dual SIM card

11 Dec 2011 17:00 | Hits: 7483

Perbedaan Dual SIM Card - Dual SIM Standby vs Active Dual SIM

Perbedaan Dual SIM Card - Dual SIM Standby vs Active Dual SIM

Subscriber Information Module (SIM) adalah kartu yang memungkinkan akses jaringan pada handphone. Dual SIM card mengacu pada tipe handphone yang memungkinkan Anda untuk menggunakan dua jaringan yang berbeda dan nomor telepon pada handset yang sama.

Handphone pertama yang mendukung dual SIM tersedia pada awal tahun 2000-an dan dipasarkan terutama untuk pelanggan Eropa dan Asia yang sering bepergian. Di mana handphone dual SIM card memungkinkan Anda untuk memasukkan kartu SIM untuk mengakses jaringan GSM di negara asal Anda dan juga mengakses jaringan lokal untuk membuat panggilan telepon tanpa membayar tarif roaming internasional.

Dual SIM Standby vs Active Dual SIM

Handphone yang memegang dua SIM card, tetapi hanya memungkinkan Anda untuk menggunakan salah satu pada suatu waktu, disebut Standby dual SIM. Ini adalah jenis pertama dari diproduksinya Handphone dual SIM card. Sementara Handphone active dual SIM memungkinkan akses simultan untuk dua jaringan. Handphone ini datang di pasar pada awal 2007.

Perbedaan antara handphone active dual SIM dan dual SIM Standby adalah kemudahan dalam switching kartu SIM. Dalam handphone active dual SIM, Anda dapat dengan mudah berubah dari SIM1 ke SIM2 dengan menekan satu switch. Anda dapat kembali ke SIM1 lagi dengan hanya menekan tombol switch SIM lagi.

Sementara dalam handphone dual SIM standby, Anda harus melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Pertama-tama tekan saklar kunci untuk mengubah dari SIM1 ke SIM2;

  2. Anda harus menentukan bahwa default SIM baru adalah SIM2;

  3. Handphone akan menampilkan pesan bahwa perubahan di default SIM akan me-restart handphone, dan meminta konfirmasi dari Anda;

  4. Setelah Anda mengkonfirmasi, restart handphone, kemudian Anda cukup menunggu handphone untuk menjadi ON lagi;

  5. Setelah handphone adalah ON, Anda dapat menggunakan handphone dengan default SIM2.

Jika Anda ingin mengubah kembali dari SIM2 ke SIM1 lagi, maka Anda harus pergi melalui langkah-langkah yang disebutkan di atas sekali lagi. Jadi, sebuah handphone active dual SIM lebih mudah dan nyaman untuk digunakan. [ND]