Virus Trojan

22 Aug 2014 08:00 | Hits: 7182

Kupas Tuntas Virus Trojan: Cara Mencegah dan Mengatasinya

Kupas Tuntas Virus Trojan: Cara Mencegah dan Mengatasinya

Pembahasan kedua tentang cara menangani virus Trojan, setelah cara mendeteksi virus Trojan, adalah cara mencegah terjangkitnya virus ini. Seperti artian harfiahnya, cara mencegah ini ditujukan untuk menghindari terjangkit virus Trojan.

 

Beberapa cara dapat dilakukan untuk menghindari agar tidak terinfeksi virus Trojan. Salah satu cara umum suatu virus Trojan untuk menginfeksi suatu sistem adalah melewati file yang di-download. Maka perlu ada perlakuan khusus dengan cara mengkarantina hasil download sebelum yakin bahwa file tersebut benar-benar aman.

 

Dan untuk lebih lengkapnya, berikut langkah-langkah lengkap dan paling sederhana tentang cara pencegahan virus Trojan:

  1. Memilih situs yang benar-benar dapat dipercaya untuk melakukan download. Jangan pernah melakukan download secara sembarangan yang berasal dari seseorang atau situs yang tidak dapat dipercaya.
  2. Memastikan bahwa file yang dikirimkan belum pernah dibuka oleh orang lain.
  3. Mewaspadai file-file yang ekstensionnya disembunyikan.
  4. Memastikan bahwa di dalam komputer tidak ada program yang berjalan secara otomatis atau mode file preview.
  5. Jangan selalu merasa aman bila di komputer telah terpasang software anti-virus/trojan scanner,

 

Selain pengetahuan di atas, pengetahuan tentang proses kerja suatu OS (Operating System) juga perlu dipahami, khususnya saat sistem menjalankan program untuk pertama kalinya. Karena dalam kasus umum, proses ini sering digunakan oleh virus Trojan untuk mengeksekusi dirinya.

 

Pengguna dapat melakukan pemeriksaan terhadap komputernya dengan cara melihat setting sistem saat pertama kali berjalan. Jika terdapat nama-nama file yang mencurigakan dan bukan merupakan bagian dari sistem, maka file tersebut patut dicurigai sebagai virus trojan.

 

Pepatah mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati, dan pepatah ini memang pas diterapkan pada virus Trojan. Cara ini mungkin bagi beberapa dari Anda terlalu merepotkan, dan bisa dibilang "terlalu paranoid."  Tetapi apabila Anda telah terjangkit dan ingin mengobati, Anda akan menyadari bahwa tindakan yang "terlalu paranoid"  ini sangat diperlukan, setelah Anda merasakan sendiri prilaku berbahaya dari virus Android dan mengetahui bahwa langkah-langkah pengobatan virus Trojan lebih merepotkan daripada langkah-langkah pencegahan ini. [RY]