Moodle E-Learning

27 Feb 2013 19:10 | Hits: 1259

Tips Mempelajari Situs Web Dengan Moodle E-Learning

Tips Mempelajari Situs Web Dengan Moodle E-Learning

Anda sedang belajar membuat atau mengoperasikan situs web di internet? Atau mungkin Anda seorang pengajar dalam bidang IT? Setidaknya Anda harus membutuhkan sebuah alat seperti perangkat lunak dan Electronic Learning. Perlu Anda ketahui bahwa E-learning adalah dasar dan konsekuensi logis dari sebuah perkembangan bidang teknologi informasi dan komunikasi. Dengan menggunakan metode E-learning, peserta ajar atau murid tidak harus duduk di ruang kelas hanya untuk menyimak setiap pelajaran dari seorang guru secara langsung. Keuntungan lain dari E-learning juga bisa mempersingkat jadwal target waktu pembelajaran yang biasanya lama, selain itu tentu saja dapat menghemat biaya untuk sebuah program studi maupun program pendidikan.

Ada banyak tersedia perangkat lunak macam itu, salah satunya yang paling banyak digunakan adalah Moodle E-learning, yang merupakan singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment. Awalnya, program ini dinamai Martin Dougiamas sesuai dengan nama pengembangnya. Moodle adalah sebuah merek dagang di banyak negara di seluruh dunia yang didaftarkan oleh Martin Dougiamas. Hanya Mitra dari Moodle yang dapat menggunakan merek dagang untuk mengiklankan Moodle terkait layanan seperti hosting, kustomisasi pelatihan, dan sebagainya.

Moodle E-learning merupakan paket perangkat lunak yang dirancang untuk berbagai kegiatan belajar berbasis internet dan situs web dengan menggunakan prinsip social constructionist pedagogy. Penggunaan aplikasi ini dapat dilakukan secara bebas sebagai produk sumber terbuka atau open source di bawah lisensi dari GNU (sebuah sistem operasi komputer dengan sepenuhnya terdiri dari berbagai perangkat-perangkat lunak bebas). Perangkat lunak serba bisa ini dapat Anda install pada komputer pribadi dan dengan menggunakan sistem operasi apapun yang bisa menjalankan PHP serta mendukung database SQL.

Dalam kegiatan belajar mengajar bidang IT, peran pengajar yang menggunakan sistem Moodle e-learning ini diantaranya adalah dapat menjalin hubungan dengan murid-murid secara perorangan untuk dapat memahami kebutuhan belajar mereka maupun memoderatori diskusi. Bagi beberapa orang perangkat lunak Moodle ini lebih dikenal fungsinya sebagai Course Management System atau Learning Management System (LMS), artinya hampir sama dengan metode E-Learning seperti yang dijelaskan di atas. Moodle mempunyai berbagai fitur untuk menyajikan kursus, di mana para pengajar dapat mengunggah banyak materi pelajaran, soal pertanyaan dan tugas. Moodle didesain dengan menggunakan tampilan yang hampir mirip halaman web pada umumnya. Bahkan seperti jejaring sosial, para murid dapat masuk log ke Moodle untuk kemudian memilih kursus yang disediakan atau di-enroll untuk masing-masing murid.

Sebagai Learning Management System, Moodle memiliki berbagai fitur di dalamnya yang tentunya mempunyai fungsi masing-masing, diantaranya adalah Forum diskusi, Assignment submission, Peringkat, Unduh arsip, Kalender online, Kuis online, Berita, Wiki, bahkan tersedia fitur untuk Chat sebagai alat komunikasi pengajar dan murid. Selain itu Infrastruktur Moodle mendukung berbagai jenis plug-in seperti untuk kebutuhan activities (permainan kata-kata dan metematika), resource types, data field types, question types, grafis tema, enrollment methods, authentication methods dan filter konten.

Seperti yang telah diterangkan diatas, Moodle dapat dijalankan diberbagai sistem operasi baik itu Windows, Linux, Mac OS X, Unix, FreeBSD, NetWare dan berbagai sistem operasi yang mendukung PHP dan database, termasuk pula penyedia web hosting. Anda bisa mendapatkan perangkat lunak Moodle dengan mengunduh di situs resmi di sini. Di dalam link tersebut, ada banyak Moodle dari berbagai versi, dan yang paling terbaru adalah versi 2.4.1+ dengan perubahan pada log dan upgrading notes. Moodle versi ini membutuhkan requires PHP 5.3.2, MySQL 5.1.33 atau Postgres 8,3 atau MSSQL 2005 atau Oracle 10,2. Ukuran filenya sebesar 28,9 MB dan bisa Anda miliki secara gratis.

Untuk Moodle versi sebelum 2.4.1+ adalah 2.4.1 (tanpa +), dirilis pada tanggal 14 Januari 2013. Versi ini membutuhkan requires: PHP 5.3.2, MySQL 5.1.33 atau Postgres 8,3 atau MSSQL 2005 atau Oracle 10,2. Ukuran filenya sebesar 28.8 MB dan tentunya gratis juga. Jika Anda menginginkan versi yang lebih lama lagi, Anda bisa memilihnya pada link download.moodle di atas. [ALX]