitur dan keunggulan lain dari CMSimple, yang dapat menjadi referensi bagi Anda jika masih ragu untuk menggunakannya:

  • Tersedianya Template yang sangat banyak dan semuanya gratis. Kira-kira ada 500 lebih Template yang ada.

  • Pada file scriptnya cukup kecil, sehingga upload ke hosting tidak harus memakan waktu yang lama seperti web desain lainnya.

  • Untuk penulisan konten dan fitur edit juga sangat mudah dipahami karena memakai FCKeditor yang didukung oleh fasilitas edit HTML. Artinya, dengan CMSimple Anda bisa mendesain website dengan mudah seperti mendesain myspace atau blogspot.

  • Dengan CMSimple Anda cukup hanya memerlukan PHP, dan sudah tidak memerlukan mysql. Pada setiap halaman yang sudah diproses create otomatis akan menjadi halaman html murni yang tidak disusun pada table.

  • CMsimple sudah bisa untuk membuat sebuah halaman website, tanpa proses rumit lagi.

  • Terdapat fungsi search, serta adanya hyperlink.

  • CMSimple mendukung fasilitas ‘insert image’ atau menambahkan gambar seperti sistem manajemen konten lain. Dengan fitur tersebut halaman web Anda dapat dilengkapi dengan berbagai gambar.

  • Setiap pesan kesalahan dan string teks akan tersimpan pada sebuah berkas dengan teks biasa.

  • Tersedia banyak dukungan bahasa pengantar yang disediakan CMSimple, bahkan Anda dapat menerjemahkan bahasa yang ada ke bahasa lokal pengguna. Bahasa Inggris menjadi yang utama, namun pada versi terbarunya sudah tersedia tambahan bahasa lain, diantaranya adalah bahasa Denmark, Jerman, Perancis, Spanyol dan Brasil.

Untuk mendapatkan CMSimple, Anda bisa mengunduh pada situs resmi penyedianya secara gratis di sini.

Ukuran filenya sangat kecil, kurang lebih hanya 100 Kb dan dapat digunakan pada berbagai platform. Selain itu, seperti yang dijelaskan pada requires CMSimple hanya membutuhkan 4,3 php, dan database tidak diperlukan. Semua data disimpan dalam txt maupun Htm files. Pada penggunaan PC, sebuah program ftp harus Anda sediakan untuk bertukar file antara PC dengan server internet agar dapat membaca dan menulis akses ke file dan folder pada server web. Sebelum memulai menggunakan CMSimple Pertama tentu saja Anda harus melakukan proses login. Setelah berhasil login Anda akan masuk ke dalam menu dan setelahnya akan ditemui banyak opsi setiing yang perlu diatur. Sebagai tambahan, baris yang terdapat tandai dengan tag H1 akan menjadi judul serta link di menu.

Apakah Anda masih ragu dengan CMSimple? Mungkin Anda bisa melihat beberapa situs website terkenal yang menggunakan sistem manajemen konten CMSimple. Salah satu website yang menggunakannya adalah situs Download Linux dan Blog Linux , sebuah situs yang dirancang hanya menggunakan template standar dan mendapat modifikasi CSS. Selain itu ada juga yang website yang menggunakan CMSimple untuk mendesain blog. perlu Anda ketahui bahwa ada banyak situs blog yang hanya menggunakan template standar CMSimple didukung dengan tambahan sistem komentar serta pengumpan RSS (RSS feed), namun tetap terlihat keren.

CMSimple dikembangkan oleh Peter Haag, sedakngkan untuk CMSimple classic pengembangnya adalah Preben Bjorn Biermann. CMSimple ini mendapat lisensi di bawah persyaratan dari GPL3. [ALX]