Cara Transfer Data

27 Feb 2013 13:00 | Hits: 23011

Cara Transfer Data dengan Mudah dari dan ke Perangkat Android Anda

Cara Transfer Data dengan Mudah dari dan ke Perangkat Android Anda

Mentransfer data antara komputer dan smartphone tidak selalu cepat dan mudah seperti saat ini. Jika dibandingkan dengan beberapa tahun lalu, maka saat ini Anda tidak hanya bisa mentransfer file dari ponsel ke komputer, namun juga berbagi mobile internet.

Kemudian hal-hal seperti ini menjadi sedikit lebih kompleks, di mana Anda harus menginstal ActiveSync terlebih dahulu, sebelum Anda benar-benar bisa mentransfer apapun. Sekarang Anda dapat memilih berbagai cara transfer data dan pilihan berbagi file. Anda punya layanan cloud, Wi-Fi dan tentu saja kabel USB yang bisa dipilih.

Mentransfer File dari dan ke Android Anda

Ini adalah cara transfer data yang paling dasar, yaitu dengan kabel USB. Anda tinggal menyambungkan kabel USB, dan Anda akan melihat status "USB debugging connected” muncul. Ketika Anda men-tapnya, Anda akan melihat layar USB Mass Storage dengan pilihan "Turn on USB storage”. Tap pada pilihan tersebut, dan telepon Anda kini telah berubah menjadi USB stick yang besar. Setelah itu, jendela Explorer akan terbuka dan Anda dapat melihat seluruh file Anda.

Anda hanya bisa membuka direktori, mengambil atau menempatkan file pada telepon Anda, itu saja. Tentu saja sekarang ini penggunaan kabel untuk memindahkan data dari satu perangkat ke perangkat lainnya telah banyak berkurang. Sepertinya hal tersebut sudah dianggap kuno, sehingga sekarang semuanya bisa Anda lakukan secara nirkabel dan mobile.

Nah, dengan menggunakan salah satu dari lima metode berikut, Anda dapat memperoleh data dari atau ke Android Anda asalkan perangkat Android tersebut terhubung ke internet, atau jaringan Wi-Fi.

Memasukkan Data ke Android Anda

Salah satu cara transfer data tercepat untuk memperbaharui informasi pada Android Anda dari desktop adalah dengan aplikasi sederhana bernama PushBullet.

Bayangkan seperti ini. Anda duduk di depan komputer Anda dan Anda berada di tengah-tengah sebuah proyek penting. Anda harus pergi ke toko dan membeli beberapa bahan makanan, dan Anda harus memanggil babysitter di jalan. Dengan PushBullet, Anda dapat menulis daftar belanjaan dengan cepat, menuliskan nomor babysitter tersebut, menempatkan data ke ponsel Anda, dan bahkan Anda tidak harus mengambil sebuah buku atau kertas, atau menyambungkan ponsel ke komputer.

Pada dasarnya, setelah Anda menginstal aplikasi ini, maka aplikasi ini menghubungkan perangkat tersebut ke layanan PushBullet. Jadi, Anda harus pergi ke situs PushBullet.com jika ingin memasukkan data ke ponsel Anda, klik "Push to this Device”, dan masukkan data tersebut ke ponsel atau tablet Anda.

Ini bisa menjadi daftar belanjaan, atau daftar apapun, yang dapat Anda ketikkan di situs PushBullet dengan cepat. PushBullet akan memuat daftar tersebut sebagai checklist pada ponsel Anda, dengan checkboxes yang dapat Anda periksa setelah Anda menyelesaikan setiap item.

Anda bahkan juga dapat mengirim file ke ponsel Anda dari PC desktop. Jelas, ini adalah metode satu arah untuk mendapatkan informasi ke ponsel Anda dengan cepat ketika Anda berada di depan komputer Anda. Download aplikasi PushBullet di sini.

Melalui Cloud

Saat ini, rasanya kita sudah cukup akrab dengan layanan awan atau cloud sebagai alternatif cara transfer data antara smartphone dan PC. Hampir setiap orang memiliki aplikasi awan pada ponsel mereka, baik itu Dropbox, Google Drive, Evernote, atau banyak lagi penyimpanan awan lainnya.

Untuk Android, aplikasi Dropbox mungkin adalah salah satu solusi tercepat untuk menempatkan data ke lokasi penyimpanan online yang dapat diakses dari mana saja. Dari aplikasi Dropbox, Anda dapat mengunggah atau mengunduh file ke akun Anda.

Setelah data tersebut diunggah dari ponsel ke akun Dropbox Anda, sekarang tinggal memindahkannya ke komputer Anda. Caranya, Anda tinggal login ke akun Dropbox Anda, dan mengambil file tersebut. Proses ini sama seperti jika Anda ingin memindahkan data dari komputer ke ponsel Anda.

Bagi Anda yang lebih memilih Google Docs, Anda sekarang memiliki aplikasi Google Drive untuk Android yang dapat Anda gunakan untuk mentransfer file melalui akun Google Drive Anda.

Solusi awan mungkin salah satu solusi yang paling nyaman, karena Anda benar-benar tidak perlu menginstal perangkat lunak apapun pada komputer untuk mengambil file dari dan ke ponsel Anda. Anda hanya cukup masuk ke akun penyimpanan awan Anda untuk melakukan transfer.

Wi-Fi File Explorer

Beberapa orang sebenarnya lebih suka pendekatan yang lebih langsung dan singkat dengan menggunakan kabel USB. Pendekatan langsung tersebut akan menginstal sebuah aplikasi pada ponsel Anda yang disebut Wi-Fi Explorer, yang pada dasarnya membagikan sistem file Anda melalui jaringan Wi-Fi lokal. Aplikasi tersebut akan menyediakan Anda IP address dan port dari perangkat Anda.

Kemudian, Anda hanya perlu ke komputer manapun pada jaringan Wi-Fi Anda, ketikkan IP atau kombinasi port pada browser, dan file explorer berbasis web akan muncul. Seperti yang Anda lihat, ini seperti memiliki koneksi langsung ke ponsel Anda menggunakan sistem file explorer yang akan memungkinkan Anda menjelajahi struktur file ponsel Anda, dan mentransfer file dari dan ke ponsel Anda. Download aplikasi Wi-Fi File Explorer di sini.

Mengatur Ponsel Anda sebagai Server FTP

Bagi Anda yang suka menggunakan FTP untuk transfer file, Anda dapat mengatur ponsel Anda sebagai server FTP menggunakan aplikasi bernama FTP Server Ultimate, atau aplikasi server FTP lainnya pada Android market. Ada banyak aplikasi server FTP yang berkualitas tinggi yang bisa Anda dapatkan di sana.

FTP Server Ultimate memungkinkan Anda untuk mengatur server FTP pada ponsel Anda dan Anda dapat memberikan akses ke server tersebut pada beberapa pengguna.

Anda dapat mengatur port FTP yang unik untuk itu, setelah Anda memulai layanan ini, aplikasi tersebut akan menjalankan server FTP pada jaringan Wi-Fi Anda, dengan IP perangkat dan port yang dipilih.

Anda dapat melihat pengaturan IP server dengan memeriksa pengaturan untuk server yang berjalan pada halaman utama aplikasi ini. Cukup gunakan pengaturan tersebut untuk terhubung ke server alias ponsel Anda menggunakan klien FTP. Filezilla bekerja cukup baik saat menghubungkan ke FTP Server Ultimate.

Sama seperti aplikasi File Explorer, setelah FTP Anda menggunakan aplikasi seperti FileZilla, pada dasarnya Anda dapat menelusuri struktur file ponsel dan mengunggah atau mengunduh file apapun atau data yang ingin Anda transfer antara komputer dan ponsel Anda. Download aplikasi FTP Server Ultimate di sini. [RIC]